4 Bek Tengah Termuda yang Melakoni Debut di Timnas Spanyol

Salah satunya pernah meraih Piala Dunia dan Euro

Spanyol dikenal sebagai salah satu negara yang menghasilkan para pemain muda berbakat di berbagai posisi. Sebagian di antara talenta muda itu bahkan sudah bermain di level tertinggi, tidak hanya di level klub, tetapi juga di laga internasional bersama skuad senior Timnas Spanyol.

Pemain seperti Lamine Yamal, Pedri, dan Gavi telah membuktikan mampu menembus skuad senior Spanyol saat usianya belum mencapai 18 tahun. Namun, Spanyol tidak hanya kaya akan talenta muda yang bermain di posisi penyerang dan gelandang. La Furia Roja juga punya segudang bek tengah muda berbakat yang pernah melakoni debut saat usianya masih sangat muda.

Inilah empat bek tengah termuda yang sukses menjalani debut bersama skuad senior Timnas Spanyol.

1. Eric Garcia menjalani debutnya ketika berusia 19 tahun 7 bulan 28 hari

4 Bek Tengah Termuda yang Melakoni Debut di Timnas SpanyolEric Garcia (rfef.es)

Eric Garcia sukses membangun reputasinya sebagai bek muda potensial ketika tampil impresif bersama Manchester City. Ia mendapat panggilan pertamanya ke skuad senior Timnas Spanyol saat masih dilatih Luis Enrique. Garcia turun sebagai bek tengah kala La Furia Roja menghabisi Timnas Ukraina dengan skor 4-0 dalam laga UEFA Nations League pada 6 September 2020.

Ia mengawali laga tersebut sebagai pemain cadangan. Garcia baru masuk menggantikan Sergio Ramos pada babak kedua menit ke-61. Usianya saat itu baru 19 tahun 7 bulan 28 hari. Garcia sejauh ini telah mengoleksi 19 penampilan untuk Timnas Spanyol per Maret 2024.

2. Miguel Tendillo menjalani laga perdananya saat berusia 19 tahun 3 bulan 19 hari

4 Bek Tengah Termuda yang Melakoni Debut di Timnas SpanyolMiguel Tendillo (rfef.es)

Miguel Tendillo merupakan bek legendaris Spanyol yang pernah menjadi andalan Valencia pada medio 1978--1986. Ia sempat membela Real Murcia selama setahun pada 1986/1987. Ia lalu bergabung dengan Real Madrid pada 1987--1992. Tendillo menutup kariernya di level klub saat membela Real Burgos pada 1992/1993.

Di level internasional, Tendillo melakoni debutnya bersama skuad senior Timnas Spanyol kala usianya masih cukup muda. Ia masuk sebagai pemain pengganti ketika menghadapi Timnas Denmark dalam pertandingan persahabatan pada 21 Mei 1980. Tendillo kala itu berusia 19 tahun 3 bulan 19 hari. Ia total mengoleksi 27 caps bersama La Furia Roja sepanjang kariernya.

Baca Juga: Mewajarkan Sambutan Hangat bagi Sergio Ramos di Bernabeu

3. Sergio Ramos melakoni debutnya di Timnas Spanyol kala usianya 18 tahun 11 bulan 24 hari

4 Bek Tengah Termuda yang Melakoni Debut di Timnas SpanyolLuis Aragones (kiri) dan Sergio Ramos (kanan) (fifa.com)

Bakat Sergio Ramos sebagai salah satu calon bek papan atas sudah terlihat saat baru diorbitkan dari akademi Sevilla pada 2004/2005. Ia langsung mendapat panggilan membela Timnas Spanyol ketika La Furia Roja masih dilatih Luis Aragones pada Maret 2005. Ramos tampil menghadapi Timnas China dalam laga uji coba selama 45 menit pada 26 Maret 2005.

Ia kala itu masih ditempatkan sebagai bek kanan. Ramos melakoni debutnya saat masih berusia 18 tahun 11 bulan 24 hari. Ia kemudian berkembang menjadi bek tengah tangguh yang sukses menjadi bagian generasi emas Timnas Spanyol yang menjuarai Piala Dunia 2010 serta Euro 2008 dan 2012.

4. Pau Cubarsi menjalani laga pertamanya untuk Timnas Spanyol saat usianya 17 tahun 2 bulan

4 Bek Tengah Termuda yang Melakoni Debut di Timnas SpanyolPau Cubarsi (kanan) menjadi bek tengah termuda yang debut bersama Spanyol. (rfef.es)

Pau Cubarsi beberapa kali menjadi bek tengah andalan Barcelona pada paruh kedua 2023/2024. Penampilannya yang tenang dan etos kerja tinggi di lini belakang sukses menarik perhatian manajer Timnas senior Spanyol, Luis de la Fuente. Cubarsi akhrinya dipanggil untuk membela Timnas Spanyol dalam laga uji coba pada Maret 2024.

Ia mendapat kesempatan bermain di skuad senior Timnas Spanyol ketika menghadapi Kolombia dalam pertandingan persahabatan pada 22 Maret 2024. Cubarsi masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-83. Ia berhasil memecahkan rekor Sergio Ramos sebagai bek tengah termuda yang tampil untuk skuad senior Timnas Spanyol. Pasalnya, usia sang pemain baru memasuki 17 tahun 2 bulan.

Di antara empat pemain di atas, hanya Ramos, Garcia, dan Cubarsi yang masih aktif menjalani karier sebagai pemain. Ramos yang sudah berusia 37 tahun sudah menyatakan pensiun dari Timnas Spanyol. Sementara itu, Garcia belum mendapat panggilan sejak Piala Dunia 2022. Di sisi lain, kehadiran Cubarsi menunjukkan Spanyol tidak pernah kehabisan pemain muda berbakat di semua posisi termasuk bek tengah.

Baca Juga: Profil Pau Cubarsi, Remaja 16 Tahun yang Debut di Tim Utama Barcelona

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya