Comscore Tracker

5 Pesepak Bola Terbaik Prancis Sepanjang Masa, Zidane Hingga Henry!

Siapa pemain Prancis favoritmu?

Ada banyak pembicaraan tentang kekuatan dan kedalaman skuad Prancis di Piala Eropa 2020. Kali ini mereka mengandalkan beberapa nama top di dunia sepak bola. Prancis telah menjadi kekuatan dominan dalam sepak bola untuk beberapa tahun terakhir.

Mereka secara konsisten menghasilkan pemain kelas dunia yang juga telah menerima berbagai penghargaan individu selama bertahun-tahun. Sang juara Piala Dunia itu adalah salah satu favorit juara Piala Eropa 2020. Dalam hal ini, mari kita lihat lima pemain terbaik Prancis sepanjang masa.

1. Zinedine Zidane

5 Pesepak Bola Terbaik Prancis Sepanjang Masa, Zidane Hingga Henry!Zinedine Zidane (goal.com)

Zinedine Zidane terkenal sebagai playmaker elegan yang menginspirasi banyak pemain Prancis generasi saat ini. Zidane bukanlah pemain yang paling konsisten, tetapi pada zamannya, dia adalah salah satu pemain terbaik di dunia. Diberkati dengan sentuhan magis dan keterampilan teknik yang sangat baik, ia pernah membela raksasa Eropa, yakni Juventus dan Real Madrid.

Bersama Prancis, Zidane memenangkan Piala Dunia tahun 1998 dan Piala Eropa tahun 2000. Sebagai seorang pelatih, ia memimpin Real Madrid meraih 3 gelar Liga Champions berturut-turut serta 2 gelar LaLiga. 

2. Michel Platini

5 Pesepak Bola Terbaik Prancis Sepanjang Masa, Zidane Hingga Henry!Michel Platini (fifa.com)

Michel Platini mungkin telah menjadi sosok kontroversial dalam beberapa tahun terakhir. Namun, sebagai pemain, ia dianggap sebagai salah satu yang terbaik. Sebagai seorang pengumpan yang luar biasa, seorang playmaker yang elegan, dan gelandang yang luar biasa, Michel Platini memiliki kemampuan yang komplet.

Sangat kreatif dan pencetak gol yang konsisten, Platini bermain untuk Nancy, Saint-Etienne, dan Juventus selama kariernya sebagai pemain. Bersama Juventus, pemain berkebangsaan Prancis itu memenangkan Serie A 2 kali dan Piala Eropa 1 kali. Bersama Timnas Prancis, pemenang Ballon d'Or tiga kali itu memenangkan Piala Eropa 1984.

Baca Juga: 10 Pemain dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Euro, CR7 Kejar Platini!

3. Just Fontaine

5 Pesepak Bola Terbaik Prancis Sepanjang Masa, Zidane Hingga Henry!Just Fontaine (fifa.com)

Just Fontaine adalah seorang striker yang produktif selama kariernya bermain. Fontaine menghabiskan sebagian besar karier bermainnya dengan Nice dan Reims. Dia mencetak 43 gol dalam 69 penampilan untuk Nice, pindah ke Reims, dan mencetak 122 gol dalam 131 pertandingan.

Fontaine juga luar biasa dalam membela Timnas Prancis dengan membuat 21 penampilan dan mencetak 30 gol. Namun, cedera memaksa Fontaine pensiun dini. Setelah pensiun sebagai pemain, Fontaine memulai karier kepelatihan dengan mengelola Timnas Prancis serta klub-klub, seperti Paris Saint-Germain dan Toulouse. Dia juga menangani Maroko selama dua tahun.

4. Thierry Henry

5 Pesepak Bola Terbaik Prancis Sepanjang Masa, Zidane Hingga Henry!Thierry Henry (bleacherreport.com/Shaun Botterill/Getty Images)

Thierry Henry bisa dibilang merupakan pemain asing terbaik yang pernah menghiasi Premier League. Henry terkenal karena kariernya yang sukses bersama Arsenal. Setelah melakukan debutnya di AS Monaco, Henry pindah ke Juventus pada 1999, namun ia gagal di Turin. Arsenal mengontraknya pada tahun yang sama dan pelatih Arsene Wenger mulai mengandalkan pemain Prancis itu sebagai striker utama.

Hasilnya seperti yang kita lihat, Henry membuat 376 penampilan di semua kompetisi selama dua periode untuk Arsenal, mencetak 228 gol, dan memberikan 105 assist. Dia memenangkan Sepatu Emas Premier League empat kali dan merupakan bagian dari tim Invincibles Arsenal. Bersama Prancis, Henry memenangkan Piala Dunia tahun 1998 dan Piala Eropa tahun 2000. Saat ini ia menjadi asisten pelatih Belgia di Piala Eropa 2020.

5. Lilian Thuram

5 Pesepak Bola Terbaik Prancis Sepanjang Masa, Zidane Hingga Henry!Lilian Thuram (goal.com)

Salah satu bek terbaik di generasinya, Lilian Thuram, cukup fleksibel untuk beroperasi sebagai bek sayap dan bek tengah selama kariernya. Mantan pemain internasional Prancis itu pertama kali berkembang di AS Monaco, tetapi dia kemudian pindah ke Italia, tempat dia benar-benar berkembang.

Dia bergabung dengan Parma dari AS Monaco pada tahun 1996 dan menjadi terkenal karena kecerdasan, kemampuan serbabisanya, dan atribut fisiknya. Dia memenangkan Piala UEFA bersama Parma dan 2 gelar Serie A bersama Juventus. Dengan 142 penampilan, Thuram adalah pemain internasional Prancis yang paling banyak tampil. Selama bertugas dengan tim nasional, ia memenangkan Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000.

 

Prancis memang tak hentinya menghasilkan pemain-pemain hebat dalam dunia sepak bola. Saat ini ada nama seperti Paul Pogba, N'Golo Kante, hingga Kylian Mbappe yang jadi andalan.

Baca Juga: Marcus Thuram, Putra Legenda Juventus yang Jadi Incaran Baru Liverpool

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya