5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam AC Milan, Ada Ibrahimovic!

Deretan legenda Rossoneri!

AC Milan merupakan salah satu klub asal Italia yang cukup populer. Hal tersebut tak lepas dari kejayaan yang pernah diraih Milan. Dalam beberapa tahun terakhir, prestasi mereka memang terbilang menurun. Namun, Milan tetap memiliki daya tarik tersendiri bagi para pemain. Sudah cukup banyak legenda sepak bola yang pernah berseragam klub berjuluk Rossoneri ini.

Bahkan, beberapa dari mereka masih bisa mencatatkan menit bermain meskipun sudah tak muda lagi. Untuk saat ini ada Zlatan Ibrahimovic yang menjadi pemain paling senior yang berseragam Milan. Lantas, siapa saja pemain tertua yang pernah berseragam AC Milan? Berikut ulasannya.

1. Alessandro Costacurta

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam AC Milan, Ada Ibrahimovic!acmilaninfo.com

Alessandro Costacurta menjadi pemain tertua yang pernah berseragam AC Milan. Pemain berkebangsaan Italia ini mencatatkan pertandingan terakhir bersama Milan pada 19 Mei 2007 saat menghadapi Udinese. Dalam pertandingan tersebut Costacurta sudah berusia 41 tahun dan 25 hari.

Lebih spesialnya lagi, ia sukses menorehkan gol pada laga terakhirnya. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2007 ini membela Rossoneri sejak tahun 1985. Bek tengah ini mencatatkan 458 pertandingan di Serie A dengan mengemas 3 gol dan 5 assist.

2. Paolo Maldini

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam AC Milan, Ada Ibrahimovic!goal.com

Pemain kedua dalam daftar ini adalah Paolo Maldini. Legenda AC Milan ini mencatatkan pertandingan terakhir bersama Milan saat menghadapi Fiorentina. Pada pertandingan yang digelar 31 Mei 2009 tersebut, usia Maldini sudah menginjak 40 tahun, 11 bulan, dan 5 hari.

AC Milan menjadi satu-satunya klub yang dibela pemain berkebangsaan Italia ini. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2009 itu mencatatkan 647 pertandingan dengan torehan 29 gol dan 28 assist. Bek kiri ini juga mengantarkan Rossoneri menjuarai Serie A sebanyak 7 kali.

Baca Juga: 7 Bek Terbaik AC Milan Sepanjang Masa, Ada Generasi Maldini

3. Marco Storari

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam AC Milan, Ada Ibrahimovic!sempremilan.com

Berikutnya ada Marco Storari yang berposisi sebagai penjaga gawang. Kiper berkebangsaan Italia ini sudah membela AC Milan sejak musim 2007/2008 hingga 2009/2010. Namun, ia lebih banyak dipinjamkan ke klub lain hingga akhirnya sejak musim 2017/2018 ia kembali membela Milan hingga akhir kariernya tahun 2018.

Storari menjalani laga terakhirnya bersama Rossoneri pada 7 Desember 2017 di usia 40 tahun dan 11 bulan. Saat itu Milan berhadapan dengan HNK Rijeka dalam ajang Europa League. Selama menjadi bagian Milan, ia mencatatkan 15 pertandingan dengan catatan 19 kebobolan dan 4 clean sheet.

4. Zlatan Ibrahimovic

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam AC Milan, Ada Ibrahimovic!acmilan.com

Zlatan Ibrahimovic menjadi satu-satunya pemain yang masih aktif berseragam AC Milan hingga saat ini. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini sebenarnya sudah membela banyak klub Serie A. Ia kembali menjadi andalan AC Milan sejak Januari 2020 setelah diboyong dari LA Galaxy.

Laga pada 3 April 2021 sementara menjadi yang terakhir saat menghadapi Sampdoria. Tepatnya saat itu usia Ibra adalah 39 tahun dan 6 bulan. Hingga saat ini, pemain 39 tahun tersebut telah membela Milan dalam 129 pertandingan sepanjang kariernya. Ibrahimovic telah mencatatkan 84 gol dan 31 assist dari penampilannya tersebut.

5. Filippo Inzaghi

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam AC Milan, Ada Ibrahimovic!uefa.com

Pemain kelima dalam daftar ini adalah Filippo Inzaghi yang juga menjadi salah satu legenda AC Milan. Striker asal Italia ini berlabuh di San Siro pada musim 2001/2002. Ia berseragam Milan hingga akhir kariernya pada tahun 2012. Pada 13 Mei 2013, ia menjalani laga terakhir bersama Milan sekaligus dalam kariernya.

Dalam laga menghadapi Novara tersebut, ia sudah berusia 38 tahun, 9 bulan, dan 4 hari. Bersama Rossoneri, Inzaghi mencatatkan 300 pertandingan di semua kompetisi. Dari penampilannya tersebut, ia menorehkan 126 gol dan 24 assist. Kompetisi Serie A hingga Liga Champions pernah ia raih bersama Milan.

 

Itulah lima pemain tertua yang pernah berseragam AC Milan. Zlatan Ibrahimovic tentu saja sangat berpeluang memecahkan rekor Costacurta.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut AC Milan, Inzaghi Salah Satunya

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya