4 Bintang Timnas Prancis yang Bermain di Derbi Milan Edisi 179

Salah satunya mencetak gol fantastis

Derbi panas antarklub Milan, Inter Milan dan AC Milan, tersaji pada pekan ke-4 Serie A Italia 2023/2024. Derbi yang juga disebut Derby della Madonnina itu digelar di Giuseppe Meazza, San Siro, Milan, Italia, Sabtu (16/9/2023).

Inter Milan yang bertindak sebagai tuan rumah sukses memenangi laga panas itu dengan skor telak 5-1. Gol-gol kemenangan mereka dicetak Henrikh Mkhitaryan, Marcus Thuram, dan Hakan Calhanoglu. Dengan hasil ini, Inter Milan untuk sementara berada di puncak klasemen Serie A dengan raihan 12 poin dari 4 pertandingan.

Ada hal unik yang tersaji dalam Derby della Madonnina pada paruh pertama Serie A 2023/2024. Inter Milan maupun AC Milan sama-sama menurunkan para pemain andalan dari Timnas Prancis. Setidaknya ada empat bintang Timnas Prancis yang bermain di Derbi Milan edisi 179.

1. Mike Maignan menjadi kiper utama AC Milan dan Timnas Prancis

4 Bintang Timnas Prancis yang Bermain di Derbi Milan Edisi 179Mike Maignan (acmilan.com)

Mike Maignan makin memantapkan statusnya sebagai salah satu penjaga gawang terbaik Eropa. Ia telah memainkan 72 pertandingan untuk AC Milan sejak bergabung dari Lille pada 2020. Menurut catatan Transfermarkt, Maignan memiliki rekor 30 clean sheet dan kebobolan 66 kali selama membela AC Milan.

Performa Maignan sebenarnya sempat menurun pada 2022/2023. Ia kebobolan 28 kali dan mencatatkan clean sheet sebanyak 10 kali di seluruh kompetisi. Maignan juga absen dalam 16 pertandingan Serie A serta melewatkan laga-laga penting untuk Timnas Prancis akibat cedera yang ia alami selama 2022/2023. Mantan kiper Lille itu bahkan kebobolan 5 gol saat melawan Inter Milan dalam laga Derby della Madonnina edisi 179.

Meski begitu, pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps, mengonfirmasi Maignan akan menjadi penjaga gawang utama untuk Timnas Prancis. Deschamps menilai Maignan memiliki kualitas yang diperlukan untuk menggantikan Hugo Lloris yang memutuskan pensiun dari sepak bola internasional pada Januari 2023. Hingga kini, Maignan telah tampil sebagai penjaga gawang utama Timnas Prancis dalam sepuluh pertandingan sejak menjalani debut pada Oktober 2020.

2. Theo Hernandez tampil tidak terlalu bagus dalam laga melawan Inter Milan

4 Bintang Timnas Prancis yang Bermain di Derbi Milan Edisi 179Theo Hernandez (instagram.com/acmilan)

Theo Hernandez turun sebagai bek kiri AC Milan dalam Derby della Madonnina pada paruh pertama Serie A 2023/2024. Sayangnya, ia gagal membawa klubnya memenangi pertandingan tersebut. Hernandez juga tidak mampu berbicara banyak sepanjang laga meskipun bermain penuh selama 90 menit.

Menurut situs resmi Serie A, Hernandez tidak menciptakan satu pun key passes dan assist. Ia juga hanya mencatatkan 59 operan sukses. Padahal, Hernandez dikenal sebagai pemain yang cukup berbahaya ketika AC Milan membangun serangan, terutama dari sisi kiri.

Hernandez sendiri sudah memantapkan posisinya sebagai bek kiri utama AC Milan dan Timnas Prancis. Ia berperan besar dalam membawa AC Milan meraih gelar juara Serie A 2021/2022 dan mencapai semifinal Liga Champions Eropa 2022/2023. Berkat performa apiknya itu, Hernandez dipercaya sebagai wakil kapten AC Milan sejak musim lalu.

Baca Juga: 4 Faktor Milan Kena Bantai Inter di Derby della Madonnina

3. Olivier Giroud gagal mencetak gol, tetapi masih memiliki kontribusi

4 Bintang Timnas Prancis yang Bermain di Derbi Milan Edisi 179Olivier Giroud (instagram.com/oliviergiroud)

Olivier Giroud mendapat kepercayaan dari Stefano Pioli sebagai penyerang utama AC Milan dalam Derby della Madonnina. Ia bermain bersama Rafael Leao di sayap kiri dan Christian Pulisic di sayap kanan. Sayangnya, Giroud gagal mencetak satu pun gol dalam Derby della Madonnina pertama di Serie A 2023/2024.

Giroud kesulitan menembus pertahanan kokoh Inter Milan yang dikawal bek-bek tangguh, macam Matteo Darmian, Francesco Acerbi, dan Alessandro Bastoni. Ia akhirnya digantikan Luka Jovic pada babak kedua menit ke-78. Meski begitu, Giroud masih memiliki kontribusi dalam laga tersebut dengan memberikan assist kepada Rafael Leao ketika AC Milan mencetak satu gol pada menit ke-57.

4. Marcus Thuram berhasil mencetak gol spektakuler ke gawang Mike Maignan

https://www.youtube.com/embed/KWeX_ZjJxQQ

Marcus Thuram adalah salah satu pemain baru yang didatangkan Inter Milan pada bursa transfer musim panas 2023. Inter Milan beruntung mendapatkan penyerang berkualitas seperti Thuram secara gratis setelah kontrak sang pemain habis bersama Borussia Moenchengladbach. Pelatih Inter Milan, Simone Inzaghi, menaruh harapan besar kepada Thuram agar bisa berduet dengan Lautaro Martinez di lini depan.

Thuram menjawab kepercayaan pelatihnya tersebut dengan gol spektakuler melawan AC Milan pada Derby della Madonnina pertamanya. Ia melesakkan tendangan melengkung yang keras dan akurat ke pojok kanan gawang Mike Maignan untuk mencetak gol kedua Inter Milan. Sejauh ini, Thuram telah menciptakan 2 gol dari 4 pertandingan awal Serie A.

Keempat pemain Prancis tersebut merupakan andalan bagi klubnya masing-masing. Uniknya, mereka juga turut membela Timnas Prancis pada pertandingan Kualifikasi Euro 2024 melawan Republik Irlandia pada 7 September 2023. Kini, para pemain Prancis tersebut bersiap untuk berkompetisi di Liga Champions yang akan dimulai pada 19 dan 20 September 2023.

Baca Juga: 7 Pemain Italia di AC Milan 2023/2024, Ada Davide Calabria!

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya