Berpisah, Ini Pencapaian Zidane Selama Tangani Real Madrid

Zinedine Zidane mundur dari kursi kepelatihan El Real

Zinedine Zidane telah resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih Real Madrid. Ia sebenarnya masih menyisakan kontrak satu musim lagi bersama raksasa Spanyol tersebut. Zidane sendiri telah dipercaya menukangi El Real sejak Januari 2016. Sempat mundur pada akhir musim 2017/18, ia kembali menangani Los Blancos sejak Maret 2019.

Prestasi pelatih asal Prancis itu terbilang sangat mentereng meskipun pada musim ini gagal meraih trofi. Setidaknya ada 11 trofi yang ia raih selama menukangi Madrid. Padahal, Real Madrid adalah klub pertama yang ia asuh sebagai seorang pelatih. Lantas apa saja pencapaian Zinedine Zidane selama menangani Real Madrid? Berikut ulasannya.

1. Catatan pertandingan Zidane selama menukangi El Real

Berpisah, Ini Pencapaian Zidane Selama Tangani Real MadridZinedine Zidane (goal.com)

Jika dihitung secara total, Zinedine Zidane menukangi Real Madrid selama kurang lebih 4 tahun 6 bulan. Dalam kurun waktu tersebut, Zidane memimpin skuat Los Blancos dalam 263 pertandingan. Rinciannya yaitu 149 pertandingan di periode pertama dan 114 di periode kedua.

Pada periode pertama, Zidane memang cukup beruntung karena bisa mengandalkan pemain-pemain bintang layaknya Cristiano Ronaldo. Ia pun meraih hasil 105 kemenangan, 28 imbang dan 16 kekalahan dari 149 pertandingan. Sementara di periode kedua, Ronaldo telah hengkang dan pada musim ini, ia tak melakukan belanja pemain. Zidane meraih hasil 69 kemenangan, 25 imbang dan 20 kekalahan.

2. Juara Liga Champions tiga kali beruntun

Berpisah, Ini Pencapaian Zidane Selama Tangani Real MadridZinedine Zidane (uefa.com)

Liga Champions menjadi ajang paling bergengsi di Eropa bahkan dunia. Di situlah tim-tim terbaik perwakilan dari negara-negara top Eropa bertemu. El Real sendiri sudah menjadi langganan perwakilan dari Spanyol. Hampir setiap musim Real Madrid tak pernah absen dari ajang tersebut.

Kiprah mereka di ajang tersebut juga sangat mentereng. El Real menjadi tim tersukses dengan torehan 13 gelar. Dari 13 gelar tersebut, 3 di antaranya merupakan capaian Zinedine Zidane. Bahkan, ia sukses mencapainya dalam kurun waktu tiga musim beruntun, yakni musim 2015/16, 2016/17, dan 2017/18.

Baca Juga: [BREAKING] Real Madrid Resmi Lepas Zinedine Zidane

3. Dua kali berjaya di LaLiga

Berpisah, Ini Pencapaian Zidane Selama Tangani Real MadridZinedine Zidane (forbes.com)

LaLiga menjadi trofi yang paling banyak diraih Real Madrid sepanjang sejarah. Total, El Real telah mengoleksi 34 trofi LaLiga. Torehan tersebut menjadikan Real Madrid sebagai tim tersukses di ajang La Liga mengungguli rival abadinya, Barcelona, dengan 26 gelar.

Dari 34 trofi tersebut, dua di antaranya dicapai El Real di bawah kepemimpinan Zinedine Zidane. Ia berhasil mempersembahkan dua gelar La Liga di musim 2016/17 dan 2019/20. Sementara pada musim ini, Los Blancos harus puas diurutan kedua di bawah Atletico Madrid.

4. Meraih trofi di tiga turnamen lainnya

Berpisah, Ini Pencapaian Zidane Selama Tangani Real MadridZinedine Zidane (realmadrid.com)

Zinedine Zidane menjadi pelatih yang bermental juara. Ia berhasil meraih trofi hampir di setiap kompetisi yang diikuti. Selain Liga Champions dan LaLiga, Zidane juga mengantarkan El Real menjuarai UEFA Super Cup, Supercup Spanyol dan Piala Dunia Antarklub. Copa del Rey menjadi satu-satunya ajang yang tak mampu diraih Zidane selama menukangi El Real.

Di ajang UEFA Super Cup, El Real sukses meraihnya sebanyak dua kali di tahun 2016 dan 2017. Los Blancos juga sukses meraih 2 gelar Supercup Spanyol. Dua gelar tersebut ditorehkan pada tahun 2017 dan 2019. Sementara di ajang Piala Dunia Antarklub, Zidane juga meraih dua trofi. Dua gelar yang dicapai Zidane terjadi pada tahun 2016 dan 2017.

5. Dinobatkan sebagai pelatih terbaik di dunia

Berpisah, Ini Pencapaian Zidane Selama Tangani Real MadridZinedine Zidane (en.as.com)

Tak hanya meraih kesuksesan bersama tim, Zinedine Zidane juga meraih beberapa penghargaan pribadi. Pelatih berkebangsaan Prancis itu telah dua kali dinobatkan sebagai pelatih terbaik di dunia.

Penghargaan pertama ia raih oada tahun 2017, di mana saat itu, ia berhasil membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions serta LaLiga. Pada musim berikutnya, ia juga menyabet gelar serupa setelah membawa Los Blancos juara Liga Champions tiga musim beruntun.

Zinedine Zidane telah mundur dari kursi kepelatihan Real Madrid untuk kedua kalinya. Namun tak menutup kemungkinan sang juru taktik akan kembali menukangi Los Blancos. Kira-kira, siapa sosok yang layak menggantikan Zidane sebagai pelatih Real Madrid?

Baca Juga: Zidane Tinggalkan Real Madrid dengan Sederet Tinta Emas

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya