6 Pemain Amerika Selatan yang Membela Tottenham Hotspur pada 2023/2024

Dua pemain absen karena cedera

Tottenham Hotspur memulai 2023/2024 dengan harapan baru. Mereka boleh saja ditinggal striker andalan, Harry Kane, ke Bayern Munich, tetapi tetap tangguh di Inggris. Meski sempat diragukan, The Lilywhites menunjukkan kualitasnya bersama pelatih baru, Ange Postecoglou.

Hingga pekan keenam, Spurs mampu menempati posisi keempat di klasemen English Premier League (EPL). Mereka bahkan belum pernah kalah dengan rekor 4 kali menang dan 2 kali seri.

Performa apik tersebut tak lain terjadi karena kontribusi beberapa pemain, termasuk pemain Amerika Selatan. Pada musim ini, setidaknya ada enam pemain asal Amerika Selatan yang menjadi bagian The Lilywhites.

1. Cristian Romero jadi andalan Tottenham Hotspur dan Argentina

6 Pemain Amerika Selatan yang Membela Tottenham Hotspur pada 2023/2024Cristian Romero (premierleague.com)

Salah satu pemain Amerika Selatan yang membela Tottenham Hotspur pada 2023/2024 adalah Cristian Romero. Ia merupakan bek tengah yang juga menjadi andalan Timnas Argentina. Bek 25 tahun ini sempat menjadi bagian Argentina saat menjuarai Piala Dunia 2022 lalu.

Bersama The Lilywhites, Romero sudah bergabung sejak musim panas 2021. Awalnya ia dipinjam dari Atalanta Bergamo hingga dipermanenkan pada musim panas 2022. Hingga saat ini, ia sudah membela Spurs dalam 70 pertandingan di semua kompetisi.

2. Emerson Royal menjadi bek kanan asal Brasil di skuad Tottenham

6 Pemain Amerika Selatan yang Membela Tottenham Hotspur pada 2023/2024Emerson Royal (premierleague.com)

Tak hanya Cristian Romero, Tottenham Hotspur juga mengandalkan pemain Amerika Selatan lain di lini belakang. Ia adalah Emerson Royal, yang jadi andalan The Lilywhites di posisi bek kanan. Sama seperti Romero, Emerson bergabung dengan Tottenham pada musim panas 2021 setelah hengkang dari Barcelona.

Pada awal 2023/2024, pemain 24 tahun itu sudah tampil dalam empat pertandingan di Premier League. Secara total, ia telah tampil dalam 82 pertandingan bersama Spurs. Namun, tak seperti bek sayap lain, Emerson masih minim kontribusi dalam membantu penyerangan. Dari kesempatan tersebut, ia baru menorehkan 4 gol dan 2 assist.

3. Rodrigo Bentancur yang berasal dari Uruguay harus absen karena cedera

6 Pemain Amerika Selatan yang Membela Tottenham Hotspur pada 2023/2024Rodrigo Bentancur (tottenhamhotspur.com)

Di lini tengah, Tottenham Hotspur memiliki beberapa pemain dari Amerika Selatan. Salah satunya Rodrigo Bentancur yang berasal dari Uruguay. Ia menjalani musim kedua pada 2023/2024 ini setelah diboyong pada musim panas 2022.

Sayangnya, Bentancur harus melewatkan beberapa pertandingan pada awal musim ini akibat cedera. Namun, ia yang didatangkan dari Juventus masih terikat kontrak hingga Juni 2026. Hingga saat ini, Bentancur telah mencatatkan 44 pertandingan dengan torehan 4 gol dan 4 assist.

Baca Juga: 5 Pemain Tottenham Tampil Apik di Derbi London Utara Pertama pada 2023

4. Giovanni Lo Celso, gelandang Argentina yang baru kembali dari peminjaman

6 Pemain Amerika Selatan yang Membela Tottenham Hotspur pada 2023/2024Giovani Lo Celso (premierleague.com)

Giovani Lo Celso menjadi gelandang asal Amerika Selatan lainnya yang dimiliki Tottenham Hotspur. Dibanding pemain lainnya dalam daftar ini, pemain asal Argentina ini sudah cukup lama menjadi bagian The Lilywhites. Ia mulai bergabung dengan Spurs pada musim panas 2019.

Sempat menjadi andalan, pemain 27 tahun itu harus dipinjamkan kepada Villarreal pada Januari 2022. Ia baru kembali dari masa peminjaman pada awal musim 2023/2024 ini. Sayangnya, pemain yang sudah membela Spurs dalam 86 pertandingan ini justru harus absen karena cedera.

5. Richarlison, penyerang Brasil yang jadi andalan di lini depan

6 Pemain Amerika Selatan yang Membela Tottenham Hotspur pada 2023/2024Richarlison (premierleague.com)

Di lini depan, Tottenham Hotspur memiliki dua pemain dari Amerika Selatan. Salah satu di antaranya Richarlison yang menjadi andalan utama. Sepeninggal Harry Kane, ia tentu saja jadi tumpuan sebagai ujung tombak.

Penyerang asal Brasil ini belum lama berseragam Tottenham. Ia baru direkrut The Lilywhites dari Everton pada musim panas 2022 lalu. Hingga saat ini, pemain 26 tahun itu telah mengoleksi 42 pertandingan dengan catatan 5 gol dan 5 assist.

6. Alejo Veliz, penyerang muda asal Argentina yang baru direkrut

6 Pemain Amerika Selatan yang Membela Tottenham Hotspur pada 2023/2024Alejo Veliz (instagram.com/aleeveliz_)

Pada musim panas 2023, Tottenham Hotspur mendatangkan beberapa pemain baru. Salah satunya yaitu Alejo Veliz yang merupakan bintang muda dari Argentina. Penyerang 20 tahun itu diboyong The Lilywhites dari klub Argentina, Rosario Central.

Dengan usianya yang masih belia, ia diharapkan bisa menjadi bintang masa depan Spurs. Veliz pun dikontrak Tottenham hingga Juni 2029. Namun, ia memang belum mendapat kesempatan tampil hingga saat ini.

Beberapa pemain dalam daftar ini memiliki kontribusi penting dalam tren positif Tottenham Hotspur pada awal 2023/2024 ini. Sayangnya, beberapa dari mereka juga harus absen akibat cedera. Akankah para pemain Amerika Selatan itu bisa membawa The Lilywhites meraih trofi pada akhir musim?

Baca Juga: Tottenham Hotspur dan Harry Kane Sudah Saling Move On

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya