4 Eks Pemain EPL yang Bela Lazio vs Bayern Muenchen pada 2023/2024

Semuanya punya peran penting

Lazio secara tidak terduga berhasil menaklukan Bayern Muenchen 1-0 pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa (UCL) di Olimpico Roma, Kamis (15/2/2024). Gol tunggal Lazio dicetak Ciro Immobile melalui penalti.

Hasil ini membuat Lazio punya keunggulan satu gol. Mereka cukup bermain seri pada leg kedua di kandang Bayern Muenchen, Allianz Arena, pada 6 Maret 2024, untuk lolos ke babak berikutnya.

Sejumlah hal menarik tersaji selama pertandingan berlangsung. Salah satunya penampilan para mantan pemain English Premier League (EPL) yang membela Lazio. Kinerja empat eks pemain EPL ini turut berperan besar dalam kemenangan Lazio atas Bayern Muenchen.

1. Felipe Anderson cukup merepotkan barisan pertahanan Bayern Muenchen

4 Eks Pemain EPL yang Bela Lazio vs Bayern Muenchen pada 2023/2024Felipe Anderson (twitter.com/OfficialSSLazio)

Felipe Anderson membela Lazio dalam dua periode. Ia bergabung dengan Lazio pertama kali dari Santos pada musim panas 2013. Anderson kemudian pindah ke West Ham United pada musim panas 2018 dan kembali lagi ke Lazio pada Juli 2021. Ia sukses menampilkan performa terbaiknya selama membela Lazio di semua kompetisi. Anderson menjadi andalan manajer Lazio, Maurizio Sarri, dalam laga-laga besar termasuk saat menghadapi Bayern Muenchen pada babak 16 besar UCL leg pertama.

Dilansir Fotmob, Anderson memiliki sejumlah statistik menarik dalam pertandingan ini. Ia memiliki 64 sentuhan dengan bola dan 3 di antaranya berada di kotak penalti lawan. Anderson cukup merepotkan barisan pertahanan Bayern Muenchen dengan operan dan pergerakannya. Persentase akurasi operannya mencapai 82 persen dengan 3 operan berhasil menembus sepertiga lapangan lawan serta 3 kali mencatat dribel sukses. Berkat permainan memukau, Anderson mendapat nilai tujuh.

2. Matteo Guendouzi tampil solid di lini tengah Lazio

4 Eks Pemain EPL yang Bela Lazio vs Bayern Muenchen pada 2023/2024Matteo Guendouzi (twitter.com/MatteoGuendouzi)

Matteo Guendouzi pernah digadang-gadang akan menjadi gelandang masa depan Arsenal. Sayangnya, penampilan yang tidak konsisten serta sikap tempramental membuat kariernya di Arsenal berjalan tidak begitu mulus. Guendouzi dilepas kepada Olympique Marseille secara permanen pada musim panas 2022 dan bergabung dengan Lazio pada Agustus 2023.

Ia cukup diandalkan Maurizio Sarri. Ia mengisi posisi gelandang sentral dengan karakter box-to-box. Guendouzi terlibat dalam sejumlah pertandingan penting, termasuk saat mengalahkan Bayern Muenchen 1-0 pada babak 16 besar UCL leg pertama pada 14 Februari 2024.

Menurut Fotmob, Guendouzi mencatat 47 kali sentuhan dengan bola dan memiliki akurasi operan mencapai 84 persen serta 6 operan berhasil menembus sepertiga lapangan lawan. Ia unggul dalam duel fisik 7 kali dan persentase kemenangan duel bola bawahnya sebesar 86 persen. Guendouzi akhirnya mendapat nilai 7,4 atas performanya dalam laga ini. Selain itu, ia terpilih sebagai Player of the Match pada akhir pertandingan.

Baca Juga: Hasil Liga Champions: Kejutan Lazio Bekuk Bayern Muenchen

3. Luis Alberto mampu mengalirkan bola dengan baik selama 81 menit

4 Eks Pemain EPL yang Bela Lazio vs Bayern Muenchen pada 2023/2024Luis Alberto (uefa.com)

Luis Alberto membayar kegagalannya di Liverpool dengan tampil memukau selama membela Lazio sejak musim panas 2016. Ia sejauh ini telah mencatat total 291 penampilan dengan torehan 50 gol dan 72 assist di semua kompetisi bersama Lazio. Penampilannya yang memukau kembali ditunjukan saat menghadapi Bayern Muenchen pada babak 16 besar UCL leg pertama.

Dilansir Fotmob, Alberto menyentuh bola 63 kali dengan rincian persentase akurasi operannya mencapai 78 persen, umpan silang 67 persen, dan 4 kali menciptakan peluang emas. Ia juga mampu memenangkan duel fisik 4 kali dan 11 kali melakukan ball recoveries. Alberto mendapat nilai 7,8 atas performa apiknya dalam pertandingan ini.

4. Kehadiran Pedro Rodriguez memberikan ancaman bagi Bayern Muenchen

4 Eks Pemain EPL yang Bela Lazio vs Bayern Muenchen pada 2023/2024Pedro Rodriguez (twitter.com/_Pedro17_)

Pedro Rodriguez mengawali pertandingan menghadapi Bayern Muenchen sebagai pemain cadangan. Ia baru masuk menggantikan Gustav Isaksen pada babak kedua menit ke-74. Eks pemain Chelsea itu memang tidak menciptakan gol maupun assist, tetapi cukup memberikan ancaman kepada barisan pertahanan Bayern Muenchen.

Menurut Fotmob, Pedro melakukan 11 kali sentuhan dengan bola dan 2 di antaranya berada di kotak penalti lawan. Ia mampu mencatat kesuksesan dribel 67 persen dan akurasi operannya mencapai 60 persen. Pedro sempat melancarkan serangan berupa tembakan ke arah gawang, tetapi masih bisa diantisipasi kiper Bayern Muenchen, Manuel Neuer.

Keempat pemain di atas sering disebut-sebut sebagai pemain buangan yang sinarnya meredup di EPL. Namun, performa mereka membuktikan bahwa anggapan tersebut tidak benar. Mereka mampu tampil impresif, salah satunya turut berkontribusi dalam kemenangan 1-0 atas Bayern Muenchen. Akankah Lazio mampu mempertahankan keunggulan ini dan lolos ke perempat final UCL? Menarik untuk dinanti laga leg kedua.

Baca Juga: 3 Fakta Unik dari Kekalahan Bayern Muenchen Lawan Lazio

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya