5 Bek Aktif Manchester United Paling Produktif, Maguire Top!

Kerap jadi pemecah kebuntuan

Manchester United berhasil menang 1-0 atas Copenhagen dalam laga fase grup Liga Champions 2023/2024, Rabu (25/10/2023). Satu-satunya gol The Red Devils dicetak oleh seorang bek tengah, Harry Maguire, pada babak kedua menit ke-72. Hasil ini membuat MU terus mempertahankan tren kemenangan tiga pertandingan beruntun di seluruh kompetisi. Manchester United kini berada di peringkat ke-3 Grup A UCL 2023/2024 dengan raihan 3 poin dari 3 laga.

Salah satu hal paling menarik dari pertandingan melawan Copenhagen adalah aksi Harry Maguire yang menjadi sosok kunci kemenangan MU. Pemain asal Inggris ini sering kali menjadi bahan kritik fans karena performanya yang buruk di lini belakang. Akan tetapi, torehan golnya kali ini bak menjawab segala keraguan akan kualitas permainan sang pemain.

Deretan bek Manchester United memang bukan termasuk yang sering mencetak gol terutama dari situasi permainan terbuka. Akan tetapi, bukan berarti para pemain belakang aktif ini memiliki catatan buruk dalam jumlah gol selama membela MU. 

1. Lisandro Martinez baru sekali mencetak gol

5 Bek Aktif Manchester United Paling Produktif, Maguire Top!Lisandro Martinez (manutd.com)

Lisandro Martinez salah satu bek Manchester United yang menjadi andalan manajer Erik ten Hag pada 2022/2023. Ia tampil dalam 46 penampilan di seluruh kompetisi. Martinez cukup sering naik membantu serangan terutama saat situasi bola mati. Pemain asal Argentina itu sejauh ini baru memberikan satu gol untuk MU.

Gol tersebut ia cetak saat MU kalah 2-3 atas Arsenal dalam pertandingan English Premier League (EPL) pekan ke-21. Ia memanfaatkan bola muntah hasil penyelamatan kiper Arsenal, Aaron Ramsdale, yang kurang sempurna. Sayangnya, Martinez kini tengah mengalami cedera kaki sehingga belum bisa menunjukkan aksi-aksinya.

Baca Juga: 4 Tim Denmark yang Pernah Bertemu Manchester United di Kompetisi Eropa

2. Raphael Varane dua kali merobek gawang lawan

5 Bek Aktif Manchester United Paling Produktif, Maguire Top!Raphael Varane (manutd.com)

Raphael Varane langsung menjadi bek utama MU sejak bergabung pada musim panas 2021. Bek asal Prancis itu menjadi harapan baru bagi pertahanan MU yang mudah kebobolan. Terlebih lagi, Varane memiliki segudang pengalaman meraih gelar juara bersama Real Madrid dan Timnas Prancis.

Varane tidak banyak mengalami kesulitan dalam menerapkan skema bertahan dari Erik ten Hag. Ia juga mampu bersaing dengan bek lainnya untuk masuk ke starting line up serta mampu bermain solid bersama siapa pun tandemnya. Varane juga selalu naik membantu serangan saat situasi bola mati. Ia total telah mencetak 2 gol dan 1 assist dari 72 penampilan di seluruh kompetisi bagi MU.

3. Victor Lindelof cukup produktif dengan torehan tiga gol

5 Bek Aktif Manchester United Paling Produktif, Maguire Top!Victor Lindelof (manutd.com)

Victor Lindelof memang tidak secara reguler tampil sebagai pemain utama MU. Ia lebih sering masuk sebagai pemain pengganti atau baru dimainkan sejak menit awal jika bek utama MU ada yang cedera. Meski begitu, kontribusinya bagi tim tidak bisa diremehkan.

Lindelof sudah mengoleksi 3 gol dan 7 assist dari 243 penampilan di seluruh kompetisi sampai 25 Oktober 2023. Ia menjadi bek tengah MU aktif dengan torehan gol terbanyak ketiga. Ketiga golnya itu kebanyakan berasal dari situasi bola mati, baik tendangan bebas maupun sepak pojok.

4. Johnny Evans sering mencetak gol pada periode pertamanya

5 Bek Aktif Manchester United Paling Produktif, Maguire Top!Jonny Evans (manutd.com)

Johnny Evans berseragam Manchester United dalam dua periode, yakni medio 2007--2015 dan 2023--2024. Jebolan akademi MU itu masih memiliki kemampuan bertahan yang cukup apik di usianya yang sudah memasuki 35 tahun. Tidak hanya bertahan, Evans juga menorehkan catatan mentereng dalam urusan mencetak gol.

Pemain asal Irlandia Utara itu sudah merobek gawang lawan sebanyak 7 kali dan memberikan 8 assist di seluruh kompetisi dalam dua periode bersama MU. Akan tetapi, ia belum mencetak gol pada musim kompetisi 2023/2024. Evans baru menorehkan satu assist saat MU berhasil mengalahkan Burnley 1-0 pada pekan ke-6 EPL.

5. Harry Maguire resmi menjadi bek tengah yang paling sering bikin gol

5 Bek Aktif Manchester United Paling Produktif, Maguire Top!Harry Maguire (uefa.com)

Harry Maguire berhasil membungkam haters yang kerap mengolok-oloknya di media sosial lewat torehan satu gol ke gawang Copenhagen dalam pertandingan babak grup Liga Champions Eropa 2023/2024. Ia menjadi pahlawan kemenangan pertama MU di Liga Champions Eropa pada musim tersebut. Maguire juga berhasil menorehkan 8 gol dan 6 assist dari 181 pertandingan di seluruh kompetisi sejak bergabung pada musim panas 2018.

Catatan gol tersebut membuatnya menjadi bek MU paling produktif. Meski sering mendapat kritik atas permainannya, Maguire tetap memberikan komitmen penuh kepada performa tim. MU beruntung tidak jadi menjualnya kepada West Ham United pada musim panas 2023. Pasalnya, ia bermain cukup apik saat menggantikan Raphael Varane dan Lisandro Martinez yang tengah cedera dalam tiga pertandingan terakhir.

Kelima bek tengah aktif Manchester United membuktikan bahwa mereka memiliki kontribusi cukup besar bagi performa tim. Hasil-hasil positif MU dalam 3 pertandingan terakhir juga mungkin terjadi berkat kontribusi dari bek-bek tengah mereka yang solid mengawal sisi pertahanan. 

Baca Juga: 4 Tim Denmark yang Pernah Bertemu Manchester United di Kompetisi Eropa

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya