3 Alumnus Akademi Liverpool yang Pernah Membela Fulham

Ada satu yang kini menjadi andalan The Cottagers

Liverpool beberapa kali melepas lulusan akademinya kepada Fulham. Sebagian ada berstatus sebagai pemain pinjaman, sedangkan lainnya menetap bersama klub asal London barat itu.

Para jebolan akademi Liverpool itu memiliki perjalanan karier yang berbeda ketika membela Fulham. Intip ketiga alumnus akademi Liverpool yang pernah bermain untuk Fulham berikut, ya!

1. Sheyi Ojo tidak dipermanenkan Fulham

3 Alumnus Akademi Liverpool yang Pernah Membela FulhamSheyi Ojo (fulhamfc.com)

Sheyi Ojo menjalani masa peminjaman bersama Fulham selama setahun pada musim panas 2017. Pemain asal Inggris itu awalnya sempat tampil reguler dari menit pertama. Ojo menjadi starter 13 kali dalam 24 penampilannya dan mencetak 4 gol serta 2 assist di semua kompetisi bersama Fulham. Sayangnya, ia mengalami masalah kebugaran sehingga sering kali absen.

Akibatnya, Ojo kehilangan tempat di tim utama dan gagal memaksimalkan potensinya. Ia kembali kepada Liverpool, tetapi berkali-kali dipinjamkan kepada sejumlah klub-klub di dalam dan luar Inggris. Liverpool baru melepas Ojo secara gratis pada musim panas 2022. Ia kemudian bergabung dengan Cardiff City pada 13 Juli 2022.

Baca Juga: 3 Fakta Unik seputar Bobby Clark, Calon Jenderal Lini Tengah Liverpool

2. Harry Wilson kini menjadi andalan lini depan Fulham

3 Alumnus Akademi Liverpool yang Pernah Membela FulhamHarry Wilson (kiri depan) (fulhamfc.com)

Harry Wilson tidak mendapat kesempatan bermain di tim utama Liverpool. Padahal, ia bermain cukup impresif ketika menjalani masa peminjaman di Bournemouth dengan mencetak 7 gol dan 2 assist dari 35 laga di semua kompetisi. Wilson akhirnya memutuskan hengkang dari Liverpool menuju Fulham pada musim panas 2021.

Wilson langsung menjadi andalan lini depan The Cottagers pada 2021/2022. Ia turut berkontribusi saat Fulham berhasil promosi ke Premier League dengan menorehkan 10 gol dan 20 assist dalam 41 laga di semua kompetisi. Wilson melanjutkan performa gemilangnya ketika The Cottagers bermain di Premier League pada 2022/2023.

Pemain asal Wales itu sejauh ini telah mengoleksi 101 penampilan dengan catatan 17 gol dan 32 assist di seluruh kompetisi. Wilson bahkan pernah merobek gawang Liverpool di stadion Anfield dalam laga Premier League pada 3 Desember 2023. Sayangnya, kala itu Fulham harus menelan kekalahan 3-4 dari Liverpool.

3. Neco Williams bermain di Fulham selama 6 bulan

3 Alumnus Akademi Liverpool yang Pernah Membela FulhamNeco Williams (fulhamfc.com)

Neco Williams menjalani masa peminjaman di Fulham selama 6 bulan pada 31 Januari 2022. Ia menyusul lulusan akademi Liverpool lainnya, Harry Wilson, yang terlebih dahulu bergabung dengan Fulham pada awal 2021/2022. Williams langsung menjadi bek kanan andalan The Cottagers saat menang 3-0 atas Millwall di pada laga Championship pekan ke-31.

Williams ikut membantu Fulham promosi ke Premier League pada akhir 2021/2022. Ia total bermain dalam 15 laga dengan torehan 2 gol dan 2 assist di semua kompetisi. Akan tetapi, Williams tidak dipermanenkan oleh Fulham. Liverpool menjualnya kepada Nottingham Forest pada musim panas 2022.

Ketiga alumnus akademi Liverpool di atas memiliki perjalanan karier yang beragam bersama Fulham. Ojo yang awalnya menjadi starter, malah kehilangan posisinya akibat cedera dan penurunan performa. Wilson dan Williams sukses membawa Fulham kembali bermain di Premier League pada 2022/2023. Akan tetapi, Williams tidak dipermanenkan oleh Fulham. Sementara kini Wilson masih menjadi andalan lini depan pada 2023/2024.

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool yang Didatangkan Langsung dari Fulham

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya