8 Pemain Brasil Paling Sukses yang Pernah Merumput di Premier League

Siapa pemain Brasil yang menjadi favoritmu?

Brasil adalah gudangnya pemain sepak bola dunia. Pemain-pemain Brasil hampir tersebar di seluruh negara tak terkecuali di Inggris. Apalagi Premier League menjadi kompetisi paling bergengsi di Eropa bahkan dunia. Tak heran jika, pemain Brasil juga menjadi andalan tim Premier League.

Sepanjang sejarah, tercatat 79 pemain Brasil pernah bermain di Premier League. Dilansir dari website Premier League, setidaknya ada 8 pemain Brasil yang sukses berkiprah di Premier League. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya. 

1. Roberto Firmino

8 Pemain Brasil Paling Sukses yang Pernah Merumput di Premier Leagueliverpoolfc.com

Roberto Firmino merupakan pemain Brasil yang kini membela Liverpool. Ia bergabung dengan Liverpool sejak musim 2015/2016. Pemain berusia 28 tahun ini dibeli Liverpool dari tim Bundesliga, Hoffenheim.

Hampir lima musim membela The Reds, Firmino telah tampil dalam 166 pertandingan Premier League. Berposisi sebagai striker, Firmino mengoleksi 56 gol serta 34 assist

2. Philippe Coutinho

8 Pemain Brasil Paling Sukses yang Pernah Merumput di Premier Leaguegoal.com

Pemain Brasil lainnya yang pernah membela Liverpool adalah Philippe Coutinho. Coutinho bermain di Premier League selama delapan musim bersama The Reds. Ia dibeli Liverpool pada musim 2012/2013 dan dilepas pada musim 2018.

Selama bermain di Premier League, performa Coutinho cukup mentereng. Ia mengoleksi 41 gol dan 35 assist dari 152 penampilan di Premier League. Namun penampilan apiknya tersebut belum mampu mengantarkan Liverpool juara Premier League. 

3. Juninho

8 Pemain Brasil Paling Sukses yang Pernah Merumput di Premier Leaguegazettelive.co.uk

Jauh sebelum Firmino dan Coutinho, pemain Brasil yang pernah bermain di Premier League adalah Juninho. Juninho adalah pemain yang membela Middlesbrough selama enam musim sejak 1995/1996.

Pemain berposisi sebagai gelandang ini mengoleksi 125 penampilan di Premier League. Ia mencatatkan 29 gol serta 18 assist untuk Middlesbrough. Tak hanya itu, penghargaan pribadi seperti Player of the Month hingga Player of the Season.

4. Willian 

8 Pemain Brasil Paling Sukses yang Pernah Merumput di Premier Leaguepremierleague.com

Willian menjadi pemain Brasil yang cukup sukses di Premier League. Membela Chelsea sejak musim 2013/2014, Willian berhasil meraih dua gelar Premier League. Hampir tujuh musim, pemain sayap ini telah tampil dalam 226 pertandingan Premier League.

Dari penampilannya tersebut, Willian mencatatkan 33 gol dan 31 assist. Penghargaan pribadi lainnya yang pernah di dapat Willian adalah Goal of the Month pada 2017/2018. 

Baca Juga: 13 Pemain Brasil yang Berhasil Catatkan 100 Penampilan di Liga Primer Inggris!

5. Fernandinho

8 Pemain Brasil Paling Sukses yang Pernah Merumput di Premier Leagueskysports.com

Fernandinho menjadi pemain Brasil cukup senior yang masih merumput di Premier League. Pemain berusia 35 tahun ini membela Manchester City sejak 2013/2014. Sejak bergabung, ia selalu menjadi andalan lini tengah The Citizens hingga kini.

Fernandinho berhasil mengantarkan City menjadi juara Premier League sebanyak tiga kali. Hampir tujuh musim, Fernandinho telah tampil dalam 217 laga dengan catatan 18 gol dan 15 assist

6. Gilberto Silva

8 Pemain Brasil Paling Sukses yang Pernah Merumput di Premier Leaguearsenal.com

Pemain Brasil yang berposisi sebagai gelandang lainnya adalah Gilberto Silva. Ia merupakan pemain yang membela Arsenal selama tujuh musim. Pertama kali bermain di Premier League pada musim 2002/2003.

Di musim keduanya, Gilberto berhasil mengantarkan Arsenal menjadi juara Premier League. Bersama Arsenal, Gilberto tampil dalam 170 laga dengan mencetak 17 gol dan 11 assist

7. Alisson Becker 

8 Pemain Brasil Paling Sukses yang Pernah Merumput di Premier Leaguepremierleague.com

Alisson Becker adalah kiper utama di timnas Brasil saat ini. Di level klub, Alisson juga menjadi andalan tim Premier League, Liverpool. Ia bergabung dengan Liverpool sejak 2018/2019. Meskipun baru dua musim di Premier League, namun Alisson menjadi kiper yang tangguh.

Dari 58 laga yang sudah dilakoni, Alisson berhasil mencatatkan clean sheet sebanyak 31 kali. Bahkan ia hanya merasakan dua kekalahan bersama Liverpool di Premier League. Di musim pertamanya, ia langsung menjadi kiper terbaik dengan meraih Golden Glove. 

8. Ederson Moraes

8 Pemain Brasil Paling Sukses yang Pernah Merumput di Premier Leaguemancity.com

Kiper Brasil lainnya yang sukses di Premier League adalah Ederson Moraes. Ia bergabung dengan Manchester City pada musim 2017/2018. Baru tiga musim di Premier League, Ederson telah mengantarkan The Citizens juara Premier League sebanyak dua kali.

Pemain berusia 26 tahun ini telah mencatatkan 99 penampilan di Premier League. Ederson berhasil clean sheet dalam 45 laga. Ia juga mencatatkan 166 penyelamatan untuk City. 

Itulah delapan pemain terbaik dari Brasil yang pernah bermain di Premier League. Dari pemain-pemain tersebut, siapa yang menjadi favoritmu? 

Baca Juga: 9 Potret Kiper Manchester City Ederson Moraes dan Keluarganya, Cute!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya