4 Pemain Indonesia dengan Tembakan Terbanyak di Piala Asia 2023

Timnas hanya sanggup cetak 3 gol dari 4 pertandingan 

Timnas Indonesia pulang dengan kepala tegak dari gelaran Piala Asia 2023. Meski akhirnya tersingkir, mereka berhasil memenuhi target awal dengan lolos dari fase grup. Namun, masih banyak pekerjaan rumah yang perlu diperbaiki untuk ajang berikutnya.

Salah satu hal yang masih kurang gereget dari Tim Garuda di Piala Asia 2023 adalah urusan mencetak gol. Anak asuh Shin Tae Yong hanya mampu mencetak 3 gol dari 4 pertandingan. Bahkan, satu gol di antaranya mereka cetak via tendangan penalti.

Para pemain Indonesia harus lebih berani melakukan tembakan ke gawang lawan. Hal itu sebenarnya sudah dicoba oleh beberapa pemain Timnas Indonesia. Sayangnya, tembakan mereka masih kurang akurat dan kurang klinis dalam menyelesaikan peluang.

Beberapa nama pemain Timnas Indonesia dengan tembakan terbanyak di Piala Asia 2023 ini pun perlu meningkatkan ketajamannya agar lebih banyak peluang yang terkonversi gol.

1. Marselino Ferdinan mencetak 1 gol dari 7 kali tembakan

4 Pemain Indonesia dengan Tembakan Terbanyak di Piala Asia 2023Marselino Ferdinan (instagram.com/marselinoferdinan10)

Marselino Ferdinan jadi pemain Indonesia yang paling banyak melakukan tembakan ke gawang lawan di Piala Asia 2023. Uniknya, tembakan pertamanya berhasil berbuah gol. Momen tersebut terjadi saat Indonesia melakoni laga perdana melawan Irak. Gol Marselino sempat membuka asa bagi Timnas Indonesia meski akhirnya kalah dengan skor 1-3.

Meski jadi pemain termuda di Tim Garuda, pemain yang masih berusia 19 tahun tersebut justru tak tergantikan dalam empat pertandingan. Ia pun mencatatkan tujuh tembakan ke gawang lawan. Sayangnya, hanya satu tembakannya yang on target dan berbuah gol. Expected Goal atau peluang sebuah tembakan menjadi gol dari percobaannya itu sebesar 1.08.

Baca Juga: 6 Pemain Indonesia yang Jadi Cadangan Mati di Piala Asia 2023

2. Rafael Struick melakukan 6 kali tembakan

4 Pemain Indonesia dengan Tembakan Terbanyak di Piala Asia 2023Rafael Struick (instagram.com/rafaelstruick)

Timnas Indonesia bak kekurangan penyerang di Piala Asia 2023. Rafael Struick jadi satu-satunya penyerang yang selalu jadi pilihan pertama Shin Tae Yong dari empat pertandingan. Sayangnya, Struick tak mampu membalas kepercayaan itu dengan sebiji gol pun.

Sejatinya, pemain ADO Den Haag itu sudah berupaya semaksimal mungkin untuk menjebol gawang lawan. Pada ajang ini, Struick melakukan enam kali tembakan ke gawang lawan. Dari jumlah tersebut, hanya satu yang menemui sasaran. Dilansir Opta, Expected Goal dari percobaannya itu hanya sebesar 0.44. Ia harus berusaha lebih keras lagi pada laga-laga berikutnya agar lebih klinis memanfaatkan peluang.

3. Yakob Sayuri melakukan 5 tembakan ke gawang lawan

4 Pemain Indonesia dengan Tembakan Terbanyak di Piala Asia 2023Yakob Sayuri (instagram.com/yassa_sayuri22)

Yakob Sayuri juga menjadi salah satu pemain Indonesia yang jadi sorotan di Piala Asia 2023. Pada laga perdana melawan Irak, ia berhasil tampil apik dengan memberikan assist ke gol Marselino Ferdinan. Tak hanya mencoba menciptakan peluang melalui umpan, pemain PSM Makassar itu juga beberapa kali melakukan percobaan tembakan ke gawang lawan.

Dari 4 pertandingan yang ia lakoni, Yakob Sayuri tercatat melakukan 5 tembakan. Namun, tak ada satu pun dari percobaan itu yang menemui sasaran. Expected Goals dari percobaan Yakob itu sebesar 0.23.

4. Sandy Walsh berhasil cetak 1 gol dari 4 tembakan yang dilakukan

4 Pemain Indonesia dengan Tembakan Terbanyak di Piala Asia 2023Sandy Walsh berseragam Timnas Indonesia. (instagram.com/sandywalsh)

Pemain Indonesia keempat dengan percobaan tembakan paling banyak di Piala Asia 2023 adalah Sandy Walsh. Sempat menjadi pilihan kedua, Sandy Walsh membalas kepercayaan Shin Tae Yong dengan penampilan apik. Ia bahkan berhasil mencetak satu gol saat Tim Garuda kalah 1-3 dari Jepang.

Meski beroperasi di lini belakang, Sandy tergolong aktif membantu serangan. Ia beberapa kali melakukan percobaan umpan hingga tembakan ke gawang lawan. Bermain dalam 272 menit, ia mencatatkan 4 percobaan tembakan. Ia pun menjadi pemain dengan shot on goal terbanyak, yakni sejumlah tiga kali. Untuk catatan Expected Goals, Sandy mencatatkan 0.36, melansir Opta Analyst.

Percobaan tembakan ke gawang cukup penting memang telah dilakukan para pemain Timnas Indonesia untuk menciptakan peluang hingga gol. Namun, kurang klinisnya menyelesaikan peluang juga jadi pekerjaan rumah tersendiri yang perlu dibereskan oleh Shin Tae Yong dan jajaran pelatih lainnya. Menurut kamu, tembakan siapa yang sangat disayangkan gagal berbuah gol dari pemain Timnas Indonesia di ajang Piala Asia 2023?

Baca Juga: 5 Pemain Indonesia dengan Menit Bermain Terbanyak di Piala Asia 2023

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya