Comscore Tracker

Remko Pasveer, Kiper Debutan Tertua Timnas Belanda pada 2022

Debut pada usia yang ke-38 tahun

Ada hal lain yang cukup menyita perhatian dari Tim Nasional Belanda pada 2022 ini selain performa mereka yang makin apik. Belanda memberi kejutan dengan memanggil pemain yang tak biasa, yaitu Remko Pasveer.

Pasveer merupakan kiper senior yang membela Ajax Amsterdam pada 2022/2023 ini. Keputusan De Oranje memanggilnya tentu menarik perhatian tersendiri. Bukan tanpa alasan, umur sang kiper kini telah memasuki angka 38 tahun.

Hal tersebut menjadikan Pasveer sebagai kiper debutan tertua di Timnas Belanda pada 2022. Yuk, simak lebih dalam beberapa fakta menariknya!

1. Namanya mencuat pertama kali bersama PSV Eindhoven

Remko Pasveer, Kiper Debutan Tertua Timnas Belanda pada 2022Remko Pasveer (twitter.com/PSV)

Remko Pasveer merupakan kiper senior berkebangsaan Belanda yang lahir pada 8 November 1983. Nama kiper berusia 38 tahun itu pertama kali mencuat kala berseragam PSV Eindhoven.

Hal tersebut tak terlepas dari banyaknya gelar juara yang diperoleh Pasveer bersama salah satu tim raksasa Belanda itu. Ada empat gelar juara domestik yang telah mereka peroleh bersama.

Bersama PSV, Pasveer pernah meraih dua gelar juara Liga Belanda pada 2014/2015 dan 2015/2016. Mereka juga telah meraih dua gelar juara Piala Super Belanda pada 2016 dan 2017.

2. Sukses bersama Ajax Amsterdam pada 2021/2022

Remko Pasveer, Kiper Debutan Tertua Timnas Belanda pada 2022Remko Pasveer (instagram.com/afcajax)

Catatan luar biasa Remko Pasver berlanjut pada 2021/2022 lalu dengan klub yang berbeda. Ia kembali meraih kesuksesan di Belanda bersama Ajax Amsterdam.

Pasveer meraih kesuksesan tersebut kala tampil pada musim pertamanya bersama Ajax. Satu gelar juara Liga Belanda telah berhasil mereka peroleh musim lalu. Perlu diketahui bahwa Pasveer mulai berseragam Ajax sejak 1 Juli 2021. 

Baca Juga: 5 Opsi Kiper Ketiga Timnas Jerman pada Piala Dunia 2022

3. Debutan kiper tertua Timnas Belanda pada 2022

Remko Pasveer, Kiper Debutan Tertua Timnas Belanda pada 2022Remko Pasveer (editorial.uefa.com)

Melihat catatan luar biasa Remko Pasveer bersama Ajax Amsterdam pada 2021/2022 lalu membuat Tim Nasional Belanda mulai tertarik. Benar saja, akhirnya De Oranje secara resmi telah merekrutnya ke dalam skuad mereka pada 2022 ini.

Bukan tanpa alasan, Belanda merekrut Pasveer demi memperbaiki masalah yang ada saat ini. De Oranje merasa bahwa posisi di bawah mistar gawang mereka masih memiliki kekurangan.

Hal tersebut dapat dibuktikan pada statistik jumlah kebobolan Belanda di UEFA Nations League 2022. Dalam 6 laga terakhirnya di fase grup, mereka telah kebobolan sebanyak 6 gol dari lawan-lawannya.

4. Mencetak dua clean sheet bersama Timnas Belanda

Remko Pasveer, Kiper Debutan Tertua Timnas Belanda pada 2022Remko Pasveer (instagram.com/afcajax)

Hasil manis telah Remko Pasveer rasakan pada laga debutnya bersama Timnas Belanda di UEFA Nations League 2022. Ia telah mencatatkan dua kemenangan sekaligus bagi negaranya. 

Hal tersebut Pasveer lakukan kala De Oranje meraih kemenangan saat berhadapan dengan Polandia dan Belgia di babak fase grup. Ia sukses tampil penuh dalam 2 laga itu dengan catatan 180 menit bermain. 

Lebih menarik karena Pasveer sukses mencatatkan 2 clean sheet dalam 2 laga perdananya bersama Belanda. Itu membuktikan bahwa ia memang layak kala dipercaya untuk membela negaranya.

5. Berpeluang membawa Belanda juara UEFA Nations League 2022

Remko Pasveer, Kiper Debutan Tertua Timnas Belanda pada 2022Remko Pasveer (editorial.uefa.com)

Catatan luar biasa Timnas Belanda di UEFA Nations League 2022 ini merupakan obat bagi penggemar sepak bola Belanda. Bukan tanpa alasan, catatan apik itu membayar kegagalan mereka yang sempat absen di Piala Dunia 2018 Rusia.

Kali ini, De Oranje tampil sangat luar biasa dalam enam laga terakhirnya di fase grup ajang 2 tahunan tersebut. Mereka berhasil menjadi juara grup kelompok empat grup A. Raihan 16 poin telah sukses mereka raih sejauh ini dengan catatan 5 laga menang dan 1 seri.

Menarik sekali melihat keberadaan Remko Pasveer di skuad Timnas Belanda yang mengikuti ajang UEFA Nations League 2022. Kita dapat mengambil pelajaran darinya bahwa umur yang sudah terlampau tua bukan menjadi alasan untuk terus meraih impian.

Baca Juga: Selain Donnarumma, 5 Kiper Italia yang Pernah Main di Ligue 1 Prancis

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya