Comscore Tracker

5 Pemain Termuda yang Sukses Catatkan Penampilan di Premier League

Usianya belum genap 17 tahun, lho! 

Premier League selalu menyuguhkan catatan unik dan menarik di setiap musimnya. Tak hanya seputar siapa yang menang dan kalah dalam sebuah pertandingan, tetapi juga mencatatkan rekor tertentu bagi seorang pemain. Salah satu rekor yang dimaksud adalah mengenai para pemain termuda yang pernah berlaga di Premier League.

Meski berstatus sebagai liga paling kompetitif di dunia, tetapi klub-klub peserta Premier League tak segan untuk memberi kesempatan kepada para pemain muda tampil dalam panasnya laga kompetisi kasta tertinggi di Negeri Tiga Singa tersebut. Berikut lima pemain termuda yang sukses catatkan penampilan di Premier League.

1. Harvey Elliott

5 Pemain Termuda yang Sukses Catatkan Penampilan di Premier Leaguethesun.co.uk

Harvey Elliott menjadi pemain termuda yang pernah catatkan penampilan di Premier League. Ia berumur 16 tahun 1 bulan saat tampil debut bersama Fulham. Waktu itu, Fulham bertamu ke markas Wolves di pekan ke-37 Premier League musim 2018/19, 4 Mei 2019. 

Secara keseluruhan ia baru merumput dalam dua laga bersama Fulham di Premier League. Pemain berposisi winger kanan tersebut kemudian hijrah ke Liverpool pada musim 2019/20. Namun, bersama The Reds ia juga belum diberikan kepercayaan penuh untuk tampil di tim utama. Tercatat Elliott juga baru dua laga bermain untuk Liverpool di Premier League. Di musim 2020/21, ia dipinjamkan ke Blackburn Rovers.

2. Matthew Briggs

5 Pemain Termuda yang Sukses Catatkan Penampilan di Premier Leagueenglishplayersabroad.com

Pemain termuda kedua yang pernah tampil di Premier League juga berasal dari Fulham. Ia adalah Matthew Briggs yang tampil debut di usia 16 tahun 2 bulan dan 7 hari. Saat itu, Fulham menyambangi kandang Middlesbrough di pekan ke-38 Premier League musim 2006/07, 13 Mei 2007. 

Sepanjang kariernya bersama Fulham, ia mencatatkan penampilan sebanyak 13 laga dengan mencetak satu assist. Pemain berposisi bek tersebut tak lagi membela Fulham di musim 2014/15 usai hijrah ke Millwall. Saat ini, ia berkarier bersama klub Denmark, Vejle Boldklub.

Baca Juga: 7 Pemain Irlandia Terbaik di Premier League, Didominasi Pemain MU 

3. Izzy Brown

5 Pemain Termuda yang Sukses Catatkan Penampilan di Premier Leaguebirminghammail.co.uk

Selanjutnya terdapat pemain berposisi gelandang serang, Izzy Brown. Ia tampil perdana di Premier League bersama West Bromwich Albion saat berumur 16 tahun 3 bulan dan 27 hari. Kala itu, timnya menjamu Wigan Athletic di pekan ke-37 Premier League musim 2012/13, 4 Mei 2013. 

Sayangnya, itu menjadi satu-satunya laga yang pernah damainkannya untuk West Bromwich Albion di Premier League. Pemain berdarah Inggris tersebut kemudian hijrah ke Chelsea U-18 di musim 2013/14. Tercatat, Brown pernah dimainkan di tim senior Chelsea dalam satu laga di Premier League. Saat ini, ia menjadi pemain Chelsea U-23 yang tengah dipinjamkan ke Sheffield Wednesday. 

4. Aaron Lennon

5 Pemain Termuda yang Sukses Catatkan Penampilan di Premier Leagueitv.com

Aaron Lennon menjadi pemain termuda keempat yang pernah tampil di Premier League. Ia menginjak usia 16 tahun 4 bulan dan 7 hari saat tampil debut bersama Leeds United. Waktu itu, Leeds United mengunjungi markas Tottenham Hotspur di pekan ke-2 Premier League musim 2003/04, 23 Agustus 2003. 

Kariernya bisa dibilang lebih mentereng ketimbang tiga pemain sebelumnya. Setelah membela Leeds hingga musim 2004/05, Lennon kemudian berkiprah bersama Tottenham Hotspur, Everton, dan Burnley. Secara keseluruhan, ia tampil dalam 388 di Premier League dengan mencetak 34 gol dan 62 assist. Pemain berposisi winger kanan tersebut, saat ini berkarier bersama tim Turki, Kayserispor.

5. Jose Baxter

5 Pemain Termuda yang Sukses Catatkan Penampilan di Premier Leaguemirror.co.uk

Pemain termuda kelima yang pernah mencatatkan penampilan di Premier League adalah Jose Baxter. Ia tampil debut bersama Everton di usia 16 tahun 6 bulan dan 9 hari. Momen tersebut terjadi saat Everton bersua Blackburn Rovers di pekan pertama Premier League musim 2008/09, 16 Agustus 2008. 

Sayangnya, karier dari Baxter tak begitu mentereng. Selama memperkuat Everton, ia hanya dimainkan sebanyak tujuh kali di Premier League. Pemain berposisi gelandang tengah tersebut tak lagi membela The Toffees di musim 2012/13 usai kontraknya berakhir dan kemudian merapat ke skuad Oldham Athletic. Saat ini, ia tengah memperkuat Memphis 901 di kompetisi kasta kedua Liga Amerika Serikat. 

Meski berhasil tampil debut di usia muda, tetapi dari kelima pemain di atas hanya satu yang bersinar di Premier League. Hal itu membuktikan betapa ketatnya persaingan antarpemain di Premier League. Akankah ada pemain yang lebih muda dari Harvey Elliott yang catatkan penampilan di Premier League?

Baca Juga: 8 Pemain Aktif Paling Tajam dalam Sejarah Europa League, Sang Predator

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya