5 Pemain Belgia yang Pernah Mencetak Gol untuk Manchester City

Doku jadi bintang Manchester City saat bantai Bournemouth

Jeremy Doku muncul sebagai bintang Manchester City kala menumbangkan Bournemouth 6-1. Dalam laga English Premier League (EPL) pada Sabtu (4/11/2023) malam WIB itu, Doku menyumbangkan 2 gol dan 4 assist. Berkat performanya, pemain Belgia itu pun didaulat sebagai Man of the Match pada laga tersebut.

Dalam catatan sejarah, Doku bukan satu-satunya pemain Belgia yang pernah mencetak gol untuk The Cityzens. Sudah ada beberapa pemain Belgia yang juga menorehkan gol saat berseragam Manchester City. Dari 9 pemain Belgia yang pernah dikontrak Manchester City, 5 di antaranya mampu mencetak gol.

1. Kevin De Bruyne jadi pemain Belgia paling subur di Manchester City dengan 96 gol

5 Pemain Belgia yang Pernah Mencetak Gol untuk Manchester CityKevin De Bruyne (premierleague.com)

Kevin De Bruyne jadi pemain Belgia paling subur saat membela Manchester City. Pada 2023/2024 ini, ia juga jadi bagian The Cityzens. Sayangnya, gelandang top tersebut harus absen cukup lama akibat cedera.

De Bruyne pribadi bergabung dengan Manchester City pada awal 2015/2016 setelah hengkang dari VfL Wolfsburg. Hingga saat ini, pemain 32 tahun itu sudah mengoleksi 96 gol dari 358 penampilan. Tak hanya itu, ia yang juga menorehkan 153 assist telah membawa The Cityzens meraih berbagai trofi bergengsi.

2. Vincent Kompany, legenda Manchester City yang menorehkan 20 gol

5 Pemain Belgia yang Pernah Mencetak Gol untuk Manchester CityVincent Kompany saat membela Manchester City. (mancity.com)

Berikutnya adalah Vincent Kompany yang jadi salah satu legenda Manchester City. Sebelum gantung sepatu pada 2020, ia membela The Cityzens pada 2008/2009 hingga 2018/2019. Kala itu, pria 37 tahun itu direkrut dari Hamburger SV dan dilepas ke RSC Anderlecht.

Saat aktif bermain, Kompany berposisi sebagai bek tengah. Namun, ia juga cukup produktif dengan torehan 20 gol selama berseragam Manchester City. Jumlah tersebut ia torehkan dalam 360 pertandingan. Sama seperti De Bruyne, Kompany yang sempat jadi kapten juga mengantarkan The Cityzens meraih berbagai trofi bergengsi.

Baca Juga: 6 Pemain Belgia yang Juara UEFA Champions League, De Bruyne Terbaru!

3. Emile Mpenza hanya menorehkan enam gol saat menjadi penyerang Manchester City

5 Pemain Belgia yang Pernah Mencetak Gol untuk Manchester CityEmile Mpenza saat berseragam Manchester City. (mancity.com)

Nama Emile Mpenza mungkin tidak terlalu dikenal. Ia adalah pemain Belgia yang pernah membela Manchester City sebelum era Sheikh Mansour. Pemain yang berposisi sebagai penyerang itu membela The Cityzens pada Februari 2007 hingga Agustus 2008.

Sebagai seorang penyerang, Mpenza memang tidak terlalu tajam. Dari 29 pertandingan, pemain yang gantung sepatu pada 2014 itu hanya menorehkan 6 gol. Kariernya pun meredup setelah dilepas The Cityzens ke Plymouth Argyle.

4. Jeremy Doku mulai mengejar dengan torehan tiga gol

5 Pemain Belgia yang Pernah Mencetak Gol untuk Manchester CityJeremy Doku, pemain baru Manchester City pada 2023/2024. (mancity.com)

Jeremy Doku yang jadi andalan Manchester City pada 2023/2024 ini juga masuk dalam daftar ini. Ia merupakan rekrutan The Cityzens pada musim panas 2023. Sebelumnya, Doku cukup bersinar bersama Stade Rennais.

Di bawah asuhan Pep Guardiola, pemain 21 tahun itu makin berkembang. Sejauh ini, ia telah membela Manchester City dalam 12 pertandingan. Kesempatan berharga itu tak disia-siakan Doku. Ia memanfaatkannya dengan menorehkan 3 gol dan 6 assist.

5. Dedryck Boyata pernah menorehkan satu gol saat berseragam Manchester City

5 Pemain Belgia yang Pernah Mencetak Gol untuk Manchester CityDedryck Boyata saat berseragam Manchester City. (mancity.com)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Dedryck Boyata. Pemain Belgia satu ini tak terlalu mentereng saat berseragam Manchester City. Dikontrak pada 2010/2011, ia kemudian dipinjamkan sebelum hengkang pada akhir 2014/2015.

Berposisi sebagai bek tengah, Boyata sempat menorehkan satu gol untuk The Cityzens. Secara total, ia membela Manchester City dalam 35 pertandingan. Pada 2023/2024 ini, pemain 32 tahun itu masih aktif bermain dengan membela Club Brugge.

Jeremy Doku bisa jadi bintang masa depan Manchester City. Dengan usianya yang masih muda, bukan tidak mungkin torehan golnya bersama The Cityzens terus bertambah. Menurut kamu, siapa pemain Belgia terbaik yang pernah membela Manchester City?

Baca Juga: Jeremy Doku, Winger Anyar Manchester City Berjuluk The Belgian Flash

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya