5 Pemain Republik Ceko Terbaik yang Pernah Bermain di Premier League

Tak hanya Petr Cech, lho!

Republik Ceko merupakan salah satu negara di Eropa. Dalam sepak bola, negara yang satu ini mungkin kurang berprestasi. Namun pemain-pemain dari Republik Ceko tak kalah berkualitasnya dari negara-negara lain.

Bahkan tak sedikit dari mereka yang mampu menembus tim utama klub Premier League. Terbaru ada Tomáš Souček yang kini tengah bersinar bersama West Ham United.

Sebelum Souček, sudah cukup banyak pemain dari Republik Ceko yang bermain di Premier League. Siapa pemain Republik Ceko terbaik yang pernah bermain di Premier League? Berikut ulasannya. 

1. Petr Cech

5 Pemain Republik Ceko Terbaik yang Pernah Bermain di Premier Leaguefifa.com

Nama pemain pertama ini mungkin sudah tak asing lagi bagi penggemar Premier League, yakni Petr Cech. Pemain berposisi kiper ini bermain di Premier League selama lima belas musim. Pada musim 2004/2005, Cech bergabung dengan Chelsea dan bertahan cukup lama. Kemudian pada musim 2015/2016 ia bergabung dengan Arsenal hingga gantung sepatu pada tahun 2019 lalu.

Selama di Premier League, Cech telah tampil dalam 443 pertandingan. Kiper kelahiran 20 Mei 1982 ini mencatatkan 202 clean sheet. Meskipun berposisi sebagai kiper, Cech pernah memberikan dua assist. Ia juga terbilang sangat sukses di Premier League dengan raihan 4 trofi dan memenangkan 4 kali penghargaan Golden Gloves.

2. Tomas Rosicky

5 Pemain Republik Ceko Terbaik yang Pernah Bermain di Premier Leaguebleacherreport.com/Michael Regan/Getty Images

Pemain berikutnya yaitu Thomas Rosicky yang merupakan seorang gelandang. Rosicky cukup lama membela Arsenal yaitu selama delapan musim. The Gunners menjadi satu-satunya klub Premier League yang dibela Rosicky.

Mengawali karier di Premier League sejak musim 2006/2007, Rosicky terakhir kali bermain di Premier League pada musim 2014/2015. Bersama klub London tersebut, ia mencatatkan 170 penampilan di Premier League.

Pemain gelandang ini mencetak 19 gol dan 15 assist. Meskipun cukup lama, ia gagal mengantarkan timnya menjadi juara Premier League sepanjang kariernya. 

Baca Juga: 7 Pemain Prancis dengan Gol Terbanyak di Premier League, Ada Giroud!

3. Milan Baros

5 Pemain Republik Ceko Terbaik yang Pernah Bermain di Premier Leaguetwitter.com/LFC

Pemain Republik Ceko lainnya yang berkiprah di Premier League adalah Milan Baros. Membela tiga klub berbeda, Baros bermain di Premier League selama enam musim.

Ketiga klub Premier League yang pernah dibela Baros adalah Liverpool, Aston Villa dan Portsmouth. Baros bermain di Premier League selama sejak musim 2002/2003 hingga 2007/2008.

Selama bermain di kasta teratas Liga Inggris tersebut, ia tampil dalam 122 pertandingan. Striker dengan tinggi 183 cm ini mencatatkan 28 gol dan 11 assist. Baros juga gagal meraih trofi Premier League selama kariernya. 

4. Patrick Berger

5 Pemain Republik Ceko Terbaik yang Pernah Bermain di Premier Leaguethesefootballtimes.co

Kembali dari posisi gelandang, ada pemain Republik Ceko bernama Patrick Berger. Pemain gelandang ini bermain di Premier League selama duabelas musim dengan membela tiga tim berbeda. Bermain tujuh musim bersama Liverpool pada 1998/1999 hingga 2002/2003, Berger kemudian hijrah ke Portsmouth dan Aston Villa hingga 2007/2008.

Bersama tiga klub tersebut, Berger mencatatkan 229 penampilan di Premier League. Gelandang kelahiran 10 November 1973 ini mencetak 38 gol dan 31 assist. Berger juga tak mampu mengantarkan timnya merengkuh trofi Premier League.

5. Vladimir Smicer

5 Pemain Republik Ceko Terbaik yang Pernah Bermain di Premier Leaguethetimes.co.uk

Pemain Republik Ceko terakhir dalam daftar ini adalah Vladimir Smicer. Gelandang Republik Ceko ini hanya membela Liverpool selama berkarier di Premier League. Ia bergabung dengan The Reds sejak musim 1999/2000.

Setelah tujuh musim berseragam Liverpool, ia akhirnya hengkang pada akhir musim 2003/2004. Selama di Premier League, Smicer tampil dalam 121 pertandingan.

Sebagai seorang gelandang, ia mencetak 10 gol serta 24 assist. Sama halnya dengan tiga pemain lainnya, pemain yang lahir pada 24 Mei 1973 itu juga tak mampu meraih gelar juara Premier League.

 

Itulah lima pemain Republik Ceko terbaik yang pernah membela klub Premier League. Akankah Tomáš Souček akan berhasil meraih trofi Premier League?

Baca Juga: 5 Pemain asal Nigeria yang Kini Bermain di Premier League

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya