EPL Mencapai Rekor 200 Hattrick dalam Sejarah, Begini Perjalanannya!

Berawal dari aksi heroik legenda MU

English Premier League bergulir pertama kali pada 1992/1993. Kasta sepak bola tertinggi di Inggris ini sebelumnya bernama First Division. Berbagai sejarah dan rekor luar biasa telah tercipta sepanjang 32 tahun perjalanan EPL. Mulai dari rekor juara, pemain terbaik, sampai torehan hattrick.

EPL telah menghasilkan 200 hattrick dalam sejarah pada pekan ke-31 2023/2024. Torehan 200 trigol itu berhasil diciptakan oleh pemain-pemain hebat yang pernah berkarier di EPL. Berikut perjalanan EPL menciptakan 200 hattrick dalam sejarah sejak 1992.

1. Eric Cantona menjadi pemain pertama yang menorehkan hattrick di Premier League

https://www.youtube.com/embed/WRPTPw0qpl8

Eric Cantona mengawali kiprahnya di EPL bersama Leeds United pada paruh pertama 1992/1993. Itu merupakan musim pertama liga Inggris bergulir dengan format EPL. Publik Inggris kemudian dihebohkan dengan aksi-aksi sensasional Cantona di atas lapangan.

Ia menciptakan assist pertamanya di EPL saat Leeds United menang 2-1 pada pekan pertama EPL 1992/1993. Cantona kemudian mencetak gol perdananya untuk Leeds United saat kalah 1-4 dari Middlesbrough pada pekan ketiga. Puncaknya, ia sukses menjadi pemain pertama yang menorehkan hattrick ketika membantai Tottenham Hotspur 5-0. Cantona juga memberikan satu assist kepada gol Lee Chapman dalam pertandingan tersebut.

2. Torehan hattrick Michael Owen menjadi yang ke-50 dalam sejarah EPL

EPL Mencapai Rekor 200 Hattrick dalam Sejarah, Begini Perjalanannya!Michael Owen (liverpoolfc.com)

Michael Owen pernah menjadi wonderkid yang cukup menarik perhatian dunia usai mencetak gol fantastis saat Timnas Inggris melawan Argentina di Piala Dunia 1998. Di level klub, ia langsung menorehkan gol dalam laga debutnya di EPL melawan Wimbledon pada 6 Mei 1997. Owen baru mencatat hattrick pertamanya ketika Liverpool bermain seri dengan skor 3-3 menghadapi Sheffield Wednesday pada EPL pekan 26 EPL 14 Februari 1998.

Torehan trigol tersebut menjadi yang ke-50 dalam sejarah EPL. Uniknya, Owen menorehkan hattrick ke-50 EPL saat masih berusia 18 tahun 62 hari. Ia mengukir rekor sebagai pemain termuda yang pernah menciptakan hattrick dalam sejarah EPL.

Baca Juga: 3 Pemain Inggris yang Cetak Hattrick Melawan Manchester United di EPL

3. John Carew mengukir hattrick ke-100 EPL

https://www.youtube.com/embed/bmkTVkM4GZE

John Carew mendarat di Inggris ketika bergabung dengan Aston Villa pada Januari 2007. Striker asal Norwegia itu sukses menjadi andalan di lini depan The Villans selama 4 tahun. Carew bahkan menjadi bagian dari sejarah EPL lewat torehan hattrick ke gawang Newcastle United pada 9 Februari 2008. Ia berhasil menjadi pemain yang membuat EPL mencapai rekor 100 hattrick dalam sejarah.

Carew bersama Aston Villa sukses keluar dari kesulitan dalam laga menghadapi Newcastle United pada pekan 26 EPL 2007/2008. Pasalnya, Michaek Owen membuka keunggulan terlebih dahulu untuk Newcastle United. Wilfred Bouma lalu menorehkan gol penyama kedudukan menjadi 1-1 pada babak kedua menit ke-48. Carew kemudian membawa Aston Villa menang 4-1 atas Newcastle United lewat torehan hattrick.

4. Cole Palmer berhasil menciptakan hattrick ke-200 EPL dengan cara heroik

EPL Mencapai Rekor 200 Hattrick dalam Sejarah, Begini Perjalanannya!Cole Palmer (premierleague.com)

Cole Palmer saat ini dalam performa terbaiknya bersama Chelsea sejak kedatangannya dari Manchester City pada musim panas 2023. Ia merupakan penyerang kidal yang biasa beroperasi di sayap kanan. Kecepatan serta ketenangannya dalam melakukan penyelesaian akhir membuatnya kini mengoleksi 16 gol dalam 25 pertandingan di EPL bersama Chelsea pada 2023/2024.

Palmer bahkan berhasil mencetak hattrick pertama dalam kariernya ketika mengalahkan Manchester United 4-3 pada pekan 31 EPL 2023/2024. Hebatnya lagi, sang pemain mencetak trigol pada detik-detik akhir pertandingan. Palmer sebelumnya menorehkan satu gol melalui penalti pada babak pertama menit ke-19.

Ia baru mencetak gol keduanya ketika menyamakan kedudukan menjadi 3-3 pada injury time babak kedua menit 90+10. Palmer hanya membutuhkan waktu semenit saja untuk melengkapi torehan hattrick setelah sepakannya memantul ke gawang usai mengenai Diogo Dalot. Torehan tersebut membawa EPL menciptakan sejarah dengan mencetak 200 hattrick

Itulah perjalanan EPL sampai bisa mencatat 200 hattrick dalam sejarah. Keempat pemain ini layak mendapat status legenda. Para pencetak trigol itu memiliki karakteristik yang berbeda.

Cantona yang menjadi gelandang serang mampu memberikan perubahan baik di Leeds United, maupun Manchester United. Karier Owen bisa saja tetap mentereng di EPL andai bertahan di Liverpool. Sementara itu, Carew pernah membawa Aston Villa secara konsisten bersaing di papan menengah ke atas. Palmer kini menjadi pemain penting bagi Chelsea terutama di lini depan.

Baca Juga: Jelang Man United vs Liverpool pada Pekan 32 Premier League 2023/2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya