5 Rekrutan Termahal Juventus di Era Andrea Agnelli, Ronaldo Teratas!

Andrea Agnelli resmi tinggalkan Juventus

Juventus resmi berpisah dengan presiden klub, Andrea Agnelli. Pria 47 tahun tersebut sudah menjabat sebagai presiden Juventus sejak Mei 2010. Kurang lebih 13 tahun memimpin Juve, Agnelli terbilang cukup sukses.

Di bawah kepemimpinannya, Si Nyonya Tua berhasil merengkuh sembilan trofi Serie A. Kesuksesan tersebut tak lepas dari keaktifan Juventus memboyong pemain-pemain top. Agnelli tak ragu mendatangkan pemain top dengan harga yang fantastis.

Salah satu transfer paling fenomenal Juventus adalah saat merekrut Cristiano Ronaldo. Kedatangan Ronaldo memecahkan rekor transfer Juve sepanjang sejarah. Siapa saja pemain termahal Juventus di era Andrea Agnelli?

1. Cristiano Ronaldo diboyong dari Real Madrid (117 Juta Euro)

5 Rekrutan Termahal Juventus di Era Andrea Agnelli, Ronaldo Teratas!Cristiano Ronaldo saat dikenalkan Juventus (twitter.com/juventusfcen)

Rekrutan termahal Juventus di era Andrea Agnelli tentu saja Cristiano Ronaldo. Momen tersebut terjadi pada musim panas 2018/2019. Kala itu, Juve memboyong CR7 dari Real Madrid dengan harga 117 juta euro atau setara dengan Rp1,9 triliun. Harga tersebut terbilang cukup sepadan dengan kualitas yang dimiliki sang megabintang.

Ronaldo sendiri berseragam Juve selama 3 musim sebelum akhirnya hengkang ke Manchester United. Selama menjadi andalan Si Nyonya Tua, pemain 37 tahun tersebut mencatatkan 134 pertandingan dengan torehan 101 gol dan 22 assist.

2. Gonzalo Higuain diboyong dari Napoli (90 Juta Euro)

5 Rekrutan Termahal Juventus di Era Andrea Agnelli, Ronaldo Teratas!Gonzalo Higuain (juventus.com)

Sebelum dipecahkan Cristiano Ronaldo, rekor transfer termahal Juventus dipegang oleh Gonzalo Higuain. Pemain berkebangsaan Argentina itu didatangkan Juventus pada 2016/2017. Kala itu, Juve rela menggelontorkan dana hingga 90 Juta euro atau setara dengan Rp1,4 triliun untuk memboyongnya dari Napoli.

Sayangnya, kiprah Higuain bersama Juventus tak terlalu spesial. Apalagi, setelah datangnya Ronaldo, Higuain kemudian tersingkir dan dipinjamkan ke klub lain. Sebelum benar-benar hengkang pada musim panas 2020, Higuain membela Juve dalam 149 pertandingan. Dari penampilannya tersebut, dia mencatatkan 66 gol dan 16 assist.

Baca Juga: 5 Pemain Andalan Juventus yang Diboyong dari Klub Medioker Serie A

3. Matthijs de Ligt diboyong dari Ajax Amsterdam (85,5 Juta Euro)

5 Rekrutan Termahal Juventus di Era Andrea Agnelli, Ronaldo Teratas!Matthijs de Ligt (juventus.com)

Tak hanya di lini serang, Juventus juga merekrut pemain dengan harga mahal di lini belakang. Salah satunya adalah Matthijs de Ligt yang diboyong Juve dari Ajax Amsterdam.

Transfer tersebut terjadi pada musim panas 2019 dan melibatkan dana sebesar 85,5 juta euro atau setara dengan Rp1,39 triliun. Saat itu, usia de Ligt masih 19 tahun dan digadang-gadang menjadi bek masa depan Juve.

Sayangnya, kiprah de Ligt bersama Juventus tak berjalan mulus. Pemain asal Belanda itu kemudian hengkang ke Bayern Munchen pada musim panas 2022. Sebelum hengkang, dia mencatatkan 117 pertandingan dengan koleksi 8 gol dan 3 assist.

4. Dusan Vlahovic diboyong dari Fiorentina (81,6 Juta Euro)

5 Rekrutan Termahal Juventus di Era Andrea Agnelli, Ronaldo Teratas!Dusan Vlahovic (twitter.com/juventusfc)

Dusan Vlahovic menjadi pemain mahal berikutnya yang diboyong Juventus di era Andrea Agnelli. Kepindahannya ke Juventus terjadi belum terlalu lama, tepatnya pada musim dingin 2022.

Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini diboyong Juve dari klub sesama Serie A, Fiorentina. Demi dapatkan tanda tangan penyerang asal Serbia ini, Si Nyonya Tua menggelontorkan dana sebesar 81,6 juta euro atau setara dengan Rp1,33 triliun.

Di usianya yang baru menginjak 22 tahun, Vlahovic tentu diharapkan bisa sukses bersama Juve. Sejauh ini, dirinya telah membela Juventus dalam 36 pertandingan dengan torehan 16 gol dan 4 assist.

5. Arthur Melo diboyong dari Barcelona (76 Juta Euro)

5 Rekrutan Termahal Juventus di Era Andrea Agnelli, Ronaldo Teratas!Arthur Melo (juventus.com)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Arthur Melo yang saat ini masih berstatus sebagai pemain Juventus. Namun, pemain asal Brasil itu sedang dipinjamkan ke Liverpool. Melo sendiri diboyong Juve dari Barcelona pada musim panas 2020. Kala itu, nilai transfer Melo mencapai 76 juta euro atau setara dengan Rp1,2 triliun.

Sayangnya, performa pemain 26 tahun ini dinilai kurang memuaskan bersama Juve. Hingga saat ini, dia telah main dalam 63 pertandingan. Namun, Melo yang berposisi sebagai gelandang baru mengoleksi 1 gol dan 1 assist dari penampilannya tersebut.

 

Patut kita nantikan kiprah Juventus setelah ditinggal Andrea Agnelli. Saat ini, Juventus dipimpin presiden baru, yakni Gianluca Ferrero.

Baca Juga: Arthur Melo Siap Kerja Keras demi Dapat Tempat di Liverpool

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya