4 Bek yang Mencetak Brace ke Gawang Juventus di Serie A Italia

Torehan yang jarang terjadi

Seorang bek memang tidak dibebankan mencetak gol dalam sebuah pertandingan. Di sisi lain, defender wajib menahan serangan tim lawan agar tidak merobek gawangnya. Namun, pemain bertahan yang mampu mencetak gol memiliki nilai tambah, terlebih lagi jika berhasil membobol klub besar seperti Juventus di Serie A Italia.

Menorehkan satu gol saja ke gawang Juventus bagi seorang bek tidaklah mudah. Akan tetapi, empat bek ini mampu merobek gawang Juventus dua kali dalam satu pertandingan atau brace di Serie A Italia. Salah satunya ada yang lewat skema serangan balik.

1. Giacinto Facchetti mencetak dua gol ke gawang Juventus pada 1965/1966

4 Bek yang Mencetak Brace ke Gawang Juventus di Serie A ItaliaGiacinto Facchetti (inter.it)

Giacinto Facchetti merupakan pemain legendaris Inter Milan yang bersinar pada 1960--1978. Ia total tampil dalam 637 pertandingan dengan torehan 76 gol sepanjang kariernya bersama Inter Milan. Total 76 gol tersebut cukup tinggi untuk pemain yang berposisi sebagai bek tengah.

Facchetti pernah mencetak brace ke gawang Juventus pada pekan 32 Serie A Italia 1965/1966. Kedua gol tersebut ia torehkan saat membuka keunggulan Inter Milan 2-0 atas Juventus saat pertandingan belum berjalan 15 menit. Berkat dua gol dari Facchetti, Inter Milan berhasil mengalahkan Juventus dengan skor 3-1.

2. Angelo Cereser menorehkan dua gol kontra Juventus di Serie A pada 1970/1971

4 Bek yang Mencetak Brace ke Gawang Juventus di Serie A ItaliaAngelo Cereser (x.com/TorinoFC_1906)

Angelo Cereser merupakan bek tengah yang melegenda bersama Torino. Ia membela Torino selama 13 tahun pada 1962--1975. Cereser sebenarnya bukan tipe bek yang memiliki ketajaman seperti Facchetti. Ia hanya mencetak 5 gol dari 302 pertandingan bersama Torino di semua kompetisi.

Namun, dari 5 golnya itu, 2 di antaranya tercipta ketika menorehkan brace ke gawang Juventus di Serie A Italia pada pekan ke-22 1970/1971. Gol pertama Cereser tercipta saat menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada babak pertama menit ke-15. Ia lalu berhasil menghindarkan Torino dari kekalahan ketika menorehkan gol pada menit ke-79. Torino dan Juventus harus puas berbagi satu angka setelah seri 3-3 dalam pertandingan ini.

Baca Juga: 5 Pemain Juventus yang Bersinar sebagai Pinjaman pada 2023/2024

3. Maurizio Domizzi membobol gawang Juventus dua kali pada 2007/2008

4 Bek yang Mencetak Brace ke Gawang Juventus di Serie A ItaliaMaurizio Domizzi (instagram.com/domizzimaurizio)

Maurizio Domizzi kerap kali berpindah-pindah klub sepanjang kariernya sebagai pemain. Salah satu klub yang pernah ia bela, yaitu Napoli pada 2006--2008. Domizzi menjadi bagian dari skuad Napoli yang sukses promosi ke Serie A Italia pada 2006/2007.

Sebagai bek tengah, rekor gol Domizzi cukup apik. Ia total mencetak 14 gol dalam 73 pertandingan bersama Napoli di semua kompetisi. Domizzi bahkan pernah menorehkan brace saat menghadapi Juventus di Serie A Italia pada pekan 9 Serie A Italia 2007/2008. Uniknya, kedua gol tersebut ia cetak melalui tendangan penalti pada babak kedua menit ke-62 dan 70.

4. Riccardo Calafiori mencetak brace ke gawang Juventus di Serie A pada 2023/2024

4 Bek yang Mencetak Brace ke Gawang Juventus di Serie A ItaliaRiccardo Calafiori (legaseriea.it)

Riccardo Calafiori menjadi salah satu bek muda yang menjadi sorotan di Serie A Italia pada 2023/2024. Ia tampil dalam 30 pertandingan dengan torehan 2 gol dan 5 assist di Serie A bersama Bologna pada 2023/2024. Kedua gol tersebut Calafiori torehkan ketika menghadapi Juventus pada pekan 37.

Calafiori merobek gawang Juventus dengan memanfaatkan bola muntah di depan gawang lewat sepakan kaki kirinya saat laga baru berjalan 2 menit. Ia kemudian mencetak gol lagi setelah pemain Juventus kehilangan bola. Hebatnya lagi, Calafiori membobol gawang Juventus lewat penyelesaian sempurna saat berhadapan satu lawan satu menghadapi kiper Wojciech Szczesny. Ia beraksi seperti seorang striker padahal posisinya sebagai bek tengah. Sayangnya, Bologna gagal meraih kemenangan setelah imbang 3-3.

Keempat bek tengah di atas sukses menorehkan rekor unik di Serie A Italia sebagai pemain yang mampu mencetak dua gol ke gawang Juventus. Dari empat pemain di atas, hannya Calafiori yang masih aktif bermain. Ia memiliki prospek cerah setelah tampil apik di Serie A Italia bersama Bologna. Juventus menjadi salah satu klub yang dikabarkan berminat mendatangkan Calafiori pada bursa transfer musim panas 2024.

Baca Juga: Bologna FC: Profil, Sejarah, Skuad, dan Staf Kepelatihan

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya