4 Eks Bintang Bundesliga di Laga Manchester City vs Chelsea 2023/2024

Tidak ada yang mencetak gol atau assist

Pertandingan antara Manchester City kontra Chelsea berakhir 1-1 dalam laga English Premier League (EPL) pekan ke-25 pada 17 Februari 2024. Raheem Sterling membuka keunggulan lewat golnya pada babak pertama menit ke-42. Rodri kemudian membalasnya dengan sepakan kerasnya pada babak kedua menit ke-83.

Hasil seri ini membuat jarak Manchester City dengan pemuncak klasemen sementara EPL menjadi empat poin. Sebab, The Citizens kini turun ke peringkat ke-3 lewat raihan 53 poin, sementara Liverpool yang menang 4-1 atas Brentford unggul dengan perolehan 57 poin.

Duel sengit antara Manchester City versus Chelsea ini diwarnai dengan penampilan eks bintang Bundesliga. Mereka sebelumnya pernah bersinar bersama klub-klub papan atas Bundesliga sebelum hijrah ke EPL. Berikut aksi empat mantan Bundesliga yang bermain dalam laga Manchester City melawan Chelsea di EPL pekan ke-25 pada 2023/2024.

1. Christopher Nkunku tidak mampu membuat perubahan sebagai pemain pengganti

4 Eks Bintang Bundesliga di Laga Manchester City vs Chelsea 2023/2024Christopher Nkunku (chelseafc.com)

Christopher Nkunku merupakan salah satu top skor Bundesliga pada 2022/2023. Ia bersama Niclas Fullkrug sama-sama menorehkan 16 gol. Nkunku kemudian hengkang dari RB Leipzig menuju Chelsea pada musim panas 2023. Namun, ia belum tampil secara reguler karena masih memiliki masalah kebugaran sejak awal 2023/2024. Manajer Chelsea, Mauricio Pochettino, memutuskan mencadangkan Nkunku dalam laga melawan Manchester City.

Ia akhirnya masuk menggantikan Raheem Sterling pada babak kedua menit ke-64. Nkunku yang diharapkan mampu menambah daya serang Chelsea tidak berkutik menghadapi bek-bek Manchester City. Ia juga tidak didukung oleh rekan-rekannya seperti Cole Palmer dan Nicolas Jackson yang ditarik keluar demi bermain bertahan. Dilansir Fotmob, Nkunku hanya mendapat nilai 6,1 pada pertandingan tersebut.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Chelsea dari Klub Bundesliga, Nkunku Terbaru!

2. Manuel Akanji tampil cukup solid sebagai gelandang bertahan

4 Eks Bintang Bundesliga di Laga Manchester City vs Chelsea 2023/2024Manuel Akanji (mancity.com)

Manuel Akanji mendapat kepercayaan dari manajer Manchester City, Pep Guardiola, untuk memulai laga kontra Chelsea sebagai starter. Eks pemain Borussia Dortmund itu tampil sebagai gelandang bertahan bersama Rodri dalam skema permainan 3-2-4-1. Akanji yang posisi aslinya bek tengah, mampu tampil solid selama 90 menit.

Dilansir Fotmob, Akanji mencatat 4 kali aksi defensif dan 6 kali memenangkan penguasaan bola. Ia mampu memenangkan masing-masing tiga kali duel fisik dan duel bola bawah. Akanji juga aktif mendistribusikan bola dengan melakukan 78 sentuhan dengan bola serta mencatat 63 operan sukses dari 66 percobaan. Ia mendapat nilai 6,8 atas permainannya dalam pertandingan melawan Chelsea.

3. Erling Haaland memberikan ancaman kepada pertahanan Chelsea, tetapi gagal bikin gol

4 Eks Bintang Bundesliga di Laga Manchester City vs Chelsea 2023/2024Erling Haaland (premierleague.com)

Erling Haaland menjadi ujung tombak Manchester City dalam pertandingan kontra Chelsea di EPL pekan ke-25 pada 17 Februari 2024. Eks bintang Borussia Dortmund itu mampu memberikan ancaman serius kepada pertahanan Chelsea selama 90 menit. Sayangnya, Haaland gagal menorehkan gol dalam laga ini.

Menurut Fotmob, pemain asal Norwegia itu melakukan 27 sentuhan dengan rincian 14 kali berada di kotak penalti lawan, 9 kali sukses mengoper bola dari 12 percobaan, dan 9 kali melakukan tembakan. Persentase akurasi tembakannya mencapai 29 persen dengan 2 di antaranya mengarah ke gawang dan 7 lainnya meleset. Ia gagal memaksimalkan peluang emas 3 kali, yaitu saat 2 tendangannya berhasil diantisipasi oleh kiper Chelsea, Djordje Petrovic, dan sundulannya yang terlalu tinggi. Meski begitu, Haaland tetap mendapatkan nilai 7,1 atas performanya dalam duel melawan Chelsea.

4. Kevin De Bruyne menciptakan banyak peluang lewat umpan dan pergerakannya

4 Eks Bintang Bundesliga di Laga Manchester City vs Chelsea 2023/2024Kevin De Bruyne (kiri ) berduel dengan Enzo Fernandez (kanan). (premierleague.com)

Kevin De Bruyne mengawali laga melawan Chelsea dari menit pertama. Mantan pemain VfL Wolfsburg itu tampil bersama Julian Alvarez, Phil Foden, dan Jeremy Doku di belakang Erling Haaland. Kehadiran De Bruyne mampu memberikan ancaman serius bagi barisan pertahanan Chelsea lewat umpan dan pergerakannya.

Dilansir Fotmob, De Bruyne total menyentuh bola 100 kali dengan rincian 7 kali berada di kotak penalti lawan, persentase dribel suksesnya 50 persen, dan persentase akurasi operannya mencapai 80 persen. Ditambah lagi, 7 umpannya berhasil menembus sepertiga lapangan lawan, persentase akurasi umpan lambungnya 75 persen, dan 8 di antaranya berhasil menciptakan peluang emas mencetak gol. Akan tetapi, usaha De Bruyne itu tidak mampu menghasilkan gol bagi The Citizens. De Bruyne sendiri mendapat nilai 7,7 atas performanya dalam pertandingan ini.

Keempat mantan bintang Bundesliga itu memegang peranan penting bagi kedua klub. Nkunku yang menjadi top skor Bundesliga 2022/2023 diharapkan mampu mengangkat posisi Chelsea di klasemen sementara EPL 2023/2024. Sementara itu, Akanji, Haaland, dan De Bruyne merupakan pemain penting bagi Manchester City dalam upaya mempertahankan gelar juara EPL dan Liga Champions Eropa.

Baca Juga: 3 Kemenangan Chelsea di Etihad Stadium dalam 10 Tahun Terakhir

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya