Comscore Tracker

9 Pemain Inggris yang Pernah Raih Golden Boot Premier League, Tajam!

Siapa pemain favoritmu?

Sebagai salah satu kompetisi paling bergengsi di dunia, Premier League menyajikan persaingan yang ketat setiap musimnya. Tak hanya meraih trofi, para pemain Premier League juga bersaing menampilkan performa terbaiknya. Hampir di setiap musimnya, muncul pemain dengan gelontoran gol cukup banyak.

Pemain-pemain tersebut pun sukses meraih Golden Boot Premier League. Dari pemain-pemain tersebut, ada yang berasal dari Inggris. Sebagai pemain lokal, pemain-pemain ini tentu tak mau kalah dengan pemain asing. Berikut daftar pemain Inggris yang pernah raih Golden Boot Premier League. 

1. Teddy Sheringham 

9 Pemain Inggris yang Pernah Raih Golden Boot Premier League, Tajam!tottenhamhotspur.com

Pemain pertama ada Teddy Sheringham yang menjadi top skor di musim perdana era Premier League yakni musim 1992/1993. Sheringham meraih Golden Boot Premier League saat membela Tottenham Hotspur. Saat itu ia sukses mencetak 22 gol dalam satu musim. Sayangnya pada musim tersebut, ia tak mampu membawa Spurs juara Premier League. 

2. Andy Cole

9 Pemain Inggris yang Pernah Raih Golden Boot Premier League, Tajam!nufc.co.uk

Setelah Teddy Sheringham, giliran Andy Cole yang raih Golden Boot Premier League pada musim 1993/1994. Saat itu Cole membela Newcastle United dan sukses mencetak 34 gol dari 40 pertandingan Premier League. Meskipun mencatatkan cukup banyak gol, ia juga tak mampu membawa Newcastle juara Premier League.

3. Alan Shearer

9 Pemain Inggris yang Pernah Raih Golden Boot Premier League, Tajam!twitter.com/classicshirts

Alan Shearer menjadi pemain dengan torehan gol terbanyak dalam sejarah Premier League. Selama berkarier di kasta teratas liga Inggris tersebut, ia sukses meraih Golden Boot sebanyak 3 kali. Tepatnya bersama Blackburn Rovers pada musim 1994/1995 dengan 34 gol dan 1995/1996 dengan 31 gol. Serta bersama Newcastle pada musim 1996/1997 dengan 25 gol.

4. Chris Sutton

9 Pemain Inggris yang Pernah Raih Golden Boot Premier League, Tajam!espn.com

Tak hanya Alan Shearer, pemain Inggris lain yang sukses raih Golden Boot Premier League saat membela Blackburn Rovers ada Chris Sutton. Tepatnya pada musim 1997/1998, dimana Sutton berhasil mencetak 18 gol. Saat itu, ia memiliki jumlah gol yang sama dengan Dion Dublin dan Michael Owen.

5. Dion Dublin

9 Pemain Inggris yang Pernah Raih Golden Boot Premier League, Tajam!ccfc.co.uk

Selain Chris Sutton, pemain lainnya yang meraih Golden Boot Premier League pada musim 1997/1998 ada Dion Dublin. Saat itu Dublin membela Coventry City dan mencetak gol sama dengan Sutton yakni 18 gol. Setelah musim mengesankan tersebut, jumlah golnya semakin menurun setiap musimnya. 

Baca Juga: 5 Pemain dengan Catatan Gol Sundulan Terbanyak di Premier League

6. Michael Owen

9 Pemain Inggris yang Pernah Raih Golden Boot Premier League, Tajam!eurosport.com

Michael Owen menjadi salah satu pemain Inggris yang raih Golden Boot Premier League lebih dari satu kali. Owen mencatatkan gol terbanyak dalam satu musim Premier League saat membela Liverpool. Mantan pemain Manchester United ini menjadi top skor dalam dua musim beruntun, yakni pada musim 1997/1998 dengan 18 gol dan musim 1998/1999 dengan 18 gol.

7. Kevin Phillips

9 Pemain Inggris yang Pernah Raih Golden Boot Premier League, Tajam!planetfootball.com

Pada musim 1999/2000, pemain Inggris kembali merajai daftar top skor. Pemain tersebut yaitu Kevin Phillips yang raih Golden Boot Premier League saat berseragam Sunderland. Saat itu Phillips sukses menggelontorkan 30 gol dalam satu musim Premier League dari 36 penampilan. Namun setelah momen tersebut, karier Phillips tak terlalu gemilang dengan jumlah gol yang menurun.

8. Harry Kane

9 Pemain Inggris yang Pernah Raih Golden Boot Premier League, Tajam!independent.co.uk

Di era modern, pemain Inggris juga menunjukkan ketajamannya dalam satu musim Premier League. Salah satunya yaitu Harry Kane yang sukses meraih Golden Boot Premier League dua musim beruntun. Pemain Tottenham Hotspur ini menjadi top skor pada musim 2015/2016 dengan 25 gol dan 2016/2017 dengan 29 gol. Dengan usianya yang masih produktif, bukan tidak mungkin ia akan meraih Golden Boot Premier League kembali.

9. Jamie Vardy

9 Pemain Inggris yang Pernah Raih Golden Boot Premier League, Tajam!lcfc.com

Pemain Inggris terbaru yang raih Golden Boot Premier League adalah Jamie Vardy. Pemain berusia 33 tahun tersebut sukses menjadi top skor pada musim 2019/2020 bersama Leicester City. Pada musim tersebut, Vardy sukses menggelontorkan 23 gol dari 35 pertandingan. Sama seperti Kane, Vardy juga menjadi pemain yang masih aktif bermain di Premier League. Meskipun sudah cukup senior, ketajamannya justru semakin terasah.

Para pemain Inggris tentu saja tak mau kalah dengan para pendatang khususnya dalam torehan gol. Akankah muncul nama baru sebagai pemain Inggris yang raih Golden Boot Premier League?

Baca Juga: 5 Pemain Amerika Latin dengan Torehan Gol Terbanyak di Premier League

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya