Comscore Tracker

6 Pemain Termuda yang akan Memperkuat Timnas Belanda di Euro 2020

Ryan Gravenberch, Matthijs de Ligt hingga Donyell Malen

Menjelang gelaran Euro 2020, para tim peserta mulai mengumumkan pemain yang akan berlaga. Salah satunya yaitu Belanda yang tentunya sangat berhasrat untuk menambah gelar Euro. Setelah juara pada tahun 1988, Timnas Belanda tak pernah lagi menjuarai ajang bergengsi. Padahal, mereka cukup sering melaju ke partai final.

Namun sayangnya, mereka kalah di laga final hingga dijuluki spesialis runner-up. Di ajang Euro 2020 nanti, Timnas Belanda telah mengumumkan beberapa nama pemain top. Di antara mereka bahkan cukup banyak yang masih berusia belasan tahun. Berikut daftar pemain termuda yang akan memperkuat Timnas Belanda di Euro 2020.

1. Ryan Gravenberch

6 Pemain Termuda yang akan Memperkuat Timnas Belanda di Euro 2020Ryan Gravenberch (tellerreport.com)

Pemain termuda yang akan memperkuat Timnas Belanda di Euro 2020 adalah Ryan Gravenberch. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini memang menunjukkan performa luar biasa bersama Ajax Amsterdam.

Padahal saat ini ia masih berusia 19 tahun dan telah menjalani debut bersama Timnas Belanda pada 24 Maret 2021 lalu. Usianya yang masih belia membuatnya digadang-gadang bakal menjadi bintang masa depan dan dikabarkan diincar klub-klub elite. Sejauh ini, ia telah mencatatkan 3 caps bersama Timnas Belanda.

2. Jurrien Timber

6 Pemain Termuda yang akan Memperkuat Timnas Belanda di Euro 2020Jurrien Timber (netherlandsnewslive.com)

Pemain kedua ini juga masih berusia 19 tahun dan musim ini juga membela Ajax Amsterdam. Pemain yang dimaksud yaitu Jurrien Timber yang berposisi sebagai bek tengah. Ia menjadi penerus Matthijs de Ligt yang beberapa musim lalu hengkang dari Ajax ke Juventus.

Pemanggilan Timber untuk ajang Euro sebenarnya cukup unik karena sang pemain belum mencatatkan debut bersama Timnas Belanda senior. Namun performa impresif saat mengantarkan Ajax juara Eredivisie membuatnya layak mendapat kesempatan berharga ini.

3. Owen Wijndal

6 Pemain Termuda yang akan Memperkuat Timnas Belanda di Euro 2020Owen Wijndal (twitter.com/FootballOranje_)

Klub-klub Belanda memang sudah dikenal sebagai penghasil pemain muda berkualitas. Selain dari Ajax Amsterdam, AZ Alkmaar juga menyumbangkan pemain mudanya ke Timnas Belanda untuk menghadapi Euro 2020. Pemain tersebut yaitu Owen Wijndal yang saat ini menginjak usia 21 tahun.

Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini telah menjalani debut bersama Timnas Belanda pada 7 Oktober 2020. Setelah laga debut tersebut, Wijndal kerap mendapatkan panggilan timnas dan telah mencatatkan 7 caps hingga saat ini.

Baca Juga: 6 Pemain Top Prancis Tak Dipanggil Euro 2020, Kok Bisa?

4. Matthijs de Ligt

6 Pemain Termuda yang akan Memperkuat Timnas Belanda di Euro 2020Matthijs de Ligt (uefa.com)

Matthijs de Ligt menjadi pemain yang tampaknya akan diandalkan Timnas Belanda untuk mengawal lini belakang. Diusianya yang masih 21 tahun, de Ligt menjelma menjadi bek tangguh khususnya saat membela Ajax Amsterdam hingga diboyong Juventus.

Bersama raksasa Italia itu, de Ligt juga menjadi pilihan utama. Di level internasional, de Ligt juga telah mencatatkan cukup banyak caps untuk pemain seusianya. Sejak menjalani debut pada 25 Maret 2017, de Ligt telah mencatatkan 26 caps dengan torehan 2 gol dan 3 assist.

5. Cody Gakpo

6 Pemain Termuda yang akan Memperkuat Timnas Belanda di Euro 2020Cody Gakpo (uefa.com)

Tak hanya Ajax dan AZ Alkmaar, klub Eredivisie lain yang pemain mudanya dipanggil Timnas Belanda yakni PSV Eindhoven. Salah satu pemainnya yakni Cody Gakpo yang saat ini menginjak usia 22 tahun.

Pemain yang berposisi sebagai penyerang kiri ini belum sekalipun menjalani menit bermain bersama Timnas Belanda. Namun penampilannya bersama PSV musim ini membuatnya diberi kesempatan oleh Frank de Boer untuk memperkuat Timnas Belanda di ajang Euro.

6. Donyell Malen

6 Pemain Termuda yang akan Memperkuat Timnas Belanda di Euro 2020Donyell Malen (goal.com)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Donyell Malen yang juga berasal dari PSV Eindhoven. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini menjadi salah satu komoditas yang paling diburu klub-klub elite saat ini.

Malen tampil mengesankan bersama PSV diusianya yang menginjak 22 tahun. Ia juga telah menjalani debut bersama Timnas Belanda, tepatnya pada 6 September 2019. Namun sejauh ini, ia baru mencatatkan 2 caps bersama timnas senior Belanda.

Pemain-pemain muda tersebut tentunya akan mendapat pengalaman berharga. Mereka akan menjadi andalan Timnas Belanda di masa mendatang.

Baca Juga: Tampil Apik, 5 Pemain Ini Tak Masuk Skuad Timnas Prancis di Euro 2020

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya