3 Bintang Lazio yang Pernah Pindah ke Juventus

Tidak ada yang berasal dari Italia

Lazio dan Juventus beberapa kali melakukan pertukaran pemain ketika jendela transfer dibuka pada musim panas dan dingin. Beberapa pemain dengan nama besar pernah terlibat dalam proses transfer antara Lazio dengan Juventus.

Sebagian besar dari pemain bintang tersebut tampil impresif terlebih dahulu bersama Lazio kemudian dibeli dengan harga yang cukup tinggi oleh Juventus. Seperti tiga pemain bintang Lazio berikut yang pernah Juventus beli dengan harga yang tidak murah.

1. Pavel Nedved menjadi pemain termahal yang pernah Juventus beli dari Lazio

3 Bintang Lazio yang Pernah Pindah ke JuventusPavel Nedved (sslazio.it)

Pavel Nedved membangun reputasinya sebagai salah satu gelandang terbaik di Eropa saat masih membela Lazio. Ia mencatat 208 penampilan dengan torehan 51 gol dan 29 assist di semua kompetisi. Pemain asal Republik Ceko itu sukses membawa Lazio menjuarai Serie A Italia pada 1999/2000. Nedved kemudian menarik perhatian klub-klub besar Eropa, salah satunya Juventus.

Klub berjuluk I Bianconerri itu berani menebus Nedved dengan harga fantastis sebesar 45 juta euro atau Rp771 miliar pada musim panas 2001. Sang pemain berhasil menjawab ekspektasi publik dengan terus tampil konsisten bersama Juventus bahkan saat klubnya terdegradasi ke Serie B karena kasus calciopoli pada 2006. Nedved total bermain dalam 327 laga dengan mencetak 65 gol dan 77 assist di semua kompetisi. Ia membantu Juventus meraih gelar juara Serie A Italia pada 2001--2003.

2. Marcelo Salas gagal memenuhi ekspektasi setelah pindah dari Lazio ke Juventus

3 Bintang Lazio yang Pernah Pindah ke JuventusMarcelo Salas (sslazio.it)

Marcelo Salas sempat menjadi salah satu penyerang top Serie A Italia kala membela Lazio pada 1998--2002. Ia turut membantu Lazio meraih gelar juara Serie A Italia pada 2000/2001. Salas total mencetak 48 gol dan 13 assist dalam 117 penampilannya di semua kompetisi bersama Lazio.

Juventus lalu membelinya dengan harga 25 juta euro atau Rp428 miliar pada musim panas 2001. Sayangnya, Salas gagal memenuhi ekspektasi I Bianconeri dengan hanya mencetak 4 gol dan 3 assist dalam 32 pertandingan di semua kompetisi. Ia lebih sering mengalami cedera ketimbang menunjukkan aksinya di lapangan. Salas kemudian dipinjamkan kepada River Plate pada 2003--2005. Ia dilepas secara gratis kepada Universidad de Chile pada musim panas 2005.

3. Stephan Lichtsteiner termasuk pemain underrated yang bersinar bersama Juventus

3 Bintang Lazio yang Pernah Pindah ke JuventusStephan Lichtsteiner (juventus.com)

Stephan Lichtsteiner tampil secara reguler dan konsisten selama membela Lazio. Ia tidak pernah mencatat penampilan kurang dari 30 laga di Serie A Italia bersama Lazio pada 2008--2011. Lichtsteiner total bermain dalam 117 pertandingan di semua kompetisi.

Pemain asal Swiss itu lalu dibeli Juventus dengan harga yang cukup murah sebesar 9,93 juta euro atau Rp170 miliar pada musim panas 2011. Ia kembali bermain konsisten bersama Juventus dengan total 258 penampilan di semua kompetisi. Lichtsteiner cukup berkontribusi dalam raihan gelar juara Serie A Italia pada 2012--2018 dan membawa Juventus menembus final Liga Champions Eropa pada 2014/2015 dan 2016/2017. Ia lalu dilepas secara gratis ke Arsenal pada musim panas 2018.

Dari tiga pemain di atas, hanya Salas yang mengalami kegagalan ketika pindah dari Lazio ke Juventus. Penampilannya menurun akibat berbagai cedera selama membela Juventus. Di sisi lain, Nedved dan Lichtsteiner punya kontribusi besar kepada prestasi Juventus di Serie A Italia.

Baca Juga: 3 Laga Tandang Terakhir Juventus ke Markas Lazio, Sengit!

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya