7 Pemain Inggris dengan Penampilan Terbanyak Bersama Manchester United

Bintang kejayaan United!

Manchester United menjadi salah satu klub sepak bola asal Inggris yang cukup populer. Tak hanya itu, klub berjuluk Setan merah ini juga memiliki prestasi mentereng. Dengan raihan 13 trofi, MU menjadi klub tersukses di Premier League sejauh ini. Hal tersebut membuat para pemain dari penjuru dunia berharap bisa membela United.

Meskipun demikian, United menjadi klub yang kerap mengandalkan pemain lokal Inggris. Tak sedikit pemain Inggris yang menjadi bagian kesuksesan Setan merah selama ini. Bahkan beberapa dari mereka merupakan lulusan akademi MU. Pemain-pemain Inggris itupun mencatatkan banyak pertandingan. Berikut daftar pemain Inggris dengan penampilan terbanyak bersama Manchester United.

1. Paul Scholes

7 Pemain Inggris dengan Penampilan Terbanyak Bersama Manchester Unitedmanutd.com

Pemain Inggris dengan penampilan terbanyak bersama Manchester United adalah Paul Scholes. Secara total, Scholes menjadi bagian Setan merah dalam 19 musim. Ia membela Setan merah pada musim 1994/1995 hingga musim 2012/2013. Sempat mengumumkan berhenti selama setengah musim 2012/2013, ia kembali merumput pada Januari 2012.

Scholes pun layak disebut sebagai salah satu legenda United. Bersama The Reds Devils, ia tampil dalam 708 pertandingan. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini sukses mencetak 152 gol dan 73 assist. Scholes tentu saja turut mengantarkan United meraih berbagai gelar bergengsi selama membela klub Manchester itu.

2. Gary Neville

7 Pemain Inggris dengan Penampilan Terbanyak Bersama Manchester Unitedsportbible.com

Berikutnya ada Gary Neville, pemain Inggris yang berposisi sebagai bek kanan. Sama seperti Scholes, Neville hanya membela Manchester United selama kariernya. Pemain asal Inggris yang satu ini juga menjadi bagian dari Setan merah selama 19 musim. Ia membela Setan merah sejak musim 1994/1995 hingga 2012/2013.

Neville membela United dalam 598 pertandingan. Sama seperti legenda United lainnya, Neville juga turut menjadi bagian dalam kesuksesan MU meraih trofi bergengsi sepanjang kariernya. Bersama The Reds Devils, ia berhasil menorehkan 7 gol dan 47 assist.

3. Wayne Rooney

7 Pemain Inggris dengan Penampilan Terbanyak Bersama Manchester Uniteduefa.com/Getty Images

Wayne Rooney yang baru gantung sepatu beberapa waktu lalu juga masuk dalam deretan pemain Inggris dengan penampilan terbanyak Manchester United. Pemain yang bisa mengisi posisi gelandang serang dan striker ini membela Setan merah selama 13 musim, tepatnya sejak musim 2004/2005 hingga musim 2016/2017.

Pemain yang kini berusia 33 tahun itu telah mencatatkan 559 penampilan bersama United. Dari penampilannya tersebut, ia mencatatkan 253 gol serta 146 assist. Sama seperti pemain lainnya dalam daftar ini, Rooney tentu saja meraih berbagai trofi bergengsi bersama MU. Saat ini Rooney membela klub divisi Championship, Derby County.

Baca Juga: 5 Pemain Berkebangsaan Swedia yang Pernah Membela Manchester United

4. Michael Carrick

7 Pemain Inggris dengan Penampilan Terbanyak Bersama Manchester Unitedgoal.com

Pemain keempat dalam daftar ini adalah Michael Carrick yang telah gantung sepatu pada tahun 2018 lalu. Meskipun bukan lulusan akademi, Carrick juga cukup lama berseragam Manchester United. Setelah sempat membela West Ham United dan Tottenham Hotspur, ia bergabung dengan United pada musim 2006/2007.

Ia pun membela Setan Merah hingga akhir kariernya. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini membela Setan Merah dalam 464 pertandingan di semua kompetisi. Beroperasi di lini tengah, ia mencetak 23 gol serta memberikan 38 assist. Ia juga turut membawa United meraih beberapa gelar bergengsi.

5. Rio Ferdinand

7 Pemain Inggris dengan Penampilan Terbanyak Bersama Manchester Unitedindependent.co.uk

Rio Ferdinand juga menjadi salah satu nama yang cukup ikonik dengan Manchester United. Padahal ia bukan produk akademi Setan merah. Pemain yang berposisi sebagai bek ini direkrut United dari Leeds United pada musim 2002/2003. Ia kemudian bertahan hingga musim 2013/2014 sebelum akhirnya hengkang ke Queens Park Rangers.

Bersama United, Ferdinand mencatatkan 455 pertandingan di semua kompetisi. Lebih fokus dalam bertahan, ia mencetak 8 gol dan 9 assist. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2015 ini meraih berbagai gelar bergengsi mulai dari Premier League, Liga Champions hingga Piala Dunia Antarklub.

6. David Beckham

7 Pemain Inggris dengan Penampilan Terbanyak Bersama Manchester Unitedexpress.co.uk

Pemain keenam ini tentu saja sudah sangat dikenal oleh penggemar sepak bola bahkan oleh masyarakat umum, yaitu David Beckham. Sama seperti Scholes dan Neville, Beckham juga menjadi lulusan akademi yang promosi ke skuat utama Manchester United. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini menjadi bagian dari Setan merah selama 10 musim.

Beckham membela klub masa kecilnya tersebut sejak musim 1993/1994 hingga 2002/2003. Mantan pemain Real Madrid itu membela United dalam 388 pertandingan. Sama seperti legenda United lainnya, Beckham juga turut menjadi bagian dalam kesuksesan United meraih trofi bergengsi. Sepanjang kariernya bersama klub Manchester itu, ia berhasil menorehkan 85 gol dan 98 assist.

7. Nicky Butt

7 Pemain Inggris dengan Penampilan Terbanyak Bersama Manchester Unitedmanchestereveningnews.co.uk

Pemain terakhir yang juga sering membela Manchester United adalah Nicky Butt. Inggris yang satu ini merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah. Butt menjadi bagian Setan Merah selama 12 musim. Ia promosi ke tim utama United pada musim 1994/1995, hingga akhir hengkang pada musim 2003/2004.

Selama berseragam United, Butt bermain dalam 384 pertandingan di semua kompetisi. Dari penampilannya tersebut, pemain yang gantung sepatu pada tahun 2011 itu mencatatkan 26 gol dan 20 assist. Ia juga sukses mengantarkan United menjuarai berbagai kompetisi seperti Premier League hingga Liga Champions.

Kualitas para pemain tersebut sudah tak perlu diragukan lagi. Mereka adalah bintang United pada masa kejayaannya. Siapa pemain favoritmu dalam daftar ini?

Baca Juga: 5 Pelatih Manchester United Sebelum Ditangani Ole Gunnar Solskjaer

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya