Comscore Tracker

CR7 dan 5 Pemain Termahal yang Dibeli Klub Serie A Hingga Saat Ini

Didominasi pemain Juventus, Siapa Saja?

Serie A menjadi salah satu kompetisi paling populer di dunia. Persaingan antar klub yang berlaga patut dinantikan setiap musimnya. Setiap klub mempersiapkan skuadnya masing-masing dengan tambahan pemain baru. Serupa dengan liga top Eropa lainnya, klub di Serie A juga tak ragu merekrut pemain dengan harga tinggi.

Hal tersebut karena mereka tak hanya bersama di kompetisi domestik, tapi juga dikancah Liga Champions. Mega bintang Cristiano Ronaldo menjadi pemain termahal yang pernah direkrut klub Serie A. Lalu, siapa saja pemain termahal lainnya? Berikut ulasannya. 

1. Cristiano Ronaldo - 117 juta euro

CR7 dan 5 Pemain Termahal yang Dibeli Klub Serie A Hingga Saat Inijuventus.com

Kepindahan Cristiano Ronaldo ke Serie A sempat menjadi pembicaraan hangat. Ia mengumumkan kepindahannya di saat ia berada di performa gemilang bersama Real Madrid. Ronaldo bergabung dengan Juventus pada musim panas 2018.

Meskipun sudah mulai menua, namun Juventus rela menggelontorkan dana hingga 117 juta euro atau setara dengan Rp1,9 triliun. Harga tersebut dinilai sebanding dengan kualitas dan kepopuleran pemain asal Portugal tersebut. Ronaldo juga langsung tampil menggila di musim pertamanya dengan mengantarkan Juventus juara Serie A. 

2. Gonzalo Higuain - 90 juta euro

CR7 dan 5 Pemain Termahal yang Dibeli Klub Serie A Hingga Saat Inijuventus.com

Sebelum Ronaldo, Gonzalo Higuain adalah pemegang rekor pemain termahal di Serie A. Ia didatangkan Juventus dari tim sesama Serie A, yakni Napoli pada musim 2016/2017. Performa mengesankan Higuain bersama Napoli membuat Juve berani membelinya dengan harga tinggi.

Pemain asal Argentina tersebut ditebus Juventus dengan harga 90 juta euro atau setara dengan Rp1,4 triliun. Meskipun sempat menjadi andalan saat awal bergabung, namun ia perlahan tersingkir hingga sempat dipinjamkan ke Chelsea. 

3. Matthijs de Ligt - 85,5 juta euro

CR7 dan 5 Pemain Termahal yang Dibeli Klub Serie A Hingga Saat Inimetro.co.uk

Juventus menjadi klub Serie A yang sangat serius dalam perburuan gelar pada setiap musimnya. Mereka rela menggelontorkan dana besar demi perkuat skuadnya termasuk posisi bek. Matthijs de Ligt menjadi bek termahal yang didatangkan Juventus dan Serie A.

Pemain potensial yang sebelumnya membela Ajax ini bergabung dengan Juventus pada awal musim ini. Demi pemain 19 tahun tersebut, Juve mengeluarkan mahar sebesar 85,5 juta euro atau setara dengan Rp1,3 triliun. Keputusan Ligt bergabung dengan Juve cukup beralasan, yakni karena Serie A dikenal menjadi tempat bek-bek terbaik.

Baca Juga: Sabar Ya! Serie A Italia Belum Bisa Digelar Sampai 14 Juni 2020

4. Romelu Lukaku - 65 juta euro 

CR7 dan 5 Pemain Termahal yang Dibeli Klub Serie A Hingga Saat Inien.as.com

Pemain termahal Serie A selanjutnya ada Romelu Lukaku. Pemain Belgia ini bergabung dengan raksasa Serie A lainnya yaitu Inter Milan. Bergabung dengan Inter pada awal musim ini, nilai transfer Lukaku mencapai 65 juta euro atau setara dengan Rp1 triliun.

Inter mendatangkan striker berusia 26 tahun ini dari klub Premier League, Manchester United. Lukaku tak butuh waktu lama beradaptasi di Serie A. Sejauh ini, ia tampil mengesankan di bawah asuhan Antonio Conte dan membawa Inter bersaing dengan Juventus di Serie A. 

5. Hernan Crespo - 56,81 juta euro

CR7 dan 5 Pemain Termahal yang Dibeli Klub Serie A Hingga Saat Inigoal.com

Jauh sebelum pemain-pemain sebelumnya, Hernan Crespo menjadi pemain termahal Serie A. Lazio membeli Crespo dari tim Serie A lainnya yaitu Parma pada musim 2000/2001. Striker asal Argentina ini ditebus Lazio dengan mahar 56,81 juta euro atau setara dengan Rp926 miliar.

Harga tersebut tentu saja cukup fantastis pada saat itu. Crespo hanya bertahan hanya dua musim di Lazio dan kemudian menjadi pemain yang malang melintang bersama tim elite Eropa lain. Ia mengakhiri karier sebagai pemain sepak bola pada tahun 2012 bersama Parma. 

6. Gianluigi Buffon - 52,88 juta euro

CR7 dan 5 Pemain Termahal yang Dibeli Klub Serie A Hingga Saat Inijuventus.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah kiper veteran Juventus, Gianluigi Buffon. Sama seperti Crespo, Buffon juga merupakan pemain yang pernah menjadi bagian Parma. Juventus membeli Buffon dari Parma pada musim 2001/2001. Saat itu, Buffon masih berusia 23 tahun dan membuat Juve tak ragu menebusnya dengan harga tinggi.

Buffon sempat menjadi kiper termahal di dunia yaitu dengan nilai transfer mencapai 52,88 juta euro atau setara dengan Rp863 miliar. Harga tinggi tersebut tak sia-sia, Buffon menjadi legenda di Juventus dan timnas Italia. 

Itulah enam pemain termahal dalam sejarah Serie A. Dari pemain-pemain tersebut, siapa yang penampilannya paling mengesankan?

Baca Juga: 5 Pemain Ini Diprediksi Akan Bersaing Meraih MVP Serie A 2019/2020

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya