8 Rekrutan Termahal Sepanjang Karier Marcello Lippi, Pembelian Efektif

Sosok pelatih hemat, nih!

Marcello Lippi mungkin sudah selesai menjadi seorang pelatih. Namun kenangan selama melatih masih menarik untuk dibicarakan. Juru taktik yang berasal dari Italia ini menjadi pelatih yang bisa dibilang cukup hemat. Pemain-pemain yang ia rekrut cukup efektif jika dilihat dari harga hingga performa sang pemain.

Sejak 1982 hingga 2019 bekerja sebagai pelatih, tak ada pembelian dengan dana yang fantastis seperti pelatih-pelatih di liga top Eropa lainnya. Lantas siapa saja rekrutan termahal sepanjang karier Marcello Lippi? Berikut daftarnya. 

1. Gianluigi Buffon ke Juventus - 52,88 juta euro

8 Rekrutan Termahal Sepanjang Karier Marcello Lippi, Pembelian Efektifgoal.com

Gianluigi Buffon menjadi rekrutan termahal sepanjang karier Marcello Lippi. Hal tersebut terjadi pada musim 2001/2002 di mana Lippi masih menjadi juru taktik Juventus. Saat itu Lippi melihat potensi Buffon yang masih berusia 23 tahun. Kiper asal Italia ini diboyong dari Parma ke Juventus dengan mahar senilai 52,88 juta euro. 

2. Christian Vieri - 46,48 juta euro

8 Rekrutan Termahal Sepanjang Karier Marcello Lippi, Pembelian Efektiftransfermarkt.com

Tak hanya melatih Juventus, klub elite Italia lainnya yang sempat diasuh Marcello Lippi ada Inter Milan. Saat bersama Nerazzurri, Lippi pun mendatangkan beberapa pemain. Salah satunya yaitu Christian Vieri yang direkrut pada musim 1999/2000. Striker berkebangsaan Italia ini ditebus Inter dari Lazio dengan harga sebesar 46,48 juta euro. 

3. Pavel Nedved ke Juventus - 45 juta euro

8 Rekrutan Termahal Sepanjang Karier Marcello Lippi, Pembelian Efektifonefootball.com

Di periode kedua masa kepelatihannya di Juventus, Marcello Lippi merekrut cukup banyak pemain. Selain Buffon, Paul Nedved juga menjadi salah satu rekrutan mahal Lippi pada musim 2001/2002. Pemain berkebangsaan Republik Ceko ini diboyong Lippi dari Lazio dengan harga senilai 45 juta euro.

4. Lilian Thuram ke Juventus - 36,15 juta euro

8 Rekrutan Termahal Sepanjang Karier Marcello Lippi, Pembelian Efektifeurosport.com

Sementara di posisi bek tengah, Marcello Lippi merekrut Lilian Thuram untuk memperkuat skuatnya pada musim 2001/2002. Pemain yang berasal dari Prancis ini sebelumnya berseragam Parma atau satu tim Buffon. Untuk mendapatkannya, Juventus merogoh kocek sebesar 36,15 juta euro.

Baca Juga: Ini Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Juventus Melawan Barcelona

5. Marcelo Salas ke Juventus - 25 juta euro

8 Rekrutan Termahal Sepanjang Karier Marcello Lippi, Pembelian Efektifexpress.co.uk

Pemain lainnya yang juga didatangkan Marcello Lippi ke Juventus pada musim 2001/2002 adalah Marcelo Salas. Pemain yang satu ini merupakan striker yang berasal dari Chile. Saat pindah ke Juventus dari Lazio, nilai transfer Salas mencapai 25 juta euro.

6. Clarence Seedorf ke Inter Milan - 24,01 juta euro

8 Rekrutan Termahal Sepanjang Karier Marcello Lippi, Pembelian Efektif90min.com

Diurutan keenam ada Clarence Seedorf yang menjadi rekrutan Marcello Lippi saat menukangi Inter Milan. Pemain berkebangsaan Belanda ini diboyong Lippi dari Real Madrid pada musim 2000/2001. Saat itu Seedorf hijrah ke Juve dengan mahar mencapai 24,01 juta euro.

7. Marco Di Vaio ke Juventus - 21 juta euro

8 Rekrutan Termahal Sepanjang Karier Marcello Lippi, Pembelian Efektifsportreview.it

Pemain Parma lainnya yang juga direkrut Marcello Lippi saat menukangi Juventus adalah Marco Di Vaio. Striker berkebangsaan Italia tersebut diboyong Lippi pada musim 2002/2003. Vaio ditebus Juventus dari Parma dengan harga mencapai 21 juta euro. 

8. Robbie Keane ke Inter Milan - 19,5 juta euro

8 Rekrutan Termahal Sepanjang Karier Marcello Lippi, Pembelian Efektifsempreinter.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Robbie Keane yang diboyong Marcello Lippi saat menangani Inter Milan. Striker asal Irlandia ini diboyong Inter Milan dari klub Inggris, Coventry City. Keane cukup sukses saat bermain di Premier League. Hal tersebut membuat Nerazzurri rela mengeluarkan dana hingga 19,5 juta euro untuk merekrutnya.

Beberapa pemain tersebut tentu saja cukup dikenal hingga kini. Tangan dingin Marcello Lippi tentu cukup berjasa dalam kesuksesan pemain-pemain tersebut. Siapa pembelian terbaik Marcello Lippi? 

Baca Juga: 7 Pemain yang Paling Sering Dimainkan Marcello Lippi Selama Kariernya

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya