5 Pembelian Termahal Jose Mourinho selama Membesut AS Roma

Mourinho baru saja dipecat AS Roma

Jose Mourinho kembali menganggur setelah dirinya berpisah dengan AS Roma. Hal itu tak lepas dari hasil buruk yang mereka raih pada 2023/2024 ini. Posisinya di AS Roma kini digantikan Daniele De Rossi.

Mourinho pribadi ditunjuk sebagai pelatih I Giallorossi pada Juni 2021. Pelatih asal Portugal itu sempat membawa AS Roma bersaing di kancah Eropa. Ia sukses mempersembahkan gelar UEFA Europa Conference League pada 2021/2022.

Kesuksesan tersebut tentu saja berkat para pemain andalan Mourinho. Beberapa dari mereka baru bergabung dengan AS Roma saat ditangani Mourinho. Berikut lima pembelian termahal Jose Mourinho di AS Roma.

1. Tammy Abraham menjadi yang termahal dengan harga 41 juta euro

5 Pembelian Termahal Jose Mourinho selama Membesut AS RomaTammy Abraham (asroma.com)

Pemain termahal yang diboyong Jose Mourinho di AS Roma adalah Tammy Abraham. Ia merupakan penyerang asal Inggris yang sebelumnya membela Chelsea. Pemain 26 tahun itu bergabung dengan I Giallorossi pada awal 2021/2022.

Untuk merekrutnya, AS Roma mengeluarkan dana sebesar 41 juta euro atau setara dengan Rp695 miliar. Ia pun langsung menjadi andalan Mourinho di lini depan I Giallorossi. Hingga saat ini, Abraham tampil dalam 107 pertandingan dengan torehan 36 gol dan 12 assist.

2. Marash Kumbulla diboyong dari Hellas Verona dengan harga 26,5 juta euro

5 Pembelian Termahal Jose Mourinho selama Membesut AS RomaMarash Kumbulla berseragam AS Roma. (asroma.com)

Berikutnya ada pemain yang berposisi sebagai bek tengah, yakni Marash Kumbulla. Ia diboyong AS Roma dari Hellas Verona pada awal 2021/2022. Kala itu, nilai transfernya mencapai 26,5 juta euro atau setara dengan Rp450 miliar.

Sempat menjadi andalan, pemain asal Albania itu harus absen lama karena cedera. Di bawah asuhan Mourinho, Kumbulla main dalam 68 pertandingan. Masih 23 tahun, ia diharapkan bisa menjadi andalan AS Roma pada masa mendatang.

Baca Juga: 7 Kekalahan AS Roma di Serie A 2023/2024, Bikin Mourinho Dipecat!

3. Eldor Shomurodov direkrut dari Genoa dengan mahar senilai 18 juta euro

5 Pembelian Termahal Jose Mourinho selama Membesut AS RomaEldor Shomurodov saat membela AS Roma. (asroma.com)

Pada awal kedatangannya, Jose Mourinho mendatangkan cukup banyak pemain ke AS Roma. Salah satunya yaitu Eldor Shomurodov. Ia merupakan pemain asal Uzbekistan yang berposisi sebagai penyerang.

Shomurodov diboyong AS Roma dari Genoa dengan mahar senilai 18 juta euro atau setara dengan Rp305 miliar. Sayangnya, ia belum mampu bersaing dan kini tengah dipinjamkan ke Cagliari. Selama berseragam I Giallorossi, ia tampil dalam 48 pertandingan dengan catatan 6 gol dan 6 assist.

4. Matias Vina didatangkan dari Palmeiras dengan harga 13 juta euro

5 Pembelian Termahal Jose Mourinho selama Membesut AS RomaMatias Vina saat diperkenalkan AS Roma. (asroma.com)

Berikutnya ada Matias Vina yang berposisi sebagai bek kiri. Pemain asal Uruguay itu diboyong Jose Mourinho ke AS Roma dari Palmeiras pada awal 2021/2022. Untuk merekrutnya, I Giallorossi mengeluarkan dana sebesar 13 juta euro atau setara dengan Rp220 miliar.

Sama seperti Shomurodov, Vina juga kalah bersaing di AS Roma. Ia sempat dipinjamkan ke Bournemouth dan kini dipinjamkan ke Sassuolo. Bersama I Giallorossi, pemain 26 tahun itu memainkan 48 pertandingan di semua kompetisi.

5. Roger Ibanez dipermanenkan AS Roma dengan harga 12 juta euro

5 Pembelian Termahal Jose Mourinho selama Membesut AS RomaRoger Ibanez saat berseragam AS Roma. (asroma.com)

Pemain termahal kelima yang diboyong AS Roma era Jose Mourinho adalah Roger Ibanez. Sebelum dipermanenkan pada awal 2021/2022, ia sudah dipinjam AS Roma dari Atalanta pada musim sebelumnya. Kala itu, I Giallorossi mengeluarkan dana sebesar 12 juta euro atau setara dengan Rp203 miliar.

Sayangnya, bek tengah asal Brasil itu sudah tak lagi membela AS Roma. Pemain 25 tahun itu dijual AS Roma ke klub Arab Saudi, Al Ahli, pada 2023/2024 ini. Sebelum hengkang, Ibanez membela AS Roma dalam 149 pertandingan.

Jose Mourinho sebenarnya tak terlalu boros selama membesut AS Roma. Ia lebih banyak mendatangkan pemain dengan status pinjaman dan yang bebas transfer. Kira-kira, kemana Mourinho akan melatih selanjutnya?

Baca Juga: 6 Pemain AS Roma yang Meroket selama Dilatih Jose Mourinho

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya