6 Pemain Paling Senior yang Perkuat Indonesia di Piala Asia 2023

Jordi Amat hingga Dendy Sulistyawan

Timnas Indonesia tengah bersaing di Piala Asia 2023 Qatar. Uniknya, Tim Garuda menjadi peserta dengan rata-rata usia pemain paling muda. Dari 26 pemain, rata-rata usia pemain Timnas Indonesia adalah 22,6 tahun.

Meski begitu, ada beberapa pemain senior yang tetap menjadi andalan Shin Tae Yong. Para pemain senior ini diharapkan bisa membimbing bintang-bintang muda di Tim Garuda. Berikut daftar pemain paling senior yang perkuat Indonesia di Piala Asia 2023.

1. Jordi Amat (31) menjadi pemain paling senior

6 Pemain Paling Senior yang Perkuat Indonesia di Piala Asia 2023Jordi Amat berseragam Timnas Indonesia. (instagram.com/jordiamat5)

Jordi Amat menjadi pemain paling senior Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Pemain keturunan Spanyol itu saat ini berusia 31 tahun. Ia pun memimpin rekan-rekannya di lini belakang sebagai bek tengah.

Pemain yang kini membela Johor Darul Takzim itu sudah menjalani debut bersama Timnas Indonesia pada 23 Desember 2022. Hingga saat ini, ia mampu mencatatkan 12 caps bersama Tim Garuda. Sebagai pemain paling senior, ia juga kerap dipercaya STY sebagai kapten.

2. Marc Klok (30) mulai tergusur dari persaingan lini tengah

6 Pemain Paling Senior yang Perkuat Indonesia di Piala Asia 2023Marc Klok (instagram.com/marcklok)

Marc Klok juga jadi salah satu pemain senior yang membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Pemain Persib Bandung itu saat ini berusia 30 tahun. Di Piala Asia 2023 ini, posisinya sedikit digeser gelandang muda lain, seperti Ivar Jenner dan Justin Hubner.

Meski begitu, kualitas Klok tetap dibutuhkan Tim Garuda untuk menjadi jenderal lapangan tengah. Klok pribadi menjadi pemain keturunan yang sudah cukup lama berseragam Timnas Indonesia. Sejak debut pada 1 Juni 2022, ia sudah mengemas 19 caps.

3. Adam Alis (30) sempat dicoret Shin Tae Yong

6 Pemain Paling Senior yang Perkuat Indonesia di Piala Asia 2023Adam Alis (instagram.com/adamalis93)

Berikutnya ada pemain Borneo FC, Adam Alis. Dalam persiapan Piala Asia 2023 ini, sebenarnya Adam Alis sempat dicoret. Namun, ia akhirnya dipilih kembali oleh Shin Tae Yong untuk menggantikan Saddil Ramdani yang dicoret.

Meski sudah cukup senior, pemain berusia 30 tahun itu masih minim menit bermain bersama Timnas Indonesia. Debut pada 29 Mei 2021, Adam Alis baru mencatatkan enam caps. Ia harus bersaing dengan Marselino Ferdinan sebagai gelandang serang Tim Garuda.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Mampu Bersaing?

4. Sandy Walsh (28) mewujudkan mimpi membela Timnas Indonesia

6 Pemain Paling Senior yang Perkuat Indonesia di Piala Asia 2023Sandy Walsh berseragam Timnas Indonesia. (instagram.com/sandywalsh)

Sandy Walsh menjadi pemain senior berikutnya yang perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Pemain yang berkarier di Liga Belgia bersama KV Mechelen itu sudah berusia 28 tahun. Ia menjadi pesaing Asnawi Mangkualam di posisi bek kanan.

Sandy sebenarnya sudah cukup lama ingin berseragam Timnas Indonesia. Namun, hal itu baru terwujud pada tahun 2023 lalu setelah menjalani debut pada 8 September 2023. Hingga saat ini, ia mengoleksi enam caps bersama Tim Garuda.

5. Ricky Kambuaya (27) berpengalaman bersama Timnas Indonesia

6 Pemain Paling Senior yang Perkuat Indonesia di Piala Asia 2023Ricky Kambuaya (instagram.com/richardo_r55)

Pemain kelima dalam daftar ini adalah Ricky Kambuaya. Pemain Dewa United itu sudah cukup lama menjadi andalan di lini tengah Timnas Indonesia. Di Piala Asia 2023 ini, Kambuaya sudah berusia 27 tahun.

Meski sudah banyak mencatatkan caps, ia tak mendapat jaminan menjadi pilihan utama STY di Piala Asia 2023. Kambuaya harus bersaing dengan gelandang lainnya seperti Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Marc Klok. Sejak debut pada 8 Oktober 2021, ia sudah mencatatkan 34 caps.

6. Dendy Sulistyawan (27) tetap dibawa Shin Tae Yong ke Piala Asia 2023

6 Pemain Paling Senior yang Perkuat Indonesia di Piala Asia 2023Dendy Sulistyawan berseragam Timnas Indonesia. (instagram.com/dendy_22)

Melengkapi daftar ini ada nama Dendy Sulistyawan. Meski performanya tak menonjol, Dendy tetap dibawa Shin Tae Yong ke Piala Asia 2023. Meski begitu, pemain Bhayangkara FC itu harus bersaing ketat memperebutkan posisi di lini serang.

Sama seperti Ricky Kambuaya, saat ini Dendy sudah berusia 27 tahun. Ia pertama kali membela Timnas Indonesia pada 24 September 2022. Hingga saat ini, Dendy telah mengemas 16 caps dengan torehan 5 gol.

Para pemain senior tersebut menjadi panutan pemain muda yang perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Mereka diharapkan bisa menularkan pengalaman untuk membawa Indonesia melaju jauh. Mampukah mereka melakukannya?

Baca Juga: 4 Pemain Liga Top Eropa yang Cetak Gol pada Matchday 1 Piala Asia 2023

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya