Duet Bek Tengah dengan Persentase Kemenangan Tertinggi di EPL 2024

Mereka begitu penting bagi klubnya

English Premier League menghadirkan sejumlah pasangan bek tengah yang tampil apik pada 2023/2024. Kemitraan mereka mampu memberikan hasil positif kepada klubnya, seperti meraih kemenangan.

Para bek tersebut membuktikan kehadiran mereka sama pentingnya dengan para penyerang yang bertugas mencetak gol. Pertahanan kokoh dapat menjadi faktor kunci sebuah klub mempertahankan keunggulan sampai pertandingan berakhir.

Dilansir Opta, inilah tiga duet bek tengah dengan persentase kemenangan tertinggi di EPL 2024. Catatan itu terhitung sampai akhir Maret tahun ini.

1. Nathan Ake dan Ruben Dias mencatat 71,4 persen kemenangan

Duet Bek Tengah dengan Persentase Kemenangan Tertinggi di EPL 2024Ruben Dias (kiri) dan Nathan Ake (kanan) (instagram.com/nathanake)

Nathan Ake dan Ruben Dias sama-sama bek yang memiliki kualitas permainan apik di Manchester City. Keduanya punya kemampuan mendistribusikan bola dari belakang serta keberanian saat bertahan. Ake dan Dias sejauh ini telah bermain bersama sebagai bek tengah dalam tujuh laga EPL.

Mereka mencatat 5 kali menang serta masing-masing 1 kali seri dan kalah. Persentase kemenangan pasangan Ake dan Dias mencapai 71,4 persen. Statistik ini lebih baik daripada ketika Dias berpasangan dengan Manuel Akanji. Pasalnya, duet Dias-Akanji hanya mencatat persentase kemenangan 66,6 persen dalam 6 pertandingan.

Baca Juga: 6 Eks Pemain Premier League yang Berseragam Atletico Madrid 2023/2024

2. Jarell Quansah dan Virgil van Dijk menorehkan persentase kemenangan mencapai 80 persen

Duet Bek Tengah dengan Persentase Kemenangan Tertinggi di EPL 2024Jarrell Quansah (kiri) dan Virgil van Dijk (kanan) (instagram.com/virgilvandijk)

Jarell Quansah merupakan salah satu bintang muda Liverpool yang tengah naik daun pada 2023/2024. Ketenangannya saat memegang bola dan mendapat tekanan dari lawan menjadi salah satu keunggulannya. Quansah beberapa kali berpasangan dengan kapten Liverpool sekaligus Timnas Belanda, Virgil van Dijk, dalam skema empat bek yang diterapkan Liverpool.

Quansah dan Van Dijk bermain bersama dalam lima pertandingan EPL. Mereka mampu meraih 4 kemenangan dan 1 seri. Keduanya belum kalah sekali pun. Hasil sekali seri didapat ketika Liverpool bermain imbang 1-1 kontra Manchester City pada pekan ke-29 EPL 2023/2024. Persentase kemenangan mereka pun mencapai 80 persen per Maret 2024. Angka tersebut bisa saja bertambah mengingat Ibrahima Konate dan Joel Matip masih absen akibat cedera.

3. Ezri Konsa dan Pau Torres punya catatan kemenangan tertinggi dengan 87,5 persen

Duet Bek Tengah dengan Persentase Kemenangan Tertinggi di EPL 2024Ezri Konsa (kiri) dan Pau Torres (kanan) (instagram.com/ezrikonsa)

Ezri Konsa dan Pau Torres menjadi duet bek tengah dengan persentase kemenangan tertinggi sampai pekan ke-29 EPL 2023/2024. Keduanya telah bermain bersama dalam delapan pertandingan. Selama mereka bermitra di lini belakang, Aston Villa meraih 7 kemenangan dan 1 kekalahan.

Persentase kemenangan keduanya mencapai 87,5 persen. Namun, manajer Aston Villa, Unai Emery, sering merotasi lini belakangnya. Ia kadang memadukan Torres bersama Clement Lenglet sementara Konsa menjadi bek kanan. Ketika Konsa dan Torres berduet di tengah, performa pertahanan Aston Villa berjalan lebih baik dengan meraih tujuh kemenangan. Keduanya punya peran krusial dalam menjaga kans Aston Villa lolos ke Liga Champions Eropa 2024/2025.

Ketiga duet bek tengah di atas menunjukkan pentingnya pertahanan dalam meraih kemenangan. Tidak hanya mencetak gol sebanyak mungkin, tetapi juga menjaga gawang agar tidak kebobolan yang dapat memengaruhi hasil laga. Terlebih lagi, ketiga pasangan bek tengah di atas membela klub yang tengah bersaing ketat di papan atas klasemen sementara EPL.

Unai Emery bisa mempertimbangkan lebih sering untuk menduetkan Konsa dan Torres untuk menjaga peluang finis di empat besar. Sementara itu, duet Quansah dan Van Dijk serta Ake dan Dias memegang peran kunci bagi Liverpool dan Manchester City dalam perburuan gelar juara English Premier League 2023/2024.

Baca Juga: 7 Calon Kuat Top Skor Premier League 2023/2024 per Maret 2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya