10 Pencetak Gol Terbanyak Serie A Sejak Era 90an, Bertabur Bintang!

Adakah pemain jagoanmu?

Serie A merupakan salah satu liga top di Eropa yang tak kalah bergengsi dibanding kompetisi lain. Kasta teratas liga Italia ini disebut-sebut mencapai puncak kejayaan pada era 90an hingga awal 2000an. Saat itu banyak bintang dunia yang bermain di Serie A dan kini juga masih cukup banyak. Dari banyaknya pemain berkualitas yang berlaga di Serie A, ada beberapa yang cetak cukup banyak gol.

Filippo Inzaghi hingga Alessandro Del Piero menjadi nama bintang yang lahir di Serie A. Tak hanya kedua pemain tersebut, hingga kini juga cukup banyak pemain yang catatkan gol tak sedikit di Serie A. Berikut kami sajikan daftar pencetak gol terbanyak Serie A sejak era 90an.

1. Francesco Totti - 250 gol

10 Pencetak Gol Terbanyak Serie A Sejak Era 90an, Bertabur Bintang!instagram.com/francescototti

Pencetak gol terbanyak Serie A sejak era 90an adalah Francisco Totti. Membela AS Roma sejak ia memulai karier profesional hingga akhir kariernya, membuat Totti menjadi pemain dengan gol terbanyak di Serie A. Pemain asal Italia ini telah mencetak 250 gol dari 618 pertandingan di Serie A. Mengawali karier pada tahun 1993, Totti gantung sepatu pada tahun 2017.

2. Antonio Di Natale - 210 gol

10 Pencetak Gol Terbanyak Serie A Sejak Era 90an, Bertabur Bintang!goal.com

Antonio Di Natale sempat menjadi pemain yang cukup produktif di Serie A. Pemain Italia ini ini bermain di Serie A bersama 2 tim berbeda, yakni Empoli dan Udinese. Menjalani 445 pertandingan di Serie A, Di Natale sukses mencatatkan 210 gol bersama kedua tersebut. Striker yang satu ini telah mengakhiri kariernya pada tahun 2016.

3. Alberto Gilardino - 189 gol

10 Pencetak Gol Terbanyak Serie A Sejak Era 90an, Bertabur Bintang!goal.com

Pemain asli Italia lainnya yakni Alberto Gilardino juga tak kalah tajam dalam ajang Serie A. Total ada 8 klub Serie A yang pernah dibela Gilardino sepanjang kariernya. Di antaranya ada Palermo, Fiorentina hingga AC Milan. Pemain yang pensiun pada Februari 2018 lalu tersebut telah mencetak 189 gol dari 518 pertandingan di Serie A.

4.  Giuseppe Signori - 189 gol

10 Pencetak Gol Terbanyak Serie A Sejak Era 90an, Bertabur Bintang!goal.com

Giuseppe Signori menjadi pemain Italia yang cukup lama membela klub Serie A. Diajang Serie A, Signori sukses mencatatkan 189 gol dari 346 pertandingan. Jumlah tersebut ia torehkan bersama empat tim berbeda, yakni Foggia, Lazio, Sampdoria dan Bologna. Sosok yang kini berusia 39 tahun tersebut telah memutuskan gantung sepatu pada tahun 2006. 

5. Alessandro Del Piero - 188 gol

10 Pencetak Gol Terbanyak Serie A Sejak Era 90an, Bertabur Bintang!skysports.com

Alessandro Del Piero menjadi salah satu legenda yang dimiliki Juventus. Pemain asal Italia ini telah menjadi andalan di lini depan Juve sejak musim 1993/1994 hingga 2011/2012. Dari 478 pertandingan Serie A yang dijalani, Del Piero telah mencetak 188 gol. Si Nyonya Tua menjadi satu-satunya klub Serie A yang pernah dibela pemain yang gantung sepatu pada tahun 2015 ini.

Baca Juga: 5 Pemain yang Catatkan Penampilan Terbanyak dalam Sejarah Serie A 

6. Gabriel Batistuta - 183 gol

10 Pencetak Gol Terbanyak Serie A Sejak Era 90an, Bertabur Bintang!goal.com

Gabriel Batistuta menjadi satu-satunya pemain non-Italia dalam daftar ini yang cetak cukup banyak gol di Serie A. Pemain asal Argentina tersebut sukses menorehkan 183 gol dari 318 pertandingan Serie A sejak era 90an. Di mana torehan tersebut ia raih bersama Fiorentina, AS Roma serta Inter Milan. Sempat menjajal kompetisi sepak bola Qatar, Batistuta gantung sepatu pada tahun 2005.

7. Roberto Baggio - 169 gol

10 Pencetak Gol Terbanyak Serie A Sejak Era 90an, Bertabur Bintang!inter.it

Mantan pemain Inter Milan lain yang catatkan gol cukup banyak di Serie A ada Roberto Baggio. Selain Inter Milan, Baggio juga pernah membela beberapa klub Serie A lainnya. Di antaranya ada Juventus, AC Milan, Bologna dan terakhir Brescia hingga pensiun tahun 2004. Selama bermain di Serie A sejak era 90an, pemain Italia ini bermain 361 pertandingan dengan mencetak 169 gol. 

8. Fabio Quagliarella - 168 gol

10 Pencetak Gol Terbanyak Serie A Sejak Era 90an, Bertabur Bintang!twitter.com/sampdoria

Fabio Quagliarella menjadi salah satu pemain aktif dalam daftar ini. Pemain asal Italia ini telah berseragam Sampdoria sejak musim 2016/2017. Selain Sampdoria, ada lima klub Serie A lainnya yang pernah dibela Quagliarella. Di antaranya ada Torino, Udinese hingga Juventus. Cukup lama bermain di Serie A, ia mencetak 168 gol dari 474 penampilan. Saat ini Quagliarella sudah berusia 37 tahun, namun ia masih cukup produktif di lini depan Sampdoria. 

9. Luca Toni - 157 gol

10 Pencetak Gol Terbanyak Serie A Sejak Era 90an, Bertabur Bintang!goal.com

Luca Toni menjadi pemain Italia yang membela cukup banyak klub Serie A. Tak heran jika striker jangkung ini catatkan gol yang tak sedikit di Serie A.  Total ada 8 klub Serie A yang dibela Toni sejak era 90an. Di antaranya ada Brescia, Palermo, AS Roma, Genoa, Fiorentina hingga Juventus. Pemain yang pensiun pada tahun 2016 ini telah mencetak 157 gol dari 344 pertandingan Serie A. 

10. Filippo Inzaghi - 157 gol

10 Pencetak Gol Terbanyak Serie A Sejak Era 90an, Bertabur Bintang!uefa.com

Pemain terakhir dalam daftar ini merupakan salah satu legenda yang dimiliki AC Milan. Selain Milan, Filippo Inzaghi juga pernah membela beberapa klub Serie A lainnya. Di antaranya ada Parma, Atalanta hingga Juventus. Sejak era 90an, Inzaghi sukses mencatatkan 372 penampilan dengan mencetak 157 gol. Setelah pensiun pada tahun 2012, Inzaghi saat ini menjadi pelatih dan sedang menangani Benevento.

Nama-nama tersebut tentu saja sudah dikenal publik sepak bola khususnya pecinta Serie A. Siapa pemain favoritmu dalam daftar ini?

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Masih Aktif Bermain di Serie A Musim Ini, Legend!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya