4 Bintang Atalanta yang Masuk dalam Tim Terbaik UEL 2023/2024

Salah satunya pahlawan kemenangan di babak final

Intinya Sih...

  • Atalanta meraih juara Liga Europa 2023/2024 setelah mengalahkan Bayer Leverkusen 3-0 di Dublin Arena.
  • Berat Djimsiti, Teun Koopmeiners, Matteo Ruggeri, dan Ademola Lookman menjadi pemain kunci dalam perjalanan Atalanta menuju gelar juara UEL.
  • Prestasi para pemain ini terbukti melalui kontribusi mereka di lapangan, baik dalam pertahanan maupun serangan.

Atalanta berhasil menjuarai Liga Europa (UEL) untuk pertama kalinya pada 2023/2024. Pencapaian ini begitu luar biasa bagi klub berjuluk La Dea itu sejak berdiri pada 1907. Atalanta meraih gelar juara UEL setelah mengalahkan Bayer Leverkusen dengan skor 3-0 di Dublin Arena, Irlandia, 22 Mei 2024.

Prestasi Atalanta ini tidak lepas dari para pemainnya yang tampil luar biasa sejak fase grup. Mereka menampilkan performa impresif secara konsisten sampai babak final. Tidak heran, Technical Observer Panel UEFA melibatkan empat pemain Atalanta ke dalam tim terbaik Liga Europa 2023/2024. Inilah keempat pemain Atalanta tersebut!

1. Berat Djimsiti tampil solid di lini belakang Atalanta

4 Bintang Atalanta yang Masuk dalam Tim Terbaik UEL 2023/2024Berat Djimsiti (instagram.com/djimsitiberat)

Berat Djimsiti didatangkan dari FC Zurich secara gratis pada Januari 2016. Ia harus menjalani dua kali masa peminjaman bersama Avellino dan Benevento pada periode 2016--2018. Djimsiti baru bermain di skuad utama Atalanta secara reguler sejak 2018/2019.

Perannya di lini belakang begitu krusial dalam menjaga pertahanan Atalanta di Liga Europa pada 2023/2024. Menurut Fotmob, Djimsiti mencatat 12 keunggulan dalam tekel, 59 duel fisik, dan 34 duel udara. Ia juga berhasil melakukan intersep 22 kali, memenangkan penguasaan bola 74 kali, dan hanya menerima 3 kartu kuning. Djimsiti juga aktif dalam mendistribusikan bola, lewat torehan 468 opran sukses, 63 akurasi umpan panjang, dan berhasil menciptakan 4 peluang.

Baca Juga: 3 Alasan Bayer Leverkusen Kalah di Final Europa League 2024

2. Teun Koopmeiners penuh determinasi di lini tengah Atalanta

4 Bintang Atalanta yang Masuk dalam Tim Terbaik UEL 2023/2024Teun Koopmeiners (twitter.com/Atalanta_BC)

Teun Koopmeiners menampilkan permainan apik secara konsisten di lini tengah Atalanta dalam 12 pertandingan Liga Europa. Ia memang hanya mencetak 2 assist. Namun, pergerakan, visi permainan, dan determinasinya sebagai gelandang berperan penting dalam gaya permainan Atalanta yang cukup menyerang. 

Dilansir laman resmi UEFA, akurasi operan Koopmeiners mencapai 76 persen dan 13 persen umpan silang. Ditambah lagi, ia melepaskan 4 tembakan ke arah gawang dari 21 percobaan. Meski tidak satu pun menjadi gol, pergerakannya cukup berbahaya. Di sisi lain, menurut Fotmob, Koopmeiners cukup aktif membantu pertahanan dengan memenangkan 12 tekel dan 46 duel fisik. Ia mampu memenangkan penguasaan bola 48 kali dan 8 kali blok.

3. Matteo Ruggeri menampilkan permainan impresif sebagai gelandang sisi kiri

4 Bintang Atalanta yang Masuk dalam Tim Terbaik UEL 2023/2024Matteo Ruggeri (instagram.com/ruggerimatteo_)

Matteo Ruggeri merupakan jebolan akademi Atalanta. Ia mulai tampil secara reguler di skuad utama Atalanta setelah menjalani masa peminjaman bersama Salernitana. Ruggeri memainkan peran penting dalam perjalanan Atalanta menjuarai Liga Europa pada 2023/2024.

Ia tampil dalam 10 laga dengan torehan 2 gol dan 1 assist. Menurut Fotmob, Ruggeri mampu melepaskan 360 operan sukses dan 15 akurat umpan panjang. Ditambah lagi, ia dapat menjalankan instruksi manajer Atalanta, Gian Piero Gasperini, ketika bertahan dengan memainkan sistem man-for-man marking. Terbukti, Ruggeri berhasil memenangi penguasaan bola 80 kali dan 39 unggul duel fisik.

4. Ademola Lookman menjadi pahlawan kemenangan Atalanta di babak final

4 Bintang Atalanta yang Masuk dalam Tim Terbaik UEL 2023/2024Ademola Lookman (uefa.com)

Ademola Lookman menjadi salah satu pemain Atalanta yang bermain apik di Liga Europa pada 2023/2024. Ia tampil dalam 11 pertandingan dengan torehan 5 gol dan 1 assist. Torehan 3 dari 5 gol yang Lookman cetak terjadi di laga final menghadapi Bayer Leverkusen.

Dilansir Fotmob, Ademola Lookman melakukan 491 sentuhan dan 25 kali melepaskan tembakan dengan 9 di antaranya tepat sasaran. Lookman juga mampu memberikan 228 operan dan menciptakan 12 peluang mencetak gol. Penampilan terbaiknya terjadi di laga final. Lookman mencetak trigol atau hattrick ke gawang Bayer Leverkusen. Aksinya itu berhasil membawa Atalanta menang 3-0 atas Bayer Leverkusen sekaligus meraih gelar juara UEL pada 2023/2024.

Keempat pemain di atas merupakan sosok vital dalam perjalanan Atalanta menjuarai Liga Europa. Mereka secara konsisten menampilkan kualitas permainan terbaiknya dari babak grup sampai final. 

Baca Juga: Berkat Atalanta, Italia Bisa Kirim 6 Tim di Liga Champions

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya