4 Pesaing Inggris di Kualifikasi Piala Eropa 2024, Ada Juara Bertahan

Inggris bertengger di puncak klasemen sementara

Inggris disebut-sebut sebagai rumahnya sepak bola. Namun, mereka masih minim prestasi di kancah internasional. Khususnya di pesta 4 tahunan sepak bola Benua Biru, Piala Eropa.

Tim berjuluk The Three Lions itu belum pernah menjuarai Piala Eropa. Pada edisi terakhir 2020 lalu, mereka hanya mampu menjadi runner-up. Inggris pun berhasrat meraih trofi perdana di Piala Eropa 2024 mendatang.

Sebelum berlaga di putaran final, mereka harus lebih dulu melewati babak kualifikasi. Pada fase ini, mereka tergabung di Grup C. Lantas, negara mana saja yang menjadi pesaing Inggris di Kualifikasi Piala Eropa 2024 ini?

1. Italia, sang juara bertahan yang jadi pesaing kuat Inggris

4 Pesaing Inggris di Kualifikasi Piala Eropa 2024, Ada Juara BertahanInggris melawan Italia. (uefa.com)

Langkah Timnas Inggris untuk melaju ke putaran final Piala Eropa 2024 tampaknya tak akan mudah. Pasalnya, mereka satu grup dengan sang juara bertahan, Italia. Italia menjadi tim yang mengalahkan Inggris pada final Piala Eropa 2020 lalu.

Meski begitu, Italia masih kalah superior dibanding Inggris pada fase ini. Hal itu terbukti di pertemuan pertama kala Inggris menjungkalkan Italia di kandangnya sendiri. Italia juga untuk sementara menempati posisi kedua di bawah Inggris. Keduanya akan kembali berduel pada 18 Oktober 2023 nanti.

Hingga saat ini, Inggris dan Italia telah berhadapan dalam 31 pertandingan. Gli Azzurri mengungguli Inggris dalam 13 laga. Di sisi lain, The Three Lions baru bisa menang dalam sembilan laga lainnya.

Baca Juga: Deretan Tim yang Belum Kalah di Kualifikasi Euro 2024

2. Ukraina sempat menyulitkan Timnas Inggris

4 Pesaing Inggris di Kualifikasi Piala Eropa 2024, Ada Juara BertahanInggris bersua Ukraina di Kualifikasi Piala Eropa 2024. (uefa.com)

Selain Italia, Ukraina juga jadi pesaing Inggris di Kualifikasi Piala Eropa 2024 ini. Untuk sementara, Ukraina menempati posisi ketiga di klasemen sementara. Namun, Ukraina sempat menyulitkan Inggris.

Ukraina dan Inggris sudah bertemu dalam dua laga pada fase ini. Hasilnya, Inggris berhasil menaklukkan Ukraina saat main di kandang. Sementara saat bertandang, The Three Lions harus puas bermain imbang 1-1.

Dalam rekor pertemuan, Inggris masih unggul jauh dari sang lawan. Dari 10 pertemuan, Inggris menang dalam 6 pertandingan. Sementara itu, Ukraina baru bisa mengalahkan Inggris dalam satu laga lainnya.

3. Makedonia Utara masih berpeluang lolos ke putaran final

4 Pesaing Inggris di Kualifikasi Piala Eropa 2024, Ada Juara BertahanInggris menghadapi Makedonia Utara di Kualifikasi Piala Eropa 2024. (uefa.com)

Makedonia Utara masih memiliki peluang untuk lolos ke putaran final Piala Eropa 2024. Meski berada di peringkat keempat klasemen sementara, mereka memiliki poin sama dengan Italia dan Ukraina. Makedonia Utara juga bisa saja mengejutkan Inggris.

Inggris dan Makedonia Utara akan saling jegal di laga terakhir Grup C pada 21 November 2023 mendatang. Pada pertemuan pertama, Inggris sukses mencukur sang lawan dengan skor 7-0. Itu menjadi modal berharga bagi The Three Lions menjalani partai kedua.

Dalam catatan sejarah, Inggris dan Makedonia Utara telah bersua dalam lima pertandingan. Inggris belum sekalipun kalah dari Makedonia Utara. Total 5 pertandingan berhasil dimenangkan Inggris dan 1 laga lain berakhir imbang.

4. Malta jadi bulan-bulanan tim penghuni Grup C

4 Pesaing Inggris di Kualifikasi Piala Eropa 2024, Ada Juara BertahanInggris melawan Malta di Kualifikasi Piala Eropa 2024. (uefa.com)

Malta menjadi negara yang cukup menderita dalam persaingan Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2024. Bagaimana tidak, dari lima pertandingan, mereka belum meraih poin. Mereka menjadi lumbung gol negara lain, termasuk saat melawan Inggris.

Pada pertemuan pertama, Inggris yang bertindak sebagai tim tamu menggilas Malta dengan skor 4-0. Keduanya akan kembali berduel pada 18 November 2023. Malta sendiri sudah dipastikan gagal lolos ke putaran final Piala Eropa 2024.

Sepak bola Malta memang masih berkembang. Hal itu juga terlihat dari rekor pertemuan melawan Inggris. Dari 6 laga, Malta selalu kalah dari The Three Lions.

Berada di puncak klasemen sementara, Inggris tentu berpeluang besar untuk lolos ke putaran final Piala Eropa 2024. Namun, mereka harus tetap waspada di sisa laga. Negara mana yang paling mungkin menemani Inggris lolos?

Baca Juga: Jadwal Lengkap Kualifikasi Euro 2024 dari Matchday 1-10

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya