6 Pemain Termahal yang Dijual Zinedine Zidane saat Melatih Real Madrid

Gagal menembus tim utama Zidane

Zinedine Zidane resmi mundur dari jabatannya sebagai pelatih kepala Real Madrid. Ia menukangi El Real dalam dua periode, yakni sejak Januari 2016 hingga Mei 2018 dan Maret 2019 hingga akhir musim ini. Pencapaian juru taktik asal Prancis itu bersama Los Blancos tak perlu dipertanyakan lagi.

Ia sukses membawa Madrid juara Liga Champions tiga musim beruntun serta meraih trofi-trofi lainnya. Selama menukangi El Real, Zidane pun melakukan pergerakan transfer. Tak hanya membeli, tapi juga menjual beberapa pemain. Siapa saja pemain termahal yang dijual Zinedine Zidane selama melatih Real Madrid? Berikut ulasannya.

1. Alvaro Morata ke Chelsea (66 Juta Euro)

6 Pemain Termahal yang Dijual Zinedine Zidane saat Melatih Real MadridAlvaro Morata (goal.com)

Pemain termahal yang dijual Zinedine Zidane saat melatih Real Madrid adalah Alvaro Morata. Penyerang berkebangsaan Spanyol itu hengkang dari El Real dan bergabung dengan Chelsea. Pada musim 2017/2018, The Blues memboyong Morata dari Real Madrid setelah membayar biaya transfer sebesar 66 juta euro atau setara dengan Rp1,1 triliun.

Morata merupakan pemain lulusan akademi El Real. Namun, ia sempat hijrah ke Juventus sebelum akhirnya kembali ke Madrid. Selama menjadi bagian Los Blancos, ia tampil dalam 95 pertandingan. Sebagai seorang penyerang, ia menorehkan 31 gol dan 11 assist.

2. Mateo Kovacic ke Chelsea (45 Juta Euro)

6 Pemain Termahal yang Dijual Zinedine Zidane saat Melatih Real MadridMateo Kovacic (premierleague.com)

Selain Alvaro Morata, pemain Real Madrid lain yang dijual Zinedine Zidane ke Chelsea adalah Mateo Kovacic. Pemain berposisi gelandang tersebut sempat menjadi pemain pinjaman sebelum akhirnya dipermanenkan The Blues pada musim 2019/2020 lalu.

Untuk mempermanenkan pemain Kroasia tersebut, The Blues merogoh kocek sebesar 45 juta euro atau setara dengan Rp779 miliar. Sebelum bergabung dengan Chelsea, Kovacic direkrut El Real dari Inter Milan pada musim 2015/2016. Kovacic membela El Real dalam 109 pertandingan dengan catatan 3 gol dan 8 assist.

Baca Juga: Kevin De Bruyne, Bintang Manchester City yang Disia-siakan Chelsea

3. Achraf Hakimi ke Inter Milan (45 Juta Euro) 

6 Pemain Termahal yang Dijual Zinedine Zidane saat Melatih Real MadridAchraf Hakimi (goal.com)

Achraf Hakimi menjadi salah satu pemain yang dijual Zinedine Zidane pada musim panas 2020 lalu. Bek kanan berkebangsaan Maroko tersebut dilepas El Real ke Inter Milan. Pemain berusia 21 tersebut ditebus Nerazzurri dengan harga mencapai 45 juta euro atau setara dengan Rp779 miliar.

Sebelumnya, Hakimi merupakan pemain yang dipinjamkan Madrid ke Borussia Dortmund. Hakimi merupakan pemain lulusan akademi El Real. Bek kanan ini membela Los Blancos hanya dalam 17 pertandingan dengan catatan 2 gol dan 1 assist.

4. Danilo ke Manchester City (30 Juta Euro)

6 Pemain Termahal yang Dijual Zinedine Zidane saat Melatih Real MadridDanilo (goal.com)

Pemain berikutnya ini juga dijual Real Madrid ke salah satu klub Premier League, Manchester City. Pemain tersebut adalah Danilo yang dilepas El Real pada musim 2017/2018. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini ditebus The Cityzens dengan mahar senilai 30 juta euro atau setara dengan Rp519 miliar.

Madrid merekrut pemain Brasil tersebut dari Porto pada musim 2015/2016. Namun, ia kalah saing dengan Daniel Carvajal yang lebih diandalkan Zidane. Selama berseragam El Real, Danilo mencatatkan 56 pertandingan dengan catatan 3 gol dan 9 assist.

5. Marcos Llorente ke Atletico Madrid (30 Juta Euro) 

6 Pemain Termahal yang Dijual Zinedine Zidane saat Melatih Real MadridMarcos Llorente (goal.com)

Tak hanya melepas pemainnya ke klub liga lain, Zinedine Zidane juga menjual beberapa pemain Real Madrid ke sesama klub LaLiga. Salah satunya adalah Marcos Llorente yang justru bergabung dengan klub sekota, Atletico Madrid. Pemain asal Spanyol ini merupakan produk akadami El Real, namun ia tak kunjung mendapat tempat di tim utama.

Akhirnya pada 2019/2020 ia memutuskan hengkang dari El Real dan bergabung dengan Atletico. Saat itu Llorente ditebus Atletico Madrid dengan mahar mencapai 30 juta euro atau setara dengan Rp519 miliar. Ia membela Real Madrid dalam 39 pertandingan dengan torehan 3 gol.

6. Sergio Reguilon ke Tottenham Hotspur (30 Juta Euro) 

6 Pemain Termahal yang Dijual Zinedine Zidane saat Melatih Real MadridSergio Reguilon (twitter.com/Spurs_ID)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Sergio Reguilon. Ia hengkang dari Real Madrid pada awal musim 2020/2021 dan memutuskan bergabung dengan Tottenham Hotspur. Reguilon menjadi bek sayap lainnya yang kesulitan menembus tim utama di bawah asuhan Zidane. Reguilon yang berposisi sebagai bek kiri juga tersingkir. Padahal, ia merupakan lulusan akademi milik El Real.

Selama kariernya menjadi bagian Los Blancos, pemain 24 tahun itu lebih sering dipinjamkan ke klub lain. Ia hanya memperkuat tim utama selama semusim, tepatnya pada 2018/2019. Ia pun hanya tampil dalam 22 pertandingan bersama El Real. Spurs sendiri memboyong Reguilon dengan harga 30 juta euro atau setara dengan Rp519 miliar.

 

Para pemain tersebut sebenarnya memiliki kualitas mumpuni. Namun, sayangnya Zinedine Zidane memiliki pemain pilihan tersendiri sehingga pemain-pemain tersebut sulit menembus tim utama.

Baca Juga: 5 Bek Kiri Terbaik Spanyol Saat Ini, dari Jose Gaya hingga Reguilon!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya