5 Pemain dengan Penampilan Terbanyak dalam Sejarah Manchester United

Deretan legenda Setan merah!

Manchester United menjadi salah satu klub terbaik di Inggris. Hal itu terbukti dengan raihan trofi terbanyak di Liga Inggris sepanjang sejarah. Menjadi bagian dari Setan merah tentu saja bukanlah hal yang mudah. Para pemain yang membela Manchester United pastinya harus memiliki kualitas mumpuni.

Dalam sejarah klub, ada beberapa pemain yang cukup lama membela United. Pemain-pemain itu pun mencatatkan penampilan yang cukup banyak bersama MU. Memiliki catatan penampilan yang tak sedikit tentunya bukan perkara mudah. Karena sang pemain harus tampil konsisten di setiap musimnya. Berikut daftar pemain dengan penampilan terbanyak dalam sejarah Manchester United.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United Paling Diandalkan Sir Alex Ferguson

1. Ryan Giggs (930 Penampilan)

5 Pemain dengan Penampilan Terbanyak dalam Sejarah Manchester Unitedtwitter.com/utdarena

Ryan Giggs menjadi pemain dengan penampilan terbanyak dalam sejarah Manchester United. Giggs merupakan legenda Manchester United yang berasal dari Wales. Menjalani debut pada musim 1991/1992, Giggs membela United dalam 930 laga di semua kompetisi. Jumlah tersebut ia mainkan dalam 23 musim berseragam Setan Merah.

Giggs terbilang cukup sukses selama berseragam merah Manchester. Ia berhasil meraih gelar juara Premier League sebanyak 13 kali. Sementara itu, untuk catatan pribadi sebagai seorang gelandang, Giggs mencatatkan 162 gol dan 248 assist. Ryan Giggs mengakhiri karier sebagai pemain pada tahun 2014.

2. Paul Scholes (709 Penampilan)

5 Pemain dengan Penampilan Terbanyak dalam Sejarah Manchester Unitedmanutd.com

Pemain kedua juga merupakan salah satu legenda yang dimiliki Manchester United, yaitu Paul Scholes. Secara total, Scholes menjadi bagian Setan merah dalam 19 musim. Ia membela Setan merah pada musim 1994/1995 hingga musim 2012/2013. Sempat mengumumkan berhenti selama setengah musim 2012/2013, ia kembali merumput pada Januari 2012.

Bersama The Reds Devils, Scholes tampil dalam 708 pertandingan. Gelandang asal Inggris ini sukses mencetak 152 gol dan 73 assist. Scholes tentu saja turut mengantarkan United meraih berbagai gelar bergengsi selama membela klub Manchester itu.

3. Gary Neville (598 Penampilan)

5 Pemain dengan Penampilan Terbanyak dalam Sejarah Manchester Unitedmanutd.com

Pemain ketiga merupakan pemain yang berposisi sebagai bek kanan, yaitu Gary Neville. Sama seperti Scholes dan Giggs, Neville hanya membela Manchester United selama kariernya. Pemain asal Inggris ini menjadi bagian dari Setan merah selama 19 musim. Ia membela Setan merah sejak musim 1994/1995 hingga 2012/2013.

Neville membela United dalam 598 pertandingan. Sama seperti legenda United lainnya, Neville juga turut menjadi bagian dalam kesuksesan MU meraih trofi bergengsi sepanjang kariernya. Bersama The Reds Devils, ia berhasil menorehkan 7 gol dan 47 assist.

4. Wayne Rooney (559 Penampilan)

5 Pemain dengan Penampilan Terbanyak dalam Sejarah Manchester Unitedpremierleague.com

Wayne Rooney yang kini masih aktif bermain juga masuk dalam deretan pemain dengan penampilan terbanyak Manchester United. Pemain yang bisa mengisi posisi gelandang serang dan striker ini membela Setan merah selama 13 musim, tepatnya sejak musim 2004/2005 hingga musim 2016/2017.

Pemain yang kini berusia 33 tahun itu telah mencatatkan 559 penampilan bersama United. Dari penampilannya tersebut, ia mencatatkan 253 gol serta 146 assist. Sama seperti pemain lainnya dalam daftar ini, Rooney tentu saja meraih berbagai trofi bergengsi bersama MU. Saat ini Rooney membela klub divisi Championship, Derby County.

5. Roy Keane (470 Penampilan)

5 Pemain dengan Penampilan Terbanyak dalam Sejarah Manchester Unitedmanutd.com

Roy Keane menjadi pemain terakhir dalam daftar ini yang catatkan penampilan tak kalah banyak bersama Manchester United. Pemain asal Irlandia ini membela United selama 13 musim, yaitu sejak 1993/1994 hingga Januari 2006. Pemain berposisi gelandang bertahan ini membela United dalam 470 pertandingan.

Dari penampilannya tersebut, Keane menorehkan 51 gol dan 29 assist. Sebelum hengkang, ia mengantarkan Setan Merah menjuarai Premier League sebanyak 7 kali, Piala FA sebanyak 4 kali, dan 1 trofi Liga Champions. Ia mengakhiri karier sepak bolanya pada tahun 2006 setelah membela Celtic selama setengah musim.

 

Rekor catatan penampilan terbanyak yang ditorehkan pemain dalam daftar ini tentu saja tak akan mudah dipecahkan pemain Manchester United. Butuh konsistensi hingga loyalitas tinggi untuk mencapai torehan Giggs. Siapa pemain terbaik yang pernah membela United?

Baca Juga: Pulang Kandang, Roy Keane Jadi Asisten Pelatih Nottingham Forest

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya