10 Pemain Liga Top Eropa dengan Kegagalan Penalti Terbanyak di Abad 21

Lionel Messi paling sering gagal! 

Akhir-akhir ini cukup ramai diperbincangkan publik sepak bola tentang beberapa tim yang kerap mendapatkan penalti. Padahal penalti merupakan hukuman yang diberikan oleh wasit kepada tim yang melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti. Namun nyatanya penalti bukanlah perkara yang mudah meskipun tinggal berhadapan dengan kiper.

Perlu mental dan ketenangan dalam mengeksekusi penalti. Setelah merilis daftar pemain dengan gol penalti terbanyak, kali ini merupakan daftar pemain liga top Eropa dengan kegagalan penalti terbanyak di abad 21. Check it out!

10. Ronaldinho - 10 kali gagal

10 Pemain Liga Top Eropa dengan Kegagalan Penalti Terbanyak di Abad 21sempremilan.com

Ronaldinho menjadi salah satu pemain yang diandalkan klubnya untuk mengeksekusi penalti. Pemain asal Brasil ini pernah membela Paris Saint-Germain, Barcelona dan AC Milan. Di abad 21, Ronaldinho tercatat sukses mengeksekusi 44 penalti. Namun ternyata, ia juga mengalami kegagalan dalam mengeksekusi penalti sebanyak 10 kali di semua kompetisi.

9. Ruud van Nistelrooy - 10 kali gagal

10 Pemain Liga Top Eropa dengan Kegagalan Penalti Terbanyak di Abad 21manutd.com

Ruud van Nistelrooy juga merupakan pemain yang malang melintang bersama beberapa klub elite liga top Eropa seperti Manchester United, Real Madrid, Hamburger dan Malaga. Sebagai seorang striker, ia juga dipercaya untuk mengambil eksekusi penalti. Pemain yang pensiun pada tahun 2012 ini sukses mencetak 39 gol. Nistelrooy juga pernah merasakan kegagalan penalti sebanyak 10 kali di semua kompetisi.

8. Aritz Aduriz - 10 kali gagal

10 Pemain Liga Top Eropa dengan Kegagalan Penalti Terbanyak di Abad 21fcbarcelonanoticias.com

Aritz Aduriz baru saja mengakhiri karier sepak bolanya pada akhir musim ini. Pemain asal Spanyol ini pernah membela Real Valladolid, Mallorca, Valencia dan tentu saja Athletic Bilbao. Sepanjang abad 21, striker asal Spanyol ini telah sukses mengeksekusi penalti sebanyak 35 kali. Namun ia juga catatkan kegagalan penalti cukup banyak, yakni sebanyak 10 kali di semua kompetisi. 

7. Sergio Aguero - 12 kali gagal

10 Pemain Liga Top Eropa dengan Kegagalan Penalti Terbanyak di Abad 21mancity.com

Sergio Aguero menjadi salah satu pemain dengan gol penalti terbanyak di abad 21. Sebelum menjadi andalan Manchester City, Aguero juga pernah membela Atletico Madrid. Selain sukses mencetak 41 gol penalti, pemain berusia 32 tahun ini juga pernah gagal dalam eksekusi penalti sebanyak 12 kali di semua kompetisi.

6. Wayne Rooney - 12 kali gagal

10 Pemain Liga Top Eropa dengan Kegagalan Penalti Terbanyak di Abad 21premierleague.com

Wayne Rooney menjadi pemain Inggris yang cukup produktif hingga saat ini. Pemain yang kini berusia 34 tahun ini tercatat mengawali karier bersama Everton dan bersinar saat membela Manchester United. Dari banyaknya gol yang dicetak Rooney, 31 diantaranya ia cetak melalui penalti. Namun Rooney juga beberapa kali gagal mengeksekusi penalti, yakni sebanyak 12 kali di semua kompetisi.

Baca Juga: 10 Pemain Liga Top Eropa yang Cetak Gol Penalti Terbanyak di Abad 21

5. Edinson Cavani - 13 kali gagal

10 Pemain Liga Top Eropa dengan Kegagalan Penalti Terbanyak di Abad 21skysports.com

Kegarangan Edinson Cavani sebagai striker tak perlu diragukan lagi. Pemain asal Uruguay ini sudah malang melintang membela klub Eropa seperti Palermo, Napoli dan Paris Saint-Germain. Ia juga kerap dipercaya mengeksekusi penalti dengan sukses mencetak 48 gol dari titik putih. Sementara untuk penalti yang gagal, Cavani mencatatkan 13 kali gagal eksekusi penalti. 

4. Antonio Di Natale - 14 kali gagal

10 Pemain Liga Top Eropa dengan Kegagalan Penalti Terbanyak di Abad 21goal.com

Antonio Di Natale menjadi striker asal Italia yang cukup tajam pada masanya. Pemain yang pensiun pada tahun 2016 ini tercatat pernah membela Empoli dan Udinese. Di abad 21 ini, Di Natale mencatatkan 14 kali gagal penalti di semua kompetisi. Sementara untuk penalti yang sukses di eksekusi, ia mencatatkan 41 gol.

3. Cristiano Ronaldo - 18 kali gagal

10 Pemain Liga Top Eropa dengan Kegagalan Penalti Terbanyak di Abad 21goal.com

Cristiano Ronaldo menjadi pemain dengan gol penalti terbanyak di abad 21. Pemain yang tercatat membela Manchester United, Real Madrid dan Juventus ini sukses menggelontorkan 114 gol dari titik putih. Meskipun cukup banyak mencetak gol penalti, Ronaldo bukannya tanpa kekurangan. Pemain asal Portugal ini juga beberapa kali gagal mengeksekusi penalti, yakni sebanyak 18 kali di semua kompetisi.

2. Francesco Totti - 18 kali gagal

10 Pemain Liga Top Eropa dengan Kegagalan Penalti Terbanyak di Abad 21instagram.com/francescototti

Berikutnya ada legenda AS Roma, siapa lagi kalau bukan Francesco Totti. Pemain yang pensiun pada tahun 2017 ini menjadi andalan Roma dalam mengeksekusi penalti. Mantan kapten Roma ini sukses mencetak 75 gol dari titik putih. Meskipun berpengalaman dalam eksekusi penalti, Totti juga pernah gagal. Ia mencatatkan 18 kali gagal mengeksekusi penalti di semua kompetisi. 

1. Lionel Messi - 22 kali gagal 

10 Pemain Liga Top Eropa dengan Kegagalan Penalti Terbanyak di Abad 21fcbarcelona.cat

Pemain dengan kegagalan penalti terbanyak di abad 21 adalah Lionel Messi. Pemain asal Argentina ini menjadi andalan Barcelona dalam mengeksekusi penalti. Meskipun memiliki skill olah bola mumpuni dan cetak gol penalti cukup banyak, ia juga beberapa kali gagal eksekusi penalti. Pemain berusia 33 tahun ini telah mencetak 75 gol dari titik putih. Sementara untuk penalti yang gagal, Messi mencatatkan 22 kali di semua kompetisi.

Penalti tak semudah yang dibayangkan, banyak juga pemain hebat yang gagal eksekusi penalti. Kira-kira siapa pemain yang paling jago mengeksekusi penalti? 

Baca Juga: 5 Pemain Top dengan Torehan Gol Penalti Terbanyak di Premier League

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya