7 Pemain Britania Raya dengan Penampilan Terbanyak di Premier League

Ada yang masih aktif bermain lho!

Britania Raya tentu saja sudah tak asing lagi di telinga kita. Ya, Britania Raya merupakan salah satu daratan di Eropa yang terdiri dari tiga negara, yakni Inggris, Skotlandia dan Wales. Satu negara lagi yang juga termasuk Britania Raya atau lebih tepatnya United Kingdom ada Irlandia Utara.

Dalam dunia sepak bola, masing-masing negara tersebut sebenarnya memiliki kompetisi domestik, seperti Inggris yakni Premier League. Namun ada beberapa tim non-Inggris yang bermain di Premier League. Selain itu, cukup banyak pemain dari Britania Raya yang bermain di Premier League. Tak sedikit dari mereka, menjadi andalan peserta Premier League hingga catatkan penampilan cukup banyak. Berikut daftar pemain Britania Raya paling sering tampil di Premier League. 

7. Emile Heskey - 516 pertandingan

7 Pemain Britania Raya dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguethetimes.co.uk

Salah satunya ada Emile Heskey yang telah gantung sepatu pada tahun 2016. Selama berkarier di Premier League, pemain berposisi striker ini membela lima tim berbeda. Kelima tim tersebut yaitu Leicester City, Liverpool, Birmingham, Wigan Athletic dan Aston Villa.

Sekitar 17 musim bermain di Premier League, Heskey mencatatkan 516 penampilan. Dari penampilannya tersebut, pemain 42 tahun ini 110 gol dan 53 assist. Meskipun cukup lama berkarier di kasta teratas liga Inggris, pemain Inggris ini tak pernah meraih satu pun trofi Premier League. 

6. Gary Speed - 535 pertandingan

7 Pemain Britania Raya dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leagueevertonfc.com

Pemain berikutnya ada Gary Speed yang berkebangsaan Wales. Speed sendiri telah meninggal dunia pada tahun 2011 saat berusia 42 tahun. Sepanjang kariernya di Premier League, Speed membela empat tim berbeda dengan catatan 535 penampilan.

Keempat tim Premier League yang pernah ia bela yaitu Leeds United, Everton, Newcastle United dan Bolton Wonderes. Berposisi sebagai gelandang, Speed mencatatkan 80 gol dan 44 assist. Speed mengakhiri kariernya pada tahun 2010 tanpa satu pun gelar Premier League.

5. James Milner - 544 pertandingan

7 Pemain Britania Raya dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leagueliverpoolfc.com

James Milner menjadi satu-satunya pemain dalam daftar ini yang masih aktif bermain. Pemain asal Inggris tersebut telah mulai berkarier di Premier League sejak 2002/2003. Diusianya yang menginjak 34 tahun, Milner telah membela cukup banyak klub Premier League. Di antaranya ada Leeds United, Aston Villa, Newcastle United, Manchester City dan saat ini Liverpool.

Bersama klub-klub tersebut, Milner telah mencatatkan 544 penampilan di Premier League dengan mencetak 55 gol dan 84 assist. Pemain berposisi gelandang ini juga berhasil meraih trofi Premier League sebanyak tiga kali. Dua di antaranya ia raih saat berseragam City. 

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik Ghana yang Pernah Berkiprah di Premier League

4. David James - 572 pertandingan

7 Pemain Britania Raya dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguepremierleague.com

David James merupakan kiper legendaris berkebangsaan Inggris. Selama berkarier di Premier League, James telah tampil dalam 572 bersama 5 tim berbeda. Kelima tim Premier League yang pernah ia bela adalah Liverpool, Aston Villa, West Ham United, Manchester City dan Portsmouth.

Dari jumlah penampilannya tersebut, James berhasil mencatatkan clean sheet sebanyak 162 kali. Meskipun menjadi salah satu pemain dengan jumlah penampilan terbanyak, namun James belum pernah merasakan gelar Premier League. David James mengakhiri karier sebagai pemain sepak bola pada awal tahun 2015.

3. Frank Lampard - 609 pertandingan

7 Pemain Britania Raya dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguethesefootballtimes.co

Pemain selanjutnya dalam daftar ini juga merupakan pemain asal Inggris yaitu Frank Lampard. Legenda Chelsea ini telah tampil dalam 609 pertandingan di Premier League. Selama berkarier di Premier League, Lampard membela 3 tim yaitu West Ham United, Chelsea dan Manchester City. Namun tim yang paling banyak dibela dan menjadi masa keemasannya yaitu bersama Chelsea.

Lampard berhasil meraih tiga gelar Premier League bersama The Blues. Meskipun menjadi seorang gelandang, Lampard cukup produktif dengan mengemas 177 gol dan memberikan 102 assist, serta 3 gelar Premier League bersama Chelsea. Saat ini Lampard menjadi pelatih Chelsea setelah pensiun sebagai pemain pada tahun 2017. 

2. Ryan Giggs - 632 pertandingan

7 Pemain Britania Raya dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguetwitter.com/premierleague

Ryan Giggs sempat memegang rekor sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak. Giggs merupakan legenda Manchester United yang berasal dari Wales. Menjalani debut pada musim 1992/1993, Giggs telah tampil dalam 632 laga di Premier League.

Jumlah tersebut ia mainkan bersama satu klub saja yaitu Manchester United. Giggs terbilang cukup sukses selama bermain di Premier League, ia berhasil menjadi juara sebanyak 13 kali. Sementara untuk catatan pribadi sebagai seorang gelandang, Giggs mencatatkan 109 gol dan 162 assist. Ryan Giggs mengakhiri karier sebagai pemain pada tahun 2014.

1. Gareth Barry - 653 pertandingan

7 Pemain Britania Raya dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leagueexpress.co.uk

Pemain Britania Raya paling sering tampil di Premier League adalah Gareth Barry. Sepanjang kariernya, Barry telah tampil dalam 653 laga di Premier League. Jumlah penampilan tersebut ia torehkan bersama empat tim berbeda. Keempat tim tersebut yaitu West Bromwich, Everton, Manchester City dan Aston Villa.

Bermain sebagai pemain gelandang, Barry mencatatkan 53 gol serta 64 assist untuk keempat tim yang ia bela. Pemain asal Inggris ini berhasil menjadi juara bersama Manchester City pada musim 2011/2012. Raihan tersebut menjadi satu-satunya trofi Premier League yang diraih Barry. Saat ini, pemain 39 tahun tersebut telah gantung sepatu pada akhir musim lalu.

Beberapa dari pemain Britania Raya tersebut sukses meraih gelar Premier League. Hal tersebut tentu saja menjadi kebanggaan tersendiri karena berstatus pemain homegrown khususnya yang dari Inggris. Dari daftar ini, adakah pemain favoritmu?

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Sukses Catatkan Penampilan di Premier League

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya