5 Pemain Paling Sering Dimainkan Jose Mourinho di Premier League

Deretan legenda Chelsea

Jose Mourinho telah malang melintang menangani klub top Eropa. Hal itu tak lepas dari kualitas sang juru taktik asal Portugal tersebut. Ia sukses merengkuh berbagai trofi bergengsi bersama klub yang ditanganinya.

Hingga saat ini, Mourinho telah melatih sembilan klub berbeda sepanjang kariernya. Dari jumlah tersebut, tiga di antaranya merupakan klub Premier League, yaitu Chelsea, Manchester United, dan Tottenham Hotspur.

Mourinho pribadi juga mampu meraih trofi Premier League sebanyak tiga kali. Keberhasilannya itu tak lepas dari para pemain yang dia mainkan.

Lantas, siapa saja pemain paling sering dimainkan Jose Mourinho di Premier League?

1. John Terry

5 Pemain Paling Sering Dimainkan Jose Mourinho di Premier LeagueJohn Terry (premierleague.com)

John Terry adalah pemain yang paling sering dimainkan Jose Mourinho di Premier League. Pada era Mourinho, Terry dipercaya menjadi kapten Chelsea. Produk akademi Chelsea itu pun menjadi salah satu legenda. Di Chelsea, ia sendiri menjadi anak asuh Mourinho dalam dua periode kepelatihan.

Selama ditangani Mourinho, Terry dipercaya tampil dalam 186 pertandingan Premier League. Meski beroperasi di lini belakang, bek asal Inggris ini cukup produktif dengan raihan 15 gol. Pria yang kini berusia 42 tahun itu telah memutuskan gantung sepatu pada Oktober 2018.

2. Frank Lampard

5 Pemain Paling Sering Dimainkan Jose Mourinho di Premier LeagueFrank Lampard (uefa.com)

Pemain kedua yang jadi andalan Jose Mourinho di Premier League juga merupakan legenda Chelsea. Pemain tersebut adalah Frank Lampard, yang sempat menjadi pelatih The Blues walau tidak lama. Sama seperti Terry, Lampard juga dilatih Mourinho dalam dua periode kepelatihan.

Lampard kerap dipercaya sebagai wakil kapten saat ditangani Mourinho. Dengan peran pentingnya tersebut, Lampard dimainkan Mou dalam 140 pertandingan di Premier League. Dari penampilannya tersebut, gelandang top ini berhasil mencetak 49 gol dan 37 assist.

Baca Juga: 5 Pemain Paling Diandalkan Jose Mourinho di Liga Champions, Ada CR7

3. Petr Cech

5 Pemain Paling Sering Dimainkan Jose Mourinho di Premier LeaguePetr Cech (uefa.com)

Jose Mourinho mengandalkan Petr Cech untuk posisi kiper Chelsea. Pemain asal Republik Ceko ini menjadi salah satu rekrutan Mourinho pada awal kepelatihannya di Chelsea. Selama 6 musim dilatih Mourinho, ia mencatatkan 135 penampilan di Premier League.

Kualitas Cech dalam menjaga gawang tak perlu diragukan lagi. Ia turut membantu The Blues asuhan Mou dalam meraih berbagai gelar bergengsi. Namun, Mourinho justru menjual Cech ke Arsenal pada periode kedua menukangi Chelsea. Cech pribadi telah pensiun sejak 2019.

4. Didier Drogba

5 Pemain Paling Sering Dimainkan Jose Mourinho di Premier LeagueDidier Drogba (premierleague.com)

Pemain berikutnya yaitu Didier Drogba. Sama seperti Cech, pemain Pantai Gading ini juga menjadi rekrutan Mourinho saat menukangi Chelsea. Drogba kembali direkrut Mourinho ke Stamford Bridge pada periode kedua.

Selama ditangani Mourinho, Drogba mencatatkan 123 penampilan di Premier League. Sebagai seorang penyerang andal, ia berhasil mencetak 47 gol dan 27 assist.

Sama seperti nama-nama sebelumnya, Drogba juga layak disebut sebagai legenda Chelsea. Pria yang kini berusia 44 tahun ini sendiri telah mengakhiri kariernya pada 2018.

5. Nemanja Matic

5 Pemain Paling Sering Dimainkan Jose Mourinho di Premier LeagueNemanja Matic (twitter.com/ChelseaFC)

Nemanja Matic merupakan gelandang asal Serbia. Ia menjadi pemain yang ditangani Mourinho di dua klub Premier League. Selain di Chelsea, Matic juga diandalkan Mou saat menukangi Manchester United.

Selama ditangani Mourinho, Matic mencatatkan 118 penampilan di Premier League. Ia merupakan pemain gelandang bertahan. Namun, sering ikut berkontribusi dalam penyerangan dengan koleksi 3 gol dan 8 assist.

Matic menjadi salah satu pemain andalan sekaligus kesayangan Mourinho. Kini, ia kembali diboyong Mou ke AS Roma.

Itulah lima pemain andalan Mourinho di Premier League. Nama-nama tersebut turut membantu Mou meraih kesuksesan di Liga Inggris.

Baca Juga: 5 Pembelian Terbaik Manchester United di Bawah Asuhan Jose Mourinho

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya