4 Eks Bintang Benfica yang Kariernya Redup saat Pindah ke Klub Lain

Mereka tidak mampu memaksimalkan bakatnya

Benfica termasuk salah satu klub top Eropa yang konsisten menghasilkan para pemain bintang. Klub berjuluk As Guias itu pernah mengorbitkan talenta kelas dunia, seperti Ruben Dias, Bernardo Silva, dan Angel Di Maria. Deretan pemain besar itu berhasil menuai kesuksesan ketika dijual kepada klub-klub besar Eropa.

Akan tetapi, tidak semua pemain berbakat yang diorbitkan oleh Benfica mampu bersinar di klub lain. Sebagian dari mereka bahkan mengalami penurunan karier yang cukup signifikan. Misalnya empat pemain berikut yang pernah menjadi bintang Benfica, tetapi gagal total saat bermain di klub papan atas.

1. Fabio Coentrão tidak mampu bersaing dengan Marcelo di Real Madrid

4 Eks Bintang Benfica yang Kariernya Redup saat Pindah ke Klub LainFabio Coentrão (uefa.com)

Fabio Coentrão merupakan bek kiri andalan Benifca pada periode 2009--2011. Ia mampu mencatat 90 penampilan dengan torehan 8 gol dan 16 assist di semua kompetisi selama berseragam As Guias. Real Madrid yang masih dilatih oleh Jose Mourinho termasuk salah satu klub besar Eropa yang mengincar Coentrão.

Ia akhirnya ditebus oleh El Real dengan harga 30 juta euro atau Rp509 miliar pada musim panas 2011. Coentrão diharapkan mampu memberikan persaingan kepada bek kiri utama Real Madrid, Marcelo. Namun, ia gagal menampilkan performa apik selama berseragam Los Blancos.

Coentrão mengakui kesulitan bersaing dengan Marcelo dan beradaptasi dengan sepak bola Spanyol. Ia total mencatat 106 penampilan dengan torehan 1 gol dan 11 assist di semua kompetisi. Real Madrid sempat meminjamkannya kepada AS Monaco dan Sporting Lisbon, tetapi permainannya tidak kunjung membaik. Coentrão akhirnya dilepas secara gratis kepada Rio Ave pada musim panas 2018.

Baca Juga: 3 Pemain Akademi Benfica yang Membela Manchester City pada 2023/2024

2. Lazar Markovic kurang memaksimalkan potensinya di Liverpool

4 Eks Bintang Benfica yang Kariernya Redup saat Pindah ke Klub LainLazar Markovic (liverpoolfc.com)

Lazar Markovic sempat digadang-gadang bintang masa depan Timnas Serbia setelah menampilkan permainan ciamik bersama Benfica pada 2013/2014. Ia memiliki catatan 7 gol dan 5 assist dari 49 penampilannya di semua kompetisi. Kemampuan olah bolanya saat melakukan dribel, kecepatan, dan visi permainannya bikin klub-klub besar Eropa menaruh minat kepadanya.

Liverpool akhirnya menjadi destinasi Markovic selanjutnya setelah dibeli dengan harga 20 juta pound sterling atau Rp391 miliar pada musim panas 2014. Sayangnya, ia langsung mengalami cedera tendon yang membuatnya absen selama sesi latihan pra musim. Markovic juga gagal menunjukkan potensinya ketika dimainkan oleh manajer Liverpool saat itu, Brendan Rodgers. Ia hanya menorehkan 3 gol dan 1 assist dalam 34 pertandingan di semua kompetisi pada 2014/2015.

Markovic kemudian dipinjamkan kepada beberapa klub Eropa, mulai dari Fenerbahce, Sporting Lisbon, Hull City, hingga Anderlecht. Akan tetapi, ia gagal memperbaiki permainannya sehingga dilepas secara gratis kepada Fulham pada Januari 2019. Markovic hanya memperkuat Fulham selama 6 bulan. Ia lantas dilepas secara gratis lagi kepada Partizan Belgrade pada September 2019. Markovic kini tercatat sebagai pemain klub asal Turki, Gaziantep FK, sejak Juni 2023.

3. Nico Gaitan gagal beradaptasi di Atletico Madrid

4 Eks Bintang Benfica yang Kariernya Redup saat Pindah ke Klub LainNico Gaitan (laliga.com)

Nico Gaitan tampil memukau bersama Benfica pada periode 2010--2016. Ia berhasil mencetak 41 gol dan 89 assist dalam 253 pertandingan di semua kompetisi. Gaitan kemudian memutuskan pindah ke Atletico Madrid pada Juli 2016.

Atletico Madrid menebusnya dari Benfica dengan harga 25 juta euro atau Rp423 miliar. Sayangnya, ia gagal beradaptasi dengan ketatnya LaLiga Spanyol dan skema permainan pragmatis yang diterapkan oleh manajer Atletico Madrid, Diego Simeone. Gaitan hanya tampil dalam 49 laga dengan catatan 4 gol dan 5 assist di semua kompetisi. Ia sempat berganti-ganti klub setelah dilepas oleh Atletico Madrid pada Februari 2018. Gaitan kini tercaatat belum memiliki klub setelah kontraknya bersama klub asal Portugal, Pacos Ferreira habis.

4. Renato Sanches gagal total bersama Bayern Muenchen

4 Eks Bintang Benfica yang Kariernya Redup saat Pindah ke Klub LainRenato Sanches (bundesliga.com)

Renato Sanches berhasil membuat sensasi ketika menerima penghargaan Golden Boy 2016. Ia menampilkan performa luar biasa bersama Benfica pada 2015/2016. Sanches mampu tampil dalam 35 laga dengan torehan 2 gol dan 1 assist di semua kompetisi.

Bayern Muenchen menjadi klub yang berhasil mendapatkan tanda tangannya ketika membelinya dari Benfica dengan harga 35 juta euro atau Rp593 miliar pada musim panas 2016. Akan tetapi, ia gagal beradaptasi dengan gaya sepak bola Jerman serta taktik manajer Bayern Muenchen saat itu, Carlo Ancelotti. Akibatnya, Bayern Muenchen langsung meminjamkannya kepada Swansea City pada musim panas 2018. Nasibnya makin buruk setelah gagal menyelamatkan Swansea dari degradasi pada 2017/2018.

Sanches lalu dijual kepada LOSC Lille pada musim panas 2019. Ia sempat bangkit dengan turut mempersembahkan gelar juara Ligue 1 pada 2020/2021. Namun, performanya kembali mengecewakan ketika membela Paris Saint-Germain (PSG) pada 2022/2023. Ia hanya tampil dalam 29 pertandingan dengan 17 kali sebagai pemain pengganti dan 6 kali bermain sejak awal laga. Sanches kini tengah menjalani masa peminjaman di AS Roma, tetapi dirinya kembali menemui kesulitan menemukan permainan terbaiknya.

Keempat eks talenta berbakat Benfica di atas bisa menjadi peringatan bagi para pemain seperti Darwin Nunez di Liverpool dan Goncalo Ramos di PSG. Sebab, mereka belum mampu tampil tajam bersama klubnya usai dijual oleh Benfica. Hal tersebut membuktikan bahwa bersinar bersama Benfica di usia muda tidak menjamin kesuksesan saat bermain untuk klub besar lainnya.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Membela Benfica dan FC Porto, Siapa Saja?

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya