3 Pemain Bintang Jepang yang Tidak Ikut Piala Asia 2023

Performa mereka tidak telalu buruk di klub

Tim Nasional Jepang telah mengumumkan 26 pemain yang masuk dalam skuad utama untuk mengikuti Piala Asia 2023. Manajer Timnas Jepang, Hajime Moriyasu, membuat beberapa kejutan dalam pilihan para pemainnya. Kaoru Mitoma yang tengah mengalami cedera masuk dalam skuad untuk Piala Asia 2023. Padahal, tim dokter Brighton & Hove Albion mengatakan bahwa Mitoma butuh 4 sampai 6 minggu beristirahat.

Di sisi lain, beberapa bintang Jepang justru tidak mendapat panggilan ke tim nasional. Padahal, mereka sudah membuktikan punya kualitas bersama klubnya di Eropa. Setidaknya, ada tiga bintang Jepang yang dipastikan tidak ikut Piala Asia 2023.

1. Ao Tanaka secara mengejutkan tidak dipanggil ke Timnas Jepang

3 Pemain Bintang Jepang yang Tidak Ikut Piala Asia 2023Ao Tanaka (the-afc.com)

Ao Tanaka secara mengejutkan tidak terpilih untuk masuk skuad Timnas Jepang di Piala Asia 2023. Padahal, ia bermain cukup reguler dalam beberapa pertandingan bersama tim Samurai Biru. Tanaka pernah mencatat sejarah ketika mencetak gol melawan Timnas Spanyol di babak grup Piala Dunia 2022.

Performa Tanaka sebenarnya tidak terlalu buruk bersama Fortuna Düsseldorf pada 2023/2024. Ia bermain dalam 16 pertandingan dengan catatan 4 gol dan 1 assist di 2. Bundesliga. Tanaka bahkan menyumbangkan satu gol saat Timnas Jepang menang atas Thailand 5-0 di laga persahabatan pada 1 Januari 2024.

2. Daichi Kamada belum mendapatkan ritme permainan terbaiknya di Lazio

3 Pemain Bintang Jepang yang Tidak Ikut Piala Asia 2023Daichi Kamada (the-afc.com)

Daichi Kamada termasuk salah satu bintang Jepang yang tidak akan hadir di Piala Asia 2023. Pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu, mengatakan bahwa sang pemain belum tampil maksimal bersama klub barunya, Lazio. Kamada sendiri mengakui masih berusaha beradaptasi dengan skema permainan Lazio bersama manajernya, Maurizio Sarri.

Kamada sejauh ini sudah bermain dalam 21 pertandingan dengan torehan 1 gol dan 1 assist. Di level internasional, ia sudah mengoleksi 31 caps dengan catatan 7 gol dan 4 assist di semua kompetisi. Kamada terakhir kali tampil di Timnas Jepang saat menang 5-0 di pertandingan kualifikasi Piala Dunia zona Asia pada 16 November 2023. Ia bahkan mencetak satu gol dalam laga tersebut.

3. Kyogo Furuhashi belum juga mendapat kepercayaan dari pelatih Timnas Jepang

3 Pemain Bintang Jepang yang Tidak Ikut Piala Asia 2023Kyogo Furuhashi (the-afc.com)

Kyogo Furuhashi kembali tidak terpilih ke dalam skuad utama Timnas Jepang untuk mengikuti turnamen bergengsi. Ia sebelumnya tidak dipanggil saat Piala Dunia 2022. Hajime Moriyasu lagi-lagi meninggalkan Furuhashi lagi di Piala Asia 2023.

Padahal, Furuhashi selalu tampil tajam bersama klubnya, Celtic. Ia sukses menjadi top skor klub di Scottish Premiership dengan torehan 23 gol dalam 31 laga pada 2022/2023. Furuhashi melanjutkan penampilan impresifnya pada 2023/2024. Ia bermain dalam 29 pertandingan dengan torehan 10 gol dan 3 assist di semua kompetisi. Hajime Moriyasu tidak memberikan penjelasan secara detail tentang keputusannya meninggalkan Furuhashi untuk kedua kalinya.

Ketidakhadiran ketiga pemain di atas memberikan keuntungan tersendiri bagi klubnya. Sebab, klub-klub Eropa tengah memasuki jadwal yang cukup padat pada periode Januari--Februari. Namun, cukup disayangkan ketiga pemain tersebut tidak hadir di Piala Asia 2023 sebab mereka merupakan pemain dengan kualitas mumpuni.

Baca Juga: 5 Pemain Paling Diandalkan Hajime Moriyasu di Timnas Jepang

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya