5 Pemain Indonesia dengan Passing Terbanyak di Piala Asia 2023

Mereka berani membangun serangan dari bawah

Indonesia sudah tersingkir dari gelaran Piala Asia 2023 Qatar. Namun, masih ada beberapa hal menarik untuk diulas dari permainan Tim Garuda. Salah satunya yaitu statistik para pemain yang dimainkan Shin Tae Yong.

Meski gagal, Timnas Indonesia banyak mendapat apresiasi atas performanya yang cukup apik. Salah satu yang cukup menyita perhatian yaitu keberanian untuk membangun serangan dari bawah. Umpan dari kaki ke kaki para pemain Indonesia beberapa kali mampu menciptakan peluang berbahaya.

Dari empat pertandingan yang dilakoni, ada beberapa pemain yang catatkan cukup banyak passing atau umpan. Namun, mereka juga perlu memperhatikan kualitas dan akurasi umpan agar tidak menjadi blunder. Lantas, siapa saja pemain Indonesia dengan passing terbanyak di Piala Asia 2023?

1. Jordi Amat jadi yang teratas dengan 169 passing

5 Pemain Indonesia dengan Passing Terbanyak di Piala Asia 2023Jordi Amat berseragam Timnas Indonesia. (instagram.com/jordiamat5)

Jordi Amat jadi pemain Indonesia dengan passing terbanyak di Piala Asia 2023. Pemain 31 tahun itu memang menjadi poros awal serangan Timnas Indonesia. Sebagai seorang bek tengah, ia menjadi pemain pertama yang mengalirkan bola ke pemain lain.

Dipercaya tampil dalam empat pertandingan, Jordi mencatatkan 169 passing. Akurasinya juga cukup apik, yakni mencapai 85 persen. Ia juga menciptakan satu umpan yang sempat menjadi peluang.

2. Justin Hubner mencatatkan 146 passing di Piala Asia 2023

5 Pemain Indonesia dengan Passing Terbanyak di Piala Asia 2023Justin Hubner saat membela Timnas Indonesia. (instagram.com/justinhubner5)

Berikutnya ada Justin Hubner yang mendapat kesempatan bermain penuh dalam empat pertandingan Piala Asia 2023. Berposisi asli sebagai bek tengah, ia juga kerap dipasang sebagai gelandang. Ia mencatatkan banyak passing untuk mengalirkan bola ke depan.

Pemain berusia 20 tahun itu mencatatkan 146 passing di ajang ini. Dari umpannya tersebut, ia juga menciptakan tiga kesempatan untuk rekannya mendapatkan peluang. Hubner sendiri memiliki akurasi umpan sebesar 77 persen.

Baca Juga: 3 Pemain Indonesia yang Mencetak Gol di Piala Asia 2023

3. Ivar Jenner yang jadi gelandang andalan menorehkan 120 passing

5 Pemain Indonesia dengan Passing Terbanyak di Piala Asia 2023Ivar Jenner saat berseragam Timnas Indonesia. (instagram.com/ivarjnr)

Ivar Jenner jadi andalan Shin Tae Yong di lini tengah Timnas Indonesia. Pemain 20 tahun itu selalu dimainkan STY dalam empat pertandingan di Piala Asia 2023. Ivar tentu saja bertugas sebagai penghubung antara lini belakang dengan lini depan.

Hal itu membuatnya banyak melakukan passing dengan catatan 120 kali. Tugasnya itu didukung dengan akurasi umpannya yang cukup baik, yakni sebesar 73 persen. Dua kesempatan ia ciptakan dari passing yang diberikannya.

4. Sandy Walsh membuktikan kualitasnya dengan catatan 114 passing

5 Pemain Indonesia dengan Passing Terbanyak di Piala Asia 2023Sandy Walsh berseragam Timnas Indonesia. (instagram.com/sandywalsh)

Sandy Walsh menunjukkan kualitasnya di Piala Asia 2023. Sempat menjadi cadangan, Walsh membuktikan kualitasnya saat diberi kesempatan tampil. Hal itu terbukti dengan torehan satu gol saat melawan Jepang.

Di Piala Asia 2023, ia dipasang Shin Tae Yong sebagai bek tengah dan juga bek kanan. Walsh juga menunjukkan ketenangan bermain dari kaki ke kaki untuk menembus lini pertahanan lawan. Ia mencatatkan 114 passing dengan akurasi sebesar 73 persen.

5. Marselino Ferdinan yang jadi pemain termuda mencatatkan 103 passing

5 Pemain Indonesia dengan Passing Terbanyak di Piala Asia 2023Marselino Ferdinan (instagram.com/marselinoferdinan10)

Pemain Indonesia kelima dengan passing terbanyak di Piala Asia 2023 adalah Marselino Ferdinan. Meski berstatus sebagai pemain termuda, ia justru jadi andalan utama Shin Tae Yong. Ia membalas kesempatan itu dengan torehan satu gol saat melawan Irak.

Sebagai gelandang serang, Marselino dituntut bisa memberikan kreativitas. Pemain 19 tahun itu pun menorehkan 103 passing di ajang ini dengan 2 di antaranya sempat menciptakan peluang. Sama seperti Ivar dan Sandy, akurasi umpan Marselino sebesar 73 persen.

Catatan ini patut dipertahankan bahkan ditingkatkan agar semakin berani bermain umpan pendek. Dengan bermain dari bawah, mereka tak mudah kehilangan bola sekaligus sebagai upaya membuka pertahanan lawan. Menurut kamu, siapa pemain Indonesia dengan passing terbaik di Piala Asia 2023?

 

Baca Juga: Tim-tim yang Lolos 8 Besar Piala Asia 2023, Tak Ada ASEAN

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya