Aksi 3 Pemain Afrika di Duel Brentford vs Liverpool 2023/2024

Semuanya masuk sebagai pemain pengganti

Liverpool sukses meraih kemenangan besar atas Brentford dengan skor 4-1 dalam laga English Premier League (EPL) pekan ke-25 pada 17 Februari 2024. The Reds menorehkan gol masing-masing melalui Darwin Nunez, Alexis MacAllister, Mohamed Salah, dan Cody Gakpo. Sementara itu, Brentford hanya bisa membalas melalui Ivan Toney. Hasil ini makin memperkokoh posisi Liverpool di puncak klasemen sementara EPL dengan raihan 57 poin.

Pertandingan ini ditandai dengan kembalinya para pemain asal Afrika bagi kedua klub. Mereka sempat absen setelah membela negaranya di Piala Afrika 2023 serta baru kembali dari cedera. Uniknya, para pemain asal Afrika ini semuanya bermain sebagai pemain pengganti. Inilah aksi tiga pemain asal Afrika yang memulai laga sebagai pemain cadangan dalam laga Brentford versus Liverpool di EPL pekan ke-25 pada 2023/2024. 

1. Yoane Wissa bermain cukup bagus selama 27 menit

Aksi 3 Pemain Afrika di Duel Brentford vs Liverpool 2023/2024Yoane Wissa (brentfordfc.com)

Yoane Wissa kembali ke Brentford usai membela Timnas Kongo di Piala Afrika 2023. Ia memulai pertandingan kontra Liverpool sebagai pemain cadangan. Wissa baru masuk menggantikan Neal Maupay pada babak kedua menit ke-63.

Penampilan pemain berusia 27 tahun itu tidak terlalu mengecewakan selama 27 menit. Dilansir Fotmob, Wissa mampu memenangkan masing-masing 4 kali duel fisik dan duel bola bawah. Ia mencatat 13 kali menyentuh bola dengan rincian sekali berada di kotak penalti lawan, 8 kali operannya sukses, dan sekali menciptakan peluang mencetak gol. Sayangnya, ia tetap gagal membawa klubnya bangkit dari ketertinggalan. Meski begitu, Wissa tetap mendapatkan nilai 6,7 atas performanya dalam laga ini.

Baca Juga: 5 Bintang Aktif EPL yang Belum Pernah Menjuarai Piala Afrika

2. Frank Onyeka gagal memberikan dampak positif bagi permainan tim

Aksi 3 Pemain Afrika di Duel Brentford vs Liverpool 2023/2024Frank Onyeka (brentfordfc.com)

Sama seperti Wissa, Onyeka juga baru kembali dari Piala Afrika 2023. Ia turut mengantarkan Timnas Nigeria mencapai babak final Piala Afrika 2023. Onyeka bersama Wissa masuk sebagai pemain pengganti pada babak kedua menit ke-63. Ia mengisi posisi gelandang menggantikan Christian Nørgaard yang ditarik keluar.

Sayangnya, kehadiran Onyeka tidak terlalu memberikan dampak kepada permainan tim. Menurut Fotmob, dari 10 kali berduel fisik, Onyeka hanya menang 4 kali dan kalah 6 kali. Onyeka menyentuh bola 22 kali, tetapi hanya bisa menorehkan 8 operan sukses selama bermain 27 menit. Ia mendapat nilai 6 atas permainannya dalam pertandingan ini.

3. Mohamed Salah melakukan comeback heroik dengan mencetak satu gol

Aksi 3 Pemain Afrika di Duel Brentford vs Liverpool 2023/2024Mohamed Salah (premierleague.com)

Mohamed Salah kembali ke Liverpool lebih awal dari Piala Afrika akibat mengalami cedera. Ia akhirnya dinyatakan fit sebelum bertandang ke Gtech Community Stadium, kandang Brentford. Pada laga tersebut, Salah masuk menggantikan Diogo Jota yang mengalami cedera pada babak pertama menit ke-44.

Ia menandai comeback dengan cara yang spektakuler. Salah mencetak satu gol kemenangan Liverpool 4-1 atas Brentford. Ia mampu membuat gerakan tipuan saat memutar pergerakannya dari kanan ke kiri kotak penalti Brentford. Salah memasukan bola dengan sempurna melalui sepakan kaki kirinya. Dilansir Fotmob, Mohamed Salah akhirnya terpilih sebagai man of the match dengan mendapat nilai 8,4.

Ketiga pemain asal Afrika di atas memiliki cerita yang berbeda ketika masuk sebagai pemain pengganti dalam laga Brentford versus Liverpool. Wissa mampu tampil cukup baik, sementara Onyeka gagal membawa stabilitas di lini tengah Brentford. Salah menunjukkan dirinya belum habis dengan menorehkan satu gol kemenangan Liverpool.

Baca Juga: 6 Kemenangan Terbesar Liverpool hingga Pekan ke-25 EPL 2023/2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya