5 Bintang Eropa di Piala Asia 2023, Ada Son Heung Min!

Mereka berambisi meraih gelar juara

Beberapa bintang Eropa di Piala Asia 2023 telah meninggalkan klubnya untuk bergabung dengan pemusatan latihan bersama tim nasional mereka. Turnamen sepak bola antarnegara Asia itu akan diadakan di Qatar pada 12 Januari sampai 10 Februari 2024.

Para pelatih telah memanggil pemain terbaik yang membela klub-klub papan atas Eropa. Setidaknya, ada lima bintang Eropa di Piala Asia 2023.

1. Takehiro Tomiyasu baru sembuh dari cedera

5 Bintang Eropa di Piala Asia 2023, Ada Son Heung Min!Takehiro Tomiyasu (arsenal.com)

Takehiro Tomiyasu termasuk salah satu bintang Eropa di Piala Asia 2023 yang baru saja sembuh dari cedera otot. Pemain asal Jepang itu absen membela Arsenal dari awal Desember 2023. Ia baru kembali tampil ketika Arsenal kalah 1-2 dari Fulham di English Premier League pada pekan ke-20. Tomiyasu sendiri menjadi andalan Manajer Arsenal, Mikel Arteta, di lini belakang.

Ia termasuk pemain yang cukup fleksibel. Tomiyasu bisa bermain sebagai bek kanan, bek kiri, dan bek tengah. Arteta biasa memasang Tomiyasu sebagai bek kanan atau kiri. Di sisi lain, ia lebih sering bermain sebagai bek tengah di Timnas Jepang.

Tomiyasu melakoni debutnya di tim senior Timnas Jepang pada 12 Oktober 2018. Ia menjadi andalan Pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu, dalam turnamen penting seperti Piala Asia 2019, Copa America 2019, dan Piala Dunia 2022. Tomiyasu biasanya diduetkan dengan bek Borussia Moenchengladbach, Ko Itakura, di posisi bek tengah.

2. Takefusa Kubo tengah dalam performa terbaik

5 Bintang Eropa di Piala Asia 2023, Ada Son Heung Min!Takefusa Kubo (instagram.com/takefusa.kubo)

Takefusa Kubo mendapat panggilan dari Hajime Moriyasu untuk memperkuat lini serang Timnas Jepang. Pemain Real Sociedad ini tengah dalam performa terbaik pada paruh pertama 2023/2024. Ia menjadi salah satu bintang Eropa di Piala Asia 2023 yang cukup mendapat sorotan.

Kubo tercatat telah bermain dalam 18 pertandingan dengan torehan 6 gol dan 3 assist di semua kompetisi bersama Real Sociedad. Ia berhasil membawa klub berjuluk La Real itu lolos ke babak 16 besar Liga Champions Eropa. Kehadiran Kubo diharapkan dapat membawa Timnas Jepang meraih gelar juara Piala Asia 2023.

Baca Juga: 6 Pemain Asia Sudah Mencetak Gol di EPL 2023/2024, Endo Terbaru

3. Wataru Endo, bintang Eropa di Piala Asia 2023, mulai menemukan ritme permainan di Liverpool

5 Bintang Eropa di Piala Asia 2023, Ada Son Heung Min!Wataru Endo (liverpoolfc.com)

Wataru Endo kembali dipercaya memimpin skuad utama Jepang di Piala Asia 2023 sebagai kapten. Performanya bersama Liverpool tengah menjadi perbincangan di kalangan media dan fans. Ia sempat kesulitan pada awal 2023/2024. Akan tetapi, Endo perlahan-lahan mulai menemukan ritme permainan terbaiknya.

Endo telah bermain dalam 18 laga dengan torehan 2 gol di semua kompetisi bersama Liverpool. Sementara itu, ia telah mengoleksi 55 caps dengan catatan 2 gol dan 3 assist di seluruh kompetisi dengan Timnas Jepang. Perannya di lini tengah sangat krusial dalam mewujudkan misi menjuarai Piala Asia 2023.

4. Kim Min Jae siap kawal lini belakang Timnas Korea Selatan

5 Bintang Eropa di Piala Asia 2023, Ada Son Heung Min!Kim Min Jae (fcbayern.com)

Kim Min Jae merupakan salah satu pemain bintang Eropa di Piala Asia 2023 yang sedang dalam permainan terbaik. Ia langsung menjadi andalan lini belakang Bayern Muenchen setelah didatangkan dari Napoli pada musim panas 2023. Kim sejauh ini tercatat 22 kali tampil dan mencetak 1 gol di semua kompetisi bersama Bayern Muenchen.

Di sisi lain, Kim adalah bek andalan Timnas Korea Selatan sejak laga debutnya pada 31 Agustus 2017. Ia sudah mengoleksi 55 caps dengan torehan 4 gol dan 3 assist. Kim telah membela Timnas Korea Selatan dalam beberapa turnamen penting seperti Piala Asia 2019 dan Piala Dunia 2022. Ditambah lagi, ia baru-baru ini terpilih sebagai pemain terbaik Korea Selatan 2023.

5. Son Heung Min akan kembali memimpin skuad Korea Selatan

5 Bintang Eropa di Piala Asia 2023, Ada Son Heung Min!Son Heung Min (premierleague.com)

Son Heung Min kembali memimpin skuad utama Timnas Korea Selatan dalam ajang Piala Asia 2023. Kematangannya sebagai pemimpin telah terasah dengan baik sejak menggantikan peran Harry Kane dan Hugo Lloris sebagai kapten Tottenham Hotspur pada 2023/2024. Performa Son bersama Tottenham cukup mentereng pada paruh pertama 2023/2024. Ia sejauh ini sudah menorehkan 12 gol dan 5 assist dalam 21 pertandingan di semua kompetisi.

Son kini tercatat sebagai pemilik caps terbanyak di Timnas Korea Selatan yang akan berlaga di Piala Asia 2023. Ia telah tampil dalam 116 pertandingan dengan catatan 41 gol dan 19 assist. Son bersama rekan-rekannya di Timnas Korea Selatan bertekad membawa pulang trofi juara Piala Asia 2023. Mereka terhenti pada babak perempat final pada edisi 2019.

Kelima bintang Eropa di Piala Asia 2023 diharapkan mampu menampilkan permainan terbaiknya selama turnamen. Mereka akan bersaing untuk memperebutkan gelar juara Piala Asia 2023. Selain itu, kelima pemain ini juga harus menjaga kebugarannya. Sebab, mereka merupakan andalan bagi klubnya masing-masing.

Baca Juga: 4 Rekrutan Terbaik Paul Mitchell di Tottenham Hotspur, Termasuk Son!

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya