Analisis 3 Kandidat Juara Premier League 2023/2024

Kalah haram hukumnya

English Premier League (EPL) menyisakan tiga laga sampai pekan terakhir 2023/2024. Segala kemungkinan bisa terjadi dalam persaingan merebut gelar juara. Masih ada tiga klub yang punya kans mengangkat trofi juara EPL, antara lain Arsenal, Manchester City, dan Liverpool.

Ketiganya punya ambisi besar untuk meraih gelar juara. Lantas, seperti apa peluang dari masing-masing klub tersebut dalam persaingan menjadi yang terbaik di Inggris? Berikut analisis tiga kandidat juara Premier League 2023/2024!

1. Arsenal wajib menang di tiga laga terakhir sambil berharap Manchester City tergelincir

Analisis 3 Kandidat Juara Premier League 2023/2024Arsenal mengandalkan para talenta muda dalam bersaing di papan atas pada EPL 2023/2024. (premierleague.com)

Arsenal kini masih menjadi pemuncak klasemen sementara Premier League dengan perolehan 80 poin dari 35 pertandingan. The Gunners memiliki catatan selisih gol 57. Mereka unggul jauh dari pesaingnya, Manchester City (50) dan Liverpool (41).

Meski begitu, Arsenal memiliki jadwal yang cukup sulit. The Gunners akan menyambut AFC Bournemouth pada pekan ke-36 EPL pada 4 Mei 2024. Mereka kemudian mesti bertandang ke markas Manchester United, Old Trafford, pada pekan ke-37 pada 12 Mei 2024. Arsenal akan menghadapi Everton di Emirates Stadium pada pekan ke-38 pada 19 Mei 2024.

Lawan-lawan Arsenal di atas kertas memang terlihat mudah. Akan tetapi, fans Arsenal tentu ingat bagaimana klubnya harus susah payah menang 4-3 kontra Bournemouth di Emirates Stadium pada 2022/2023. Maka, Arsenal mesti berhati-hati saat melawan tiga lawan terakhir musim ini.

Arsenal juga memiliki rekor yang kurang bagus dalam lima kedatangan terakhirnya ke kandang MU, Old Trafford. Arsenal hanya 1 kali menang, 2 kali seri, dan 2 kali kalah. Manchester United tentu tidak akan membiarkan Arsenal menang begitu saja di kandang mereka. The Gunners bahkan perlu mewaspadai gaya permainan Everton yang kuat dalam bertahan dan melancarkan serangan balik lewat bola-bola atas.

Meski mampu memenangkan ketiga laga terakhir, Arsenal sebenarnya masih perlu berharap Manchester City tergelincir. Manchester City cukup meraih sekali hasil seri untuk membuka peluang Arsenal meraih gelar juara lebih besar. Sebab, jika Arsenal menang dalam 3 laga itu, perolehan poinnya 89. Sedangkan, Manchester City berpeluang mengumpulkan 91 poin apabila menang dalam 4 laga sisanya.

Jika Manchester City sekali meraih hasil seri, perolehan poinnya akan sama dengan Arsenal (89). Situasi itu bisa membuat The Gunners menjuarai EPL 2023/2024 karena unggul selisih gol dengan Manchester City. Ini sekaligus menjadi pelipur lara dari kegagalan mereka juara musim lalu karena disalip Manchester City.

Baca Juga: Mikel Arteta Yakin Arsenal Bisa Jadi Juara Premier League 2023/2024 

2. Manchester City punya peluang lebih besar dengan empat laga sisa di EPL 2023/2024

Analisis 3 Kandidat Juara Premier League 2023/2024Manuel Akanji (depan) membuka keunggulan Manchester City atas Copenhagen. (uefa.com)

Manchester City punya peluang besar menciptakan rekor sebagai klub Inggris pertama yang menjuarai Premier League dalam 4 tahun beruntun. The Citizens telah mendominasi sepak bola Inggris sejak kehadiran Pep Guardiola sebagai manajer pada musim panas 2016. Hanya Liverpool yang mampu menggusur kedigdayaan Manchester City dari singgasana juara EPL pada 2019/2020.

The Citizens masih punya sisa empat pertandingan sampai akhir 2023/2024. Mereka punya peluang meraih gelar juara lebih besar daripada Arsenal dan Liverpool. Jika Manchester City menang dalam 4 laga tersebut, maka perolehan poinnya menjadi 91.

Sedangkan, Arsenal sebagai pesaing terdekatnya hanya bisa mengumpulkan 89 poin jika memenangkan 3 laga terakhir EPL. Artinya, titel juara EPL sebenarnya berada dalam genggaman Manchester City. Namun, jika mereka meraih sekali seri atau kalah dan Arsenal memenangkan semua tiga laga sisa, maka Manchester City punya peluang yang lebih sulit untuk menjadi juara.

3. Liverpool hanya bisa berharap kedua pesaingnya terpeleset

Analisis 3 Kandidat Juara Premier League 2023/2024Para pemain Liverpool merayakan kemenangan 3-1 atas Fulham. (premierleague.com)

Liverpool awalnya menjadi kandidat kuat dalam meraih gelar juara Premier League pada 2023/2024. Namun, rentetan hasil buruk sejak seri (2-2) menghadapi Manchester United membuat The Reds kehilangan tajinya. Pasalnya, Liverpool hanya sekali menang dalam tiga laga terakhirnya di EPL.

Kekalahan melawan Crystal Palace dan Everton telah membuat Liverpool hampir pasti keluar dari persaingan gelar juara. Namun, bukan berarti peluang The Reds dalam meraih gelar juara EPL tertutup rapat. Jika Arsenal dan Manchester City sama-sama terpleset dengan meraih hasil seri atau kalah, maka peluang Liverpool menjuarai EPL 2023/2024 kembali terbuka. Asalkan, The Reds tidak lagi menelan hasil-hasil buruk dalam tiga pertandingan terakhir di EPL.

Persaingan ketat memburu gelar juara Premier League kerap terjadi sampai laga terakhir pada 2023/2024. Manchester City berpeluang besar menambah koleksi titel juara EPL dengan sisa empat laga. Sementara itu, Arsenal dan Liverpool hanya bisa berharap Manchester City terpleset minimal satu pertandingan.

Baca Juga: 5 Manajer yang Memimpin 300 Laga Premier League Bersama Satu Klub

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya