Comscore Tracker

5 Negara yang Nirkemenangan di Fase Grup Piala Dunia 2022, Gagal!

Tuan rumah, Qatar, menjadi salah satunya

Fase grup Piala Dunia 2022 Qatar menyisakan banyak cerita menarik. Kejutan demi kejutan terus terjadi dalam persaingan penentuan dua wakil dari masing-masing grup. Total 16 tim berhasil lolos ke babak gugur.

Sementara itu, 16 tim lainnya harus berkemas dan angkat kaki dari Qatar. Dari 16 tim yang tersingkir, ternyata ada tim yang tak mampu meraih kemenangan selama fase grup.

Setidaknya ada lima negara yang nirkemenangan di fase grup Piala Dunia tahun ini. Salah satunya adalah sang tuan rumah, Qatar. Lantas, negara mana saja yang nirkemenangan di fase grup Piala Dunia 2022? 

1. Qatar tak mampu menang di rumah sendiri

5 Negara yang Nirkemenangan di Fase Grup Piala Dunia 2022, Gagal!Timnas Qatar (twitter.com/QFA_EN)

Qatar menjadi salah satu negara yang nirkemenangan di Piala Dunia 2022 Qatar. Bermain di rumah sendiri, performa Qatar di Piala Dunia tahun ini justru gagal total.

Dalam keikutsertaannya yang pertama ini, Qatar menjadi tim pertama yang dipastikan tersingkir. Wakil Asia ini sendiri bersaing di Grup A bersama Belanda, Senegal, dan Ekuador.

Qatar menjadi bulan-bulanan ketiga negara itu dan hanya mampu menorehkan 1 gol tanpa meraih satu pun kemenangan. Tak heran mereka pun duduk di dasar klasemen dengan raihan 0 poin.

2. Wales kalah digdaya di Grup B

5 Negara yang Nirkemenangan di Fase Grup Piala Dunia 2022, Gagal!Timnas Wales (faw.cymru)

Wales menjadi salah satu negara yang akhirnya kembali merasakan megahnya panggung Piala Dunia setelah lama absen. Sebelum turut serta di Piala Dunia 2022, terakhir kali Wales main di Piala Dunia pada edisi 1958. Kembalinya mereka berlaga di ajang 4 tahunan ini ternyata tak berjalan mulus.

Wales kalah bersaing dengan tiga negara lainnya, yakni Inggris, Amerika Serikat, dan Iran. Bale dan kolega sempat membuka asa lolos ke babak gugur setelah main imbang lawan Amerika Serikat di laga perdana.

Sayangnya, magis mereka tak muncul saat menjalani dua laga berikutnya. Wales ditaklukkan Iran dan juga Inggris di partai penutup. Gagalnya Wales meraih kemenangan pun menempatkan mereka di dasar klasemen Grup B. 

Baca Juga: Rekor Buruk Timnas Denmark di Piala Dunia 2022, Mengecewakan!

3. Denmark gagal meledak saat bersaing di grup D

5 Negara yang Nirkemenangan di Fase Grup Piala Dunia 2022, Gagal!Timnas Denmark (twitter.com/dbulandshold)

Denmark menjadi salah satu negara yang dinantikan kiprahnya di ajang Piala Dunia 2022. Tergabung di Grup D, Denmark diprediksi akan lolos ke babak gugur menemani Prancis. Namun, hal itu ternyata hanya isapan jempol belaka. 

Tim Dinamit Denmark gagal meledak di Qatar tahun ini. Di laga perdana, Denmark sempat mampu bermain imbang tanpa gol melawan Tunisia. Saat menghadapi Prancis di laga kedua, Denmark belum mampu tampil maksimal.

Puncaknya, Denmark ditaklukkan Australia di laga terakhir. Tim Dinamit mengakhiri babak grup dengan raihan 1 poin. Mereka menjadi juru kunci di grup ini.

4. Kanada jadi bulan-bulanan lawannya di Grup F

5 Negara yang Nirkemenangan di Fase Grup Piala Dunia 2022, Gagal!Timnas Kanada (twitter.com/CanadaSoccerEN)

Sama seperti Wales, Kanada juga kembali merasakan megahnya panggung Piala Dunia pada edisi 2022. Sebelumnya, Kanada main di Piala Dunia pada edisi 1986. Kembalinya Kanada di ajang 4 tahunan ini juga berujung tragis.

Tergabung di Grup F, Kanada jadi bulan-bulanan para lawannya. Dari tiga laga yang dilakoni, tim berjuluk Les Rouges ini selalu mengalami kekalahan. Belgia, Kroasia, dan Maroko menjadi negara yang mengandaskan Kanada.

Mereka terjerembab di dasar klasemen dengan 0 poin. Kanada pun harus pulang dengan tangan hampa dari Qatar.

5. Serbia juga jadi juru kunci Grup G dengan status nirkemenangan

5 Negara yang Nirkemenangan di Fase Grup Piala Dunia 2022, Gagal!Timnas Serbia (twitter.com/FSSrbije)

Serbia juga menjadi salah satu negara yang nirkemenangan di Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka tergabung di Grup G bersama Brasil, Swiss, dan Kamerun. Jika melihat para lawannya, Serbia memang diprediksi akan sulit lolos ke babak gugur.

Namun, capaian Serbia di Piala Dunia tahun ini lebih buruk dari prediksi. Tak hanya tersingkir, Serbia juga tak mampu meraih kemenangan dari 3 pertandingan fase grup. Mereka sudah harus merasakan pahitnya kekalahan saat melakoni laga perdana melawan Brasil.

Serbia sempat membuka asa lolos setelah mengimbangi Kamerun. Sayangnya, Serbia harus mengakui keunggulan Swiss di laga penentuan. Serbia pun jadi juru kunci dengan raihan 1 poin saja.

 

Negara tersebut memang gagal raih kemenangan di ajang Piala Dunia 2022. Namun, keberhasilan mereka main di ajang Piala Dunia menjadi prestasi yang patut dibanggakan, apalagi bagi negara-negara yang sudah lama absen atau baru pertama kali tampil.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua Timnas Serbia yang Merumput di Piala Dunia 2022

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya