5 Pemain Tertua Belanda di Piala Dunia 2022, Ada Virgil van Dijk

Remko Pasveer jadi yang tertua

Piala Dunia 2022 Qatar tinggal menghitung hari menuju sepak mula perdana. Tim-tim peserta mempersiapkan diri dengan mengumumkan skuad yang akan berlaga. Salah satunya Timnas Belanda yang telah menentukan nama-nama pemain yang berangkat ke Qatar.

Berstatus sebagai salah satu negara top Eropa membuat Timnas Belanda sangat serius menghadapi Piala Dunia kali ini. Mereka tentu saja berhasrat meraih trofi Piala Dunia perdana dengan memanggil pemain-pemain terbaik.

Di antara nama-nama yang dipersiapkan untuk Piala Dunia 2022 nanti, ada beberapa pemain senior yang masuk Timnas Belanda. Salah satunya Virgil van Dijk.

Bersama Van Dijk, berikut pemain tertua Belanda di Piala Dunia 2022.

1. Remko Pasveer

5 Pemain Tertua Belanda di Piala Dunia 2022, Ada Virgil van DijkRemko Pasveer (uefa.com)

Pemain tertua yang akan memperkuat Timnas Belanda di Piala Dunia 2022 adalah Remko Pasveer. Pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang itu terbilang telat panas di level internasional.

Saat ini, pemain kelahiran 8 November 1983 itu membela klub Eredivisie, Ajax Amsterdam. Meskipun sudah berusia 39 tahun, Pasveer tetap jadi andalan Ajax pada 2022/2023 ini.

Pemain bertinggi 187 cm ini sendiri pertama kali membela Timnas Belanda pada 22 September 2022. Ia pun menjadi debutan tertua dalam sejarah Belanda. Secara total, Pasveer baru mencatatkan dua caps bersama Negeri Kincir Angin.

2. Daley Blind

5 Pemain Tertua Belanda di Piala Dunia 2022, Ada Virgil van DijkDaley Blind (twitter.com/BlindDaley)

Masih dari lini pertahanan, pemain senior lainnya yang akan memperkuat Timnas Belanda ada Daley Blind. Pemain yang saat ini berusia 32 tahun itu terus menjadi andalan utama di lini belakang, tepatnya sebagai bek kiri.

Di level klub, Blind juga menjadi pilar utama Ajax Amsterdam meskipun usianya sudah tak muda lagi. Mantan pemain Manchester United ini sendiri sudah menjalani debut bersama Timnas Belanda pada 6 Februari 2013.

Hingga saat ini, Blind mencatatkan 94 caps dengan catatan 2 gol dan 13 assist. Kemungkinan besar, Blind akan menjadi andalan Louis van Gaal di Piala Dunia 2022 nanti.

Baca Juga: Remko Pasveer, Kiper Debutan Tertua Timnas Belanda pada 2022

3. Luuk de Jong

5 Pemain Tertua Belanda di Piala Dunia 2022, Ada Virgil van DijkLuuk de Jong (twitter.com/EURO2024)

Luuk de Jong menjadi salah satu pemain senior yang juga langganan Timnas Belanda. Pemain yang kini berusia 32 tahun itu beberapa kali menunjukkan aksi luar biasa di lini depan PSV Eindhoven pada 2022/2023 ini.

Meskipun menit bermainnya mulai berkurang, De Jong masih menjadi salah satu penyerang yang tajam. Memiliki fisik yang sangat menunjang untuk seorang penyerang tengah, ia kemungkinan akan menjadi pemain penting di lini depan De Oranje.

Telah menjalani debut pada 9 Februari 2011, mantan pemain Barcelona ini mencatatkan 38 caps bersama Timnas Belanda. Sebagai seorang penyerang, ia menorehkan 8 gol dan 1 assist.

4. Virgil van Dijk

5 Pemain Tertua Belanda di Piala Dunia 2022, Ada Virgil van DijkVirgil van Dijk (uefa.com)

Virgil van Dijk menjadi salah satu pilar penting yang dimiliki Timnas Belanda. Ketenangannya di lini belakang memungkinkan ia ditunjuk sebagai kapten De Oranje di Piala Dunia 2022 nanti.

Sempat tampil angin-anginan bersama Liverpool pada awal musim ini, Van Dijk perlahan menunjukkan kualitasnya. Ia pun bangkit bersama The Reds dan kembali layak mendapat panggilan Timnas Belanda untuk Piala Dunia. 

Telah menjalani debut pada 10 2015, Van Dijk sudah mencatatkan 49 caps bersama Negeri Kincir Angin. Patut kita nantikan kiprah pemain 31 tahun ini bersama Timnas Belanda di Piala Dunia 2022 nanti.

5. Marten de Roon

5 Pemain Tertua Belanda di Piala Dunia 2022, Ada Virgil van DijkMarten de Roon (twitter.com/Dirono)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Martin de Roon yang berposisi sebagai gelandang. Pemain berusia 31 tahun itu saat ini masih berseragam Atalanta. Setelah sempat gagal mencoba peruntungan di Inggris bersama Middlesbrough, De Roon mulai menemukan sentuhnya di Atalanta.

Pemain berposisi gelandang ini sendiri menjadi salah satu pemain yang kerap mendapat panggilan Timnas Belanda setelah menjalani debut pada 13 November 2016. Hingga saat ini, ia telah mencatatkan 30 caps bersama Timnas Belanda. 

Patut kita nantikan kontribusi pemain-pemain senior ini untuk Timnas Belanda di Piala Dunia 2022 Qatar. Dengan pengalaman yang dimiliki, pemain-pemain ini diharapkan bisa berkolaborasi dengan para pemain muda.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Perkuat Timnas Portugal di Piala Dunia 2022

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya