6 Pemain Liga Inggris yang Perkuat Timnas Australia di Piala Asia 2023

Australia jadi lawan Indonesia pada babak 16 besar

Australia menjadi lawan Indonesia pada babak 16 besar Piala Asia 2023. Ini menjadi hal yang tak mudah bagi Tim Garuda karena Australia merupakan salah satu tim unggulan. Di ajang ini, mereka juga diperkuat beberapa pemain yang bermain di Liga Inggris.

Dari 26 pemain, setidaknya ada 6 pemain Australia yang bermain di Liga Inggris. Mereka membela klub yang bermain di Divisi Championship dan League One. Hal itu menjadi tambahan amunisi yang cukup berarti bagi Socceroos. Lantas, siapa saja pemain tersebut?

1. Harry Souttar membela Leicester City

6 Pemain Liga Inggris yang Perkuat Timnas Australia di Piala Asia 2023Harry Souttar (instagram.com/harry_souttar)

Salah satu pemain Liga Inggris yang memperkuat Australia di Piala Asia 2023 adalah Harry Souttar. Ia merupakan pemain berposisi bek tengah yang kini menjadi bagian klub Divisi Championship, Leicester City. Pemain berusia 25 tahun itu sudah bergabung dengan Leicester City pada Januari 2023 lalu.

Sayangnya, ia baru bermain dalam empat pertandingan pada 2023/2024 ini. Sementara, bersama Timnas Australia, ia menjadi andalan sejak debut pada Oktober 2019. Hingga saat ini, ia telah mencatatkan 21 caps bersama Socceroos.

2. Cameron Burgess, bek tengah andalan Ipswich Town

6 Pemain Liga Inggris yang Perkuat Timnas Australia di Piala Asia 2023Cameron Burgess (instagram.com/cburgess95)

Bek tengah Australia lainnya, Cameron Burgess, juga bermain di Divisi Championship. Ia menjadi bagian Ipswich Town sejak Agustus 2021 dan menjadi pesaing Elkan Baggott di sana. Pemain berusia 28 tahun ini sebelumnya juga menghabiskan kariernya bersama klub Inggris lainnya.

Berbeda dengan Harry Souttar, Burgess menjadi pemain utama di Ipswich Town. Pada 2023/2024 ini, ia sudah mencatatkan 24 pertandingan di semua kompetisi. Sementara, di Timnas Australia, ia baru mengoleksi lima caps sejak debut pada September 2023.

3. Gethin Jones menjadi andalan Bolton Wanderers

6 Pemain Liga Inggris yang Perkuat Timnas Australia di Piala Asia 2023Gethin Jones (bwfc.co.uk)

Masih dari lini pertahanan, berikutnya ada Gethin Jones. Namun, pemain berusia 28 tahun itu berposisi sebagai bek kanan. Ia membela klub League One, Bolton Wanderers, setelah bergabung pada Agustus 2020.

Pada 2023/2024, pemain keturunan Wales itu menjadi andalan Bolton dengan torehan 27 pertandingan. Uniknya, Gethin Jones baru menjalani debut bersama Timnas Australia pada Januari 2024. Sejauh ini, ia menorehkan tiga caps dan cukup diandalkan di Piala Asia 2023.

Baca Juga: 3 Pemain Australia di Piala Asia 2019 yang Masih Dipanggil pada 2023

4. Riley McGree menjadi bagian Middlesbrough

6 Pemain Liga Inggris yang Perkuat Timnas Australia di Piala Asia 2023Riley McGree (instagram.com/rileymcgree)

Pada 2023/2024 ini, ada dua pemain Australia yang membela klub Championship, Middlesbrough. Salah satunya penyerang sayap bernama Riley McGree. Ia bergabung dengan Middlesbrough pada Januari 2022.

Pada musim ini, pemain 25 tahun itu cukup diandalkan dengan catatan 16 pertandingan, 6 gol, dan 2 assist. Di Timnas Australia, ia menjalani debut pada Juni 2021. Hingga saat ini, ia mengoleksi 21 caps dengan torehan 1 gol.

5. Sam Silvera menjadi pemain muda yang membela Middlesbrough

6 Pemain Liga Inggris yang Perkuat Timnas Australia di Piala Asia 2023Sam Silvera (instagram.com/samsilvera10)

Pemain Australia lainnya yang membela Middlesbrough ada Sam Silvera. Uniknya, ia memiliki posisi yang sama dengan Riley McGree, yakni penyerang kiri. Silvera sendiri bergabung dengan Middlesbrough pada awal 2023/2024 ini.

Pemain 23 tahun itu pun langsung menjadi andalan Middlesbrough. Hingga saat ini, ia membela Middlesbrough dalam 26 pertandingan dengan torehan 4 gol dan 3 assist. Sementara, di Timnas Australia, ia baru menjalani debut pada September 2023 lalu dan mencatatkan lima caps.

6. Kusini Yengi menjadi andalan baru Portsmouth

6 Pemain Liga Inggris yang Perkuat Timnas Australia di Piala Asia 2023Kusini Yengi (instagram.com/kusiniyengi)

Pemain Liga Inggris keenam yang membela Australia di Piala Asia 2023 adalah Kusini Yengi. Ia merupakan penyerang yang membela klub League One, Portsmouth FC. Pemain berusia 25 tahun ini bergabung dengan Portsmouth pada awal 2023/2024 ini.

Meski baru berkarier di Eropa, ia cukup sering dimainkan dengan catatan 17 pertandingan. Kusini Yengi berhasil menorehkan 7 gol dan 2 assist dari penampilannya tersebut. Bersama Timnas Australia, ia mencatatkan empat caps sejak debut pada November 2023.

Meskipun tidak bermain di kasta teratas Liga Inggris, mereka tetap menjadi pemain yang patut diwaspadai Indonesia. Apalagi, Australia juga diperkuat beberapa pemain lain yang tak kalah berkualitas.

Baca Juga: 3 Tim dengan Raihan Kemenangan Sempurna di Fase Grup Piala Asia 2023

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya