5 Rekor di Premier League yang Masih Dipegang Ryan Giggs Hingga Kini

Pemain terbaik dalam sejarah Premier League?

Ryan Giggs merupakan salah satu legenda sepak bola Manchester United. Tak hanya United, pemain asal Wales ini juga sangat identik dengan Premier League. Ia telah menghiasi panggung Premier League lebih dari dua dekade. Dalam kurun waktu tersebut, Giggs pun mencatatkan beberapa rekor di Premier League.

Bahkan rekor yang telah ia catatkan saat masih aktif bermain masih bertahan hingga saat ini. Memang bukan perkara mudah bagi pemain lain untuk mencapai apa yang sudah dilakukan pemain gelandang ini. Penasaran, rekor Premier League apa saja yang masih dipegang Ryan Giggs hingga saat ini? Berikut ulasannya.

1. Pemain paling sering diganti

5 Rekor di Premier League yang Masih Dipegang Ryan Giggs Hingga Kiniindependent.co.uk/Getty Images

Rekor Premier League pertama yang masih dipegang Ryan Giggs adalah pemain paling sering diganti. Rekor yang satu ini tentu saja tak banyak disadari oleh publik. Namun nyatanya, rekor ini tercatat di kasta teratas liga Inggris tersebut. Pemain yang hanya membela Manchester United ini tampil di Premier League dalam 632 pertandingan.

Dari jumlah tersebut, ia diganti oleh pemain lain sebanyak 134 kali. Sementara rekor lain yang terkait ini ada pemain yang paling sering masuk sebagai pemain pengganti ada Peter Crouch dengan 152 kali. Serta Jermain Defoe yang menjadi pemain pengganti paling subur dengan 24 gol. Rekor Giggs ini mungkin tak terlalu istimewa, namun catatan ini tentu saja akan sangat sulit dipecahkan.

2. Pemain paling lama bermain di Premier League

5 Rekor di Premier League yang Masih Dipegang Ryan Giggs Hingga Kinimanutd.com/Tom Purslow/Getty Images

Ryan Giggs menjadi pemain yang setia karena hanya membela satu klub sepanjang kariernya. Hal tersebut berdampak pada penampilannya di Premier League. Giggs sendiri tampil perdana di Premier League pada musim debut liga, yakni 1992/1993. Sejak saat itu, Giggs tampil dalam setiap musim hingga gantung sepatu pada akhir musim 2013/2014.

Giggs tampil 41 laga di musim perdananya di Premier League. Setelah itu pemain asal Wales ini selalu tampil lebih dari 20 pertandingan di setiap musim. Hingga di musim terakhirnya ia hanya tampil 12 laga di Premier League.  Ketika dia gantung sepatu, Giggs telah tampil dalam 22 musim di Premier League dan hal itu menjadi rekor yang bertahan hingga kini.

3. Pemain dengan assist terbanyak

5 Rekor di Premier League yang Masih Dipegang Ryan Giggs Hingga Kinimanutd.com/Chris Coleman/Getty Images

Rekor berikutnya ini juga cukup sulit dipecahkan oleh pemain lain. Ryan Giggs tercatat sebagai pemberi assist terbanyak dalam sejarah Liga Premier. Bersama Manchester United, ia telah mencatatkan 162 assist dari total penampilannya di Premier League. Pemain terdekat yang catatkan assist cukup banyak ada Cesc Fabregas dengan 111 assist.

Namun pemain Spanyol itu sudah tak lagi bermain di Premier League. Pemain aktif dengan catatan assist cukup banyak yang saat ini bermain di Premier League ada James Milner dengan torehan 85 assist. Jumlah itu tentu saja madih sangat jauh dari torehan Giggs.

Baca Juga: 7 Rekor Laga Boxing Day Era Premier League

4. Pemain dengan musim terbanyak yang selalu cetak gol

5 Rekor di Premier League yang Masih Dipegang Ryan Giggs Hingga Kinitwitter.com/premierleague

Ryan Giggs menjadi pemain terlama yang bermain di Premier League yakni selama 22 musim. Tak hanya itu, legenda Manchester United ini juga tercatat sebagai pemain dengan musim terbanyak yang selalu cetak gol. Namun Giggs mencetak gol di Premier League dalam 21 musim, karena di musim terakhirnya ia gagal torehkan satu pun gol. Meskipun demikian, catatan ini sangat luar biasa dan sangat sulit dipecahkan pemain lain.

Giggs mencatatkan 9 gol di musim perdananya pada 1992/1993. Di musim berikutnya ia mencetak 13 gol dan menjadi yang terbanyak selama semusim dalam karier Giggs. Namun pada musim ketiganya ia justru hampir nir gol selama semusim karena hanya cetak 1 gol. Secara total, ia telah mencetak 109 gol dari 632 pertandingan di Premier League.

5. Pemain dengan gelar Premier League terbanyak 

5 Rekor di Premier League yang Masih Dipegang Ryan Giggs Hingga Kiniindependent.co.uk/Getty Images

Rekor kelima yang masih dipegang Ryan Giggs tentu saja sangat spesial. Rekor yang dimaksud yaitu menjadi pemain dengan gelar Premier League terbanyak. Sepanjang kariernya di Premier League, ia telah mengangkat trofi sebanyak 13 kali bersama Manchester United.

Pemain kedua dengan jumlah trofi cukup banyak ada mantan rekannya di United, Paul Scholes, dengan 11 trofi. Rekor ini tampaknya akan bertahan sangat lama, hal tersebut karena pemain aktif Premier League yang saat ini bermain tidak ada yang pernah juara lebih dari lima kali. Benar-benar rekor yang sangat sulit untuk dipecahkan.

Itulah lima rekor Premier League yang hingga saat ini masih dipegang Ryan Giggs. Rekor-rekor tersebut sangat sulit dipecahkan, karena butuh konsistensi luar biasa untuk terus di puncak karier dan bermain di Premier League. Pantaskah Giggs disebut pemain terbaik sepanjang masa Premier League?

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Tertua di Premier League Hingga Kini, Ada Ryan Giggs!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya