3 Alasan Bayern Muenchen Masih Bisa Menjuarai Bundesliga 2023/2024

Bayer Leverkusen patut waspada

Bayern Muenchen menelan kekalahan 2-3 atas Vfl Bochum di Bundesliga Jerman pekan ke-25 pada 18 Februari 2024. Selisih poin Bayern Muenchen dengan pemuncak klasemen sementara, Bayer Leverkusen, kini menjadi delapan poin. Bayer Leverkusen yang belum terkalahkan di Bundesliga mengoleksi 58 poin, sementara itu Bayern Muenchen 50 poin.

Beberapa media mengatakan dominasi Bayern Muenchen di Bundesliga segera berakhir pada 2023/2024. Performa inkonsisten serta strategi manajer Bayern Muenchen, Thomas Tuchel, menjadi salah satu faktor kemunduran. Akan tetapi, Die Rotten adalah klub tersukses dalam sejarah sepak bola Jerman. Mereka selalu menemukan cara untuk bisa menjuarai Bundesliga meskipun mengalami musim yang tidak terlalu bagus.

Ada tiga alasan mengapa Bayern Muenchen masih berpeluang menjuarai Bundesliga. Hal ini patut diwaspadai Bayer Leverkusen. Sebab, jika lengah sedikit saja, Bayern Muenchen bisa menggeser posisi Bayer Leverkusen seperti yang terjadi kepada Borussia Dortmund pada akhir 2022/2023.

1. Pengalaman Bayern Muenchen dalam meraih titel juara Bundesliga

3 Alasan Bayern Muenchen Masih Bisa Menjuarai Bundesliga 2023/2024Bayern Muenchen juara Bundesliga 2022/2023. (bundesliga.com)

Bayern Muenchen telah menjuarai Bundesliga sebanyak 32 kali. Pengalaman Die Rotten bersaing ketat dengan klub-klub Bundesliga lainnya menjadi salah satu faktor kunci. Meskipun mengalami musim yang tidak terlalu bagus, Bayern Muenchen bisa saja keluar sebagai juara.

Misalnya, Bayern Muenchen mampu menjuarai Bundesliga setelah menyalip Borussia Dortmund pada akhir 2022/2023. Mereka saat itu bermain di laga tandang melawan FC Koeln pada pekan terakhir Bundesliga 2022/2023. Die Rotten juga berada di peringkat ke-2 di bawah Borussia Dortmund yang memuncaki klasemen. Akan tetapi, hasil seri yang dialami Dortmund saat melawan FSV Mainz dan kemenangan Bayern Muenchen 1-0 atas FC Koeln mengubah situasi di klasemen Bundesliga. Bayern Muenchen berhasil menggeser Dortmund dan keluar sebagai juara.

Selain itu, Bayern Muenchen dihuni para pemain berpengalaman yang sudah meraih banyak gelar juara dalam kariernya. Seperti Manuel Neuer dan Thomas Mueller yang dua kali meraih treble winner bersama Bayern Muenchen dan menjuarai Piala Dunia 2014. Pengalaman Bayern Muenchen patut menjadi perhatian bagi Bayer Leverkusen agar tidak lengah menjelang akhir 2023/2024.

Baca Juga: Bayern Munich dan Kesialan Mereka dalam Meraih Gelar Juara 2023/2024

2. Kembalinya para pemain kunci

3 Alasan Bayern Muenchen Masih Bisa Menjuarai Bundesliga 2023/2024Serge Gnabry (tengah) mengalami cedera patah tangan. (fcbayern.com)

Thomas Tuchel dipusingkan dengan beberapa pemain kunci yang mengalami cedera dan absen cukup lama. Misalnya, Serge Gnabry yang sudah mulai menjalani latihan setelah mengalami cedera patah tangah saat Bayern Muenchen mengalami kekalahan 1-2 atas Saarbruecken dalam laga DFB Pokal pada 2 November 2023. Meski begitu, Gnabry diprediksi baru bisa tampil pada awal Maret 2024.

Sementara itu, Konrad Laimer dan Alphonso Davies yang saat ini menderita cedera paha dan lutut sudah mulai pulih dan bisa segera kembali bermain. Kingsley Coman diperkirakan akan kembali bermain pada awal April 2024. Artinya, Bayern Muenchen tidak lama lagi akan diperkuat para pemain terbaiknya.

3. Performa para pemain bintang yang konsisten dalam mencetak gol

3 Alasan Bayern Muenchen Masih Bisa Menjuarai Bundesliga 2023/2024Harry Kane (twitter.com/FCBayernEN)

Bayern Muenchen memiliki sejumlah pemain bintang yang tampil cukup konsisten pada 2023/2024. Ini seperti Harry Kane yang telah mencetak 25 gol dalam 22 pertandingan di Bundesliga sampai pekan ke-22. Kapten Timnas Inggris itu selalu menemukan cara untuk merobek gawang lawan. Ia memang gagal mencetak gol saat Bayern Muenchen kalah 0-3 dari Bayer Leverkusen pada pekan ke-21. Akan tetapi, kualitas permainan Kane akan menjadi faktor kunci kebangkitan Bayern Muenchen di Bundesliga pada paruh kedua 2023/2024.

Selain itu, Jamal Musiala yang bermain di belakang Harry Kane juga menunjukkan peningkatan pada paruh kedua 2023/2024. Ia telah mencetak total 6 gol dan 2 assist dalam 17 laga di Bundesliga. Leroy Sane yang telah mencatat 8 gol dan 11 assist dalam 22 pertandingan Bundesliga juga menjadi salah satu pemain kunci bagi Bayern Muenchen dalam merebut posisi puncak klasemen dari Bayer Leverkusen.

Bayern Muenchen punya segudang pengalaman dan kualitas papan atas untuk bisa menyalip Bayer Leverkusen di Bundesliga pada 2023/2024. Kembalinya para pemain bintang yang absen karena cedera serta konsistensi performa lini depan juga perlu diwaspadai Bayer Leverkusen. Die Rotten pastinya tidak ingin dominasinya di Bundesliga berakhir. Mereka akan melakukan segalanya agar bisa mempertahankan gelar juara Bundesliga.

Baca Juga: 4 Pelatih yang Berpotensi Gantikan Thomas Tuchel di Bayern Munich

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya