Beragam Alasan, 5 Pemain Top Ini Gagal Bersinar Bersama Klub Barunya

Mereka salah memilih klub, dan di waktu yang kurang tepat 

Penting bagi para pemain untuk memilih waktu yang tepat untuk meninggalkan klub mereka ke klub baru. Daya tarik bermain untuk klub papan atas, kesempatan untuk memenangkan trofi dan tawaran gaji yang menggiurkan memang menggoda. Tetapi langkah yang salah dapat menggagalkan karier mereka.

Beberapa pemain terbaik di dunia telah membuat kesalahan dengan memilih klub yang salah pada waktu yang salah. Itu menyebabkan penurunan kualitas mereka, karena mereka gagal bersinar di klub baru.

Ada berbagai alasan mengapa pindah ke klub lain mungkin tidak berhasil bagi pemain. Berikut daftar pemain top yang gagal bersinar bersama klub barunya. 

1. Henrikh Mkhitaryan (Borussia Dortmund ke Manchester United)

Beragam Alasan, 5 Pemain Top Ini Gagal Bersinar Bersama Klub BarunyaHenrikh Mkhitaryan (bleacherreport.com/Catherine Ivill)

Bursa transfer musim panas pertama Jose Mourinho di Manchester United berhasil mendatangkan beberapa pemain, salah satunya ada Henrikh Mkhitaryan. Ia digadang-gadang sebagai perekrutan penting karena tampil menawan saat berseragam Borussia Dortmund.

Pemain berkebangsaan Armenia itu telah menikmati musim yang indah di Dortmund tetapi tak memberikan banyak kontribusi untuk Setan Merah. Penyerang itu membuat 63 penampilan bersama United, mencetak 13 gol dan 11 assists.

Dia kemudian ditukar dengan Alexis Sanchez dari Arsenal pada Januari 2018. Pemain berusia 32 tahun itu saat ini bermain untuk klub Serie A, AS Roma.

2. Shinji Kagawa (Borussia Dortmund ke Manchester United)

Beragam Alasan, 5 Pemain Top Ini Gagal Bersinar Bersama Klub BarunyaShinji Kagawa (goal.com)

Sebelum Henrikh Mkhitaryan, Shinji Kagawa lebih dulu pindah dari Borussia Dortmund ke Manchester United, tepatnya pada tahun 2012. Sama seperti Mkhitaryan, Kagawa adalah seorang gelandang kreatif yang bersinar di Dortmund sebelum pindah ke Old Trafford.

Tetapi pemain berkebangsaan Jepang itu jarang tampil untuk United selama dua musim. Dia membuat 57 penampilan, mencetak 6 gol dan 10 assists. Kagawa kembali ke Dortmund pada 2014, di mana ia menghabiskan 4,5 musim lagi. Pemain berusia 32 tahun, yang kemudian bermain untuk klub seperti Besiktas dan Real Zaragoza, saat ini membela klub Yunani, PAOK.

Baca Juga: 5 Pemain yang Gagal Tampil Apik pada Musim Debutnya di Premier League

3. Mario Gotze (Borussia Dortmund ke Bayern Munich)

Beragam Alasan, 5 Pemain Top Ini Gagal Bersinar Bersama Klub BarunyaMario Gotze (skysports.com)

Banyak pemain berbakat yang bisa berkembang di Borussia Dortmund. Mario Gotze dinilai sebagai pemain bintang masa depan Jerman. Produk akademi Dortmund itu menjadi salah satu pemain terbaik klub antara 2010 hingga 2013. Hal itu membuat Bayern Munchen memboyong Gotze pada 2013.

Namun, Gotze harus berjuang di Bayern Munchen dan tidak menikmati kariernya. Salah satu momen terbaik dalam karier Gotze adalah mencetak satu-satunya gol di final Piala Dunia FIFA 2014 melawan Argentina. Pemain berusia 29 tahun itu kembali ke Dortmund pada 2016, dan saat ini bermain untuk klub Eredivisie, PSV Eindhoven.

4. Angel Di Maria (Real Madrid ke Manchester United)

Beragam Alasan, 5 Pemain Top Ini Gagal Bersinar Bersama Klub BarunyaAngel Di Maria (premierleague.com)

Sebuah kejutan saat Angel Di Maria bergabung dengan Manchester United dari Real Madrid pada tahun 2014. Setan Merah sangat ingin membuat dampak di bursa transfer setelah musim 2013/14 yang buruk. Jadi, perekrutan pemain berkebangsaan Argentina itu dilihat sebagai pernyataan tegas.

Pemain sayap ini menikmati awal yang baik di United, tetapi tidak menikmati hubungan terbaik dengan pelatih Louis van Gaal. Cedera dan performa buruk membuat Di Maria dikeluarkan dari tempat utama.

Dia dinobatkan sebagai salah satu perekrutan terburuk United. Semusim kemudian, Di Maria bergabung dengan Paris Saint-Germain, di mana ia menemukan kembali sentuhannya.

5. Philippe Coutinho (Liverpool ke Barcelona)

Beragam Alasan, 5 Pemain Top Ini Gagal Bersinar Bersama Klub BarunyaPhilippe Coutinho (fcbarcelona.com)

Philippe Coutinho bergabung dengan Barcelona setelah tampil gemilang bersama Liverpool pada Januari 2018. Blaugrana ingin memperkuat barisan lini depan setelah menjual Neymar. Namun, itu akan terbukti menjadi keputusan yang buruk bagi klub dan pemain. Coutinho tidak pernah bersinar di Barcelona, ​​meskipun bakatnya tak diragukan lagi.

Pemain berkebangsaan Brasil itu tidak cocok secara taktik di Barca. Mendapat kritik tajam, Coutinho bergabung dengan Bayern Munchen dengan status pinjaman pada 2019. Setelah kembali, ia pun belum mampu bersinar dan kemungkinan akan meninggalkan Camp Nou musim panas ini.

 

Pindah ke tim yang baru memang bukan perkara yang mudah. Butuh adaptasi dengan taktik dan suasana baru. Selain pemain-pemain dalam daftar ini, siapa menurut kamu pemain top lainnya yang juga bernasib serupa?

Baca Juga: 5 Transfer Pemain yang Gagal Terwujud Akibat Tes Medis, Siapa Saja?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya