5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Manchester City, Para Veteran!

Banyak kiper ternama!

Manchester City menjelma tim raksasa di kompetisi domestik, khususnya dalam sepuluh tahun terakhir. Hal tersebut tak terlepas dari pemilik baru, yakni taipan asal Uni Emirat Arab, Syeikh Mansour, yang kerap memboyong pemain bintang. Nama-nama seperti Kevin De Bruyne, Sergio Aguero, hingga pelatih Pep Guardiola didatangkan ke Etihad Stadium.

Saat ini mereka pun lebih memilih mengandalkan pemain yang berada di puncak karier. Jarang sekali pemain yang sudah cukup senior menjadi andalan. Meskipun demikian, ada beberapa pemain senior yang pernah mencatatkan menit bermain dalam sejarah The Cityzens. Berikut daftar pemain tertua yang pernah berseragam Manchester City.

1. John Burridge

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Manchester City, Para Veteran!mancity.com

Pemain tertua yang pernah berseragam Manchester City adalah John Burridge. Kiper berkebangsaan Inggris ini juga menjadi pemain tertua yang pernah berlaga di Premier League.

Momen penting tersebut terjadi pada 14 Mei 1995. Ia membela City saat menghadapi Queens Park Rangers. Dalam pertandingan tersebut, Burridge telah menginjak usia 43 tahun, 5 bulan, dan 11 hari. Membela City hanya pada musim 1994/1995, ia mencatatkan 4 pertandingan dengan catatan 5 kebobolan dan 1 clean sheet.

2. David Seaman

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Manchester City, Para Veteran!goal.com

Pemain kedua ini juga masih dari posisi penjaga gawang. David Seaman menjadi pemain berikutnya yang berseragam Manchester City saat usianya sudah tak muda lagi. Kiper yang juga berasal dari Inggris itu membela The Cityzens semusim sebelum gantung sepatu pada tahun 2004.

Pertandingan terakhirnya terjadi dalam laga menghadapi Portsmouth di Premier League. Pada pertandingan yang digelar 10 Januari 2004 itu, Seaman sudah berusia 40 tahun, 3 bulan, dan 22 hari. Selama semusim, Seaman membela City dalam 26 pertandingan dengan catatan 29 kebobolan dan 9 clean sheet.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Arsenal, Jens Lehmann Teratas!

3. Stuart Pearce

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Manchester City, Para Veteran!manchestereveningnews.co.uk

Pemain ketiga dalam daftar ini adalah Stuart Pearce yang berposisi sebagai bek kiri. Pemain yang berasal dari Inggris ini juga hanya membela Manchester City selama semusim, tepatnya pada musim 2001/2002 sebelum gantung sepatu di akhir musim.

Pemain yang pernah membela beberapa klub Inggris lain itu menjalani laga terakhir bersama City pada 21 April 2002. Dalam laga menghadapi Portsmouth itu, ia sudah berusia 39 tahun, 11 bulan, dan 28 hari. Selama bersama The Cityzens, ia tampil dalam 40 laga dengan torehan 3 gol.

4. Peter Schmeichel

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Manchester City, Para Veteran!bleacherreport.com/Ben Radford/Getty Images

Pemain tertua keempat yang berseragam Manchester City adalah Peter Schmeichel. Kiper berkebangsaan Denmark ini cukup lama berseragam Manchester United sebelum akhirnya bergabung dengan Manchester City di penghujung kariernya.

Terakhir kali Schmeichel tampil bersama The Cityzens di Premier League adalah saat menghadapi Southampton. Pada pertandingan yang digelar 11 Mei 2003 tersebut, ia telah berusia 39 tahun, 5 bulan, dan 23 hari. Satu musim berseragam City, Schmeichel mencatatkan 31 penampilan dengan catatan 41 kebobolan dan 9 clean sheet.

5. Tony Book

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Manchester City, Para Veteran!telegraph.co.uk

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Tony Book yang bukan berposisi sebagai penjaga gawang. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini terbilang lama berseragam Manchester City. Bergabung pada musim 1966/1967, ia membela City hingga akhir kariernya tahun 1974.

Pemain yang juga berasal dari Inggris itu menjalani laga terakhir bersama The Cityzens pada 22 September 1973. Dalam laga menghadapi Chelsea itu, ia sudah berusia 39 tahun dan 18 hari. Selama bersama biru Manchester, ia tampil dalam 91 laga dengan torehan 2 gol.

 

Itulah lima pemain tertua yang pernah berseragam Manchester City. Para pemain tersebut menjadi membela City sebelum masa kejayaan saat ini.

Baca Juga: 5 Pemain yang Dikabarkan Akan Hengkang dari Manchester City

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya