Comscore Tracker

5 Pemain Ini Raih Golden Boot Premier League Bersama Manchester United

Cristiano Ronaldo salah satunya!

Manchester United menjadi tim tersukses di liga Inggris khususnya di era Premier League. Hingga saat ini klub berjuluk Setan merah tersebut telah menjuarai Premier League sebanyak 13 kali. Kesuksesan United tak lepas dari pemain-pemainnya yang memiliki kualitas.

Di posisi penyerang, The Red Devils pernah memiliki pemain-pemain yang cukup tajam. Setidaknya ada lima pemain United yang pernah mencatatkan diri sebagai top skor dan berhak meraih Golden Boot Premier League. Lantas, siapa kelima pemain tersebut? Berikut ulasannya.

1. Dwight Yorke

5 Pemain Ini Raih Golden Boot Premier League Bersama Manchester Unitedgoal.com

Pemain Manchester United pertama yang raih Golden Boot Premier League adalah Dwight Yorke. Pemain berkebangsaan Trinidad and Tobago tersebut menjadi top skor pada musim 1998/1999. Saat itu ia mengoleksi jumlah gol yang sama dengan Jimmy Floyd Hasselbaink dan Michael Owen, yakni sebanyak 18 gol.

Yorke membela Setan merah selama 3,5 musim, tepatnya sejak 1998/1999. Ia tampil membela United dalam 96 pertandingan Premier League dengan torehan 48 gol. Yorke juga sukses mengantarkan MU juara Premier League sebanyak tiga kali. 

2. Ruud van Nistelrooy

5 Pemain Ini Raih Golden Boot Premier League Bersama Manchester Unitedsportbible.com

Berikutnya ada pemain berkebangsaan Belanda, yakni Ruud van Nistelrooy. Manchester United menjadi satu-satunya tim Premier League yang dibela van Nistelrooy, yakni selama lima musim sejak 2001/2002. Pada musim 2002/2003, ia sukses mengoleksi 25 gol bersama Setan merah di Premier League.

Jumlah tersebut membuatnya berhak meraih Golden Boot Premier League. Bersama United, mantan pemain Real Madrid ini tampil dalam 150 pertandingan Premier League. Dari penampilannya tersebut, ia mencatatkan 95 gol, 14 assist dan satu trofi Premier League. 

3. Cristiano Ronaldo

5 Pemain Ini Raih Golden Boot Premier League Bersama Manchester Unitedtwitter.com/TeamCRonaldo

Nama berikutnya tentu sudah tak asing lagi bagi penggemar sepak bola. Pemain tersebut yaitu Cristiano Ronaldo yang kini menjadi salah satu pemain terbaik di dunia. Pemain berkebangsaan Portugal tersebut membela Manchester United sejak musim 2003/2004 hingga 2008/2009.

CR7 sukses menyabet Golden Boot Premier League pada musim 2007/2008 setelah mencetak 31 gol. Sama seperti van Nistelrooy, MU menjadi satu-satunya klub Premier League yang dibela Ronaldo. Ia membela Setan merah dalam 196 pertandingan Premier League dengan torehan 84 gol, 34 assist serta dua trofi juara. 

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Europa League, Siapa Rajanya?

4. Dimitar Berbatov

5 Pemain Ini Raih Golden Boot Premier League Bersama Manchester Unitedthepeoplesperson.com

Dimitar Berbatov juga pernah mencatatkan tinta emas saat berseragam Manchester United. Pemain Bulgaria tersebut bergabung dengan Setan merah pada musim 2008/2009 dan bertahan hingga 2011/2012.

Berbatov sukses meraih Golden Boot Premier League pada musim 2010/2011 setelah mengoleksi 20 gol. Ia membela The Red Devils dalam 108 pertandingan Premier League dengan torehan 48 gol. Berbatov juga turut mengantarkan Setan merah menjuarai Premier League dalam dua musim. 

5. Robin Van Persie 

5 Pemain Ini Raih Golden Boot Premier League Bersama Manchester Unitedgoal.com

Tak hanya Ruud van Nistelrooy, pemain Belanda lainnya yang cukup sukses bersama Manchester United ada Robin Van Persie. Sukses menjadi top skor bersama Arsenal menang membuat United kepincut untuk merekrutnya. Van Persie hijrah ke Old Trafford pada musim 2012/2013 dan bertahan tiga musim.

Pada musim pertamanya, Van Persie sukses mengulangi kesuksesan meraih Golden Boot Premier League setelah mencetak 26 gol. Di musim tersebut pula, ia mengantarkan Setan merah juara Premier League. Bersama United ia mencatatkan 86 penampilan di Premier League dengan menorehkan 48 gol.

Setelah Robin Van Persie, belum ada lagi pemain Manchester United yang menjadi top skor. Selain itu, United juga tak mampu meraih trofi Premier League setelah terakhir pada 2012/2013. Kira-kira apa yang membuat performa Setan merah menurun?

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Real Madrid, CR7 Memimpin!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya